6 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Candi Borobodur

Jika Kamboja memiliki Angkor Wat maka Indonesia ada Candi borobudur. Indonesia juga patut berbangga, karena Candi Borobodur yang kita kenal, merupakan salah satu keajaiban di Dunia. Setiap tahun wisatawan lokal maupun asing berdatangan, Candi Borobudur memang tidak pernah sepi pengunjung.

Buat Anda yang belum tahu lokasi Candi Borobudur ada dimana tempatnya, Candi ini terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ingat ya lokasinya di Magelang, sebab masih ada sebagian orang yang menganggap kalau Candi Borobudur itu terletak di Yogyakarta atau Jogja loh.

VW Tour Candi Borobudur

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Candi Borobudur memiliki 6 teras yang berbentuk bujur sangkar dengan 3 pelataran yang melingkar. Sementara itu nama Borobudur sendiri diambil dari bahasa Sanskerta “Bara dan Beduhur”. Bara mempunyai arti vihara sementara beduhur artinya adalah tinggi, jadi Borobudur mempunyai arti kompleks vihara yang dibangun diatas ketinggian.

Anda yang ingin berencana melakukan Tour Borobudur, siapkan sejumlah uang untuk masuk ke area Candi Borobudur,

Berikut Daftar Harga Tiket Masuk Candi Borobudur
Pelajar atau Anak Kecil (Indonesia) = Rp. 12.000,-
Orang Dewasa (Indonesia) = Rp. 40.000,-
Pelajar atau Anak Kecil (Luar Negeri) = USD 10$
Orang Dewasa (Luar Negeri) = USD 20$
sumber cektiket.id

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, berikut 6 aktivitas yang bisa Anda jadikan referensi saat Anda sedang berada di Candi Borobudur.

1. Menikmati Sunset Borobudur

Ketikka Anda sudah memasuki kawasan Candi, coba naiklah ke Candi Borobudur sampai puncaknya, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang luar biasa. Jika Anda berkunjung di sore hari, Anda bisa menikmati Sunset yang sangat cantik dari ketinggian Candi Borobudur.

2. Mengunjungi Museum Samudra Raksa

Museum Samudra Raksa terletak hanya ratusan meter disebelah utara Candi Borobudur. Didalam museum ini Anda bisa melihat replika kapal besar yang dahulu pernah digunakan nenek moyang kita menuju Madagaskar di benua Afrika. Yang menarik adalah kapal tersebut terpahat pada salah satu relief yang ada di Candi Borobudur.

Selain replika kapal besar, di museum ini Anda juga bisa melihat peninggalan barang antik yang digunakan untuk perlengkapan di dalam kapal.

3. Mengunjungi Museum Karmawighangga

Museum ini letaknya masih berada di kawasan Candi Borobudur. Di dalam museum ini Anda dapat melihat koleksi benda arkeologi yang berasal dari sekitar Borobudur dan tempat purbakala lain di Jawa Tengah.

Salah satu yang menarik perhatian wisatawan adalah relief Karmawibhangga yang merupakan salah satu relief tergambar pada kaki Candi Borobudur yang tersembunyi. Selain itu di meseum Karmawighangga ini terdapat beberapa blok batu dari Candi Borobudur yang terlepas. Foto dokumentasi pemugaran besar-besar yang dilakukan pada tahun 1975-1982 dengan bantuan UNESCO juga terpampang rapi.

4. Keliling Candi Borobudur Dengan Naik Gajah

Bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak. Di Candi Borobudur Anda bisa mengajak anak-anak berkeliling Candi Borobudur dengan menaiki Gajah. Anda tidak perlu khawatir karena ada petugas yang siap menemani, dengan begitu Anda menikmati suasana Candi Borobudur dengan cara yang berbeda.

5. Keliling Desa Borobudur

Candi Borobudur dikelilingi oleh desa-desa yang masih cukup asri dengan persawahan yang cukup luas. Selain membeli buah tangan di sekitar kompleks Borobudur, para Wisatawan juga bisa berbaur dalam kegiatan warga sekitar, seperti membatik hingga bercocok tanam. Tidak jauh dari lokasi Candi Borobudur, Anda bisa mengunjungi candi lainnya seperti Candi Mendut dan Candi Pawon yang juga masih ada kaitannya dengan keberadaan Candi Borobudur.

6. Keliling Desa Sekitar Dengan Mobil VW Tour Borobudur

Menelusuri setiap desa di borobudur dengan VW (Volkswagen Clasic 182) dengan kapasitas 4 penumpang 5 termasuk sopir, Liburan keliling Borobudur lebih mengesankan di dukung guide lokal yang sangat ahli di bidangnya.

Ada banyak pilihan yang dapat di rencanakan untuk pilihan wisata candi borobudur dengan keliling naik VW Clasic, 3 paket di antarnya :

Short Rp. 350.000,- / Mobil

  • Durasi 2 sampai 3 jam
  • Tour jelajah desa sekitar candi Borobudur
  • Kunjungan 2 objek wisata sekitar candi borobudur

Medium Rp. 450.000,-/Mobil

  • Durasi 4 sampai 5 jam
  • Tour jelajah desa sekitar candi Borobudur
  • Kunjungan 3 objek wisata sekitar candi borobudur

Long Trip Rp. 600.000,-/Mobil

  • Durasi 5 sampai 6 jam
  • Tour jelajah desa sekitar candi Borobudur
  • Kunjungan 4 objek wisata sekitar candi borobudur

Nah itulah 6 aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Borobudur. Siap berlibur ke Candi Borobudur? Pilihan paket Tour Candi Borobudur kini tersedia juga di Niagatour.com.

Info Menarik Lainnya Untuk di Baca

Indahnya Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Pantai Kayu Arum - Pernah mendengar Pantai Kayu Arum? Jika belum, maka Anda harus mengenalnya dengan berkunjung ke pantai tersebut. Ini dikarenakan pa...
Potret Cantik Air Terjun Luweng Sampang Air Terjun Luweng Sampang - Menjelajahi wisata alam di Jogja terutama di daerah Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat-tempat baru y...
Menikmati Indahnya Pantai Jungwok Jogja Pantai Jungwok - Objek wisata pantai merupakan salah satu tempat yang populer dan paling sering dikunjungi wisatawan. Jadi dibandingkat tempat wisata ...
Sensasi Trekking dan Camping di Pantai Wohkudu Pantai Wohkudu - Pantai Wohkudu merupakan salah satu pantai di daerah Yogyakarta yang belum banyak dikenal oleh orang-orang karena letaknya begitu ter...