Air Terjun Kedung Kandang yang Mempesona

Air Terjun Kedung KandangLokasi Air Terjun Kedung Kandang adalah di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Para traveler bisa menemukan tempat wisata alam yang satu ini melalui Google Maps. Jika ingin mengunjungi objek wisata alam yang masih asri dan sejuk, di sinilah tempat yang paling sesuai.

Air Terjun Kedung Kandang – Photo by @theguhwe

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Air Terjun Kedung Kandang

Penampilan fisik dari fenomena alam yang satu ini memang begitu indah. Air terjun berlapis – lapis membentuk paparan serupa Niagara Falls. Bahkan, lapisan air terjun yang bisa ditemukan mencapai 6 tingkat. Jika dijadikan latar belakang foto maka keindahannya akan sangat dapat mengupgrade kualitas gambar menjadi lebih instagramable.

Berbeda dengan beberapa air terjun lain yang terletak di tengah hutan, lokasi Air Terjun Kedung Kandang lebih dekat dengan area persawahan nan subur. Jadi, air dari sumber ini digunakan untuk kehidupan masyarakat terutama bidang pengairan sawah.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Fasilitas yang disediakan masih terbatas di tempat ini, tetapi karena keindahannya dan berlokasi dekat pemukiman jadi beberapa warga sudah mulai semakin aktif merawat dan menjadikan Air Terjun Kedung Kandang menjadi sebuah objek wisata alam berkualitas. Untuk rute menuju Air Terjun Kedung Kandang sendiri, para traveler bisa melewati Jalan Wonosari. Setelah itu, naiklah menuju SMP Negeri 2 Pathuk.

Air Terjun Kedung Kandang – Photo by @oddzhaheho

Jika sudah sampai di SMP Negeri 2 Pathuk, maka belok kirilah di perempatan pertama. Apabila terlihat ada lapangan voli maka kendaraan roda 2 bisa diparkir di sana. Jangan khawatir dengan sistem keamanannya karena warga sekitar sudah berusaha meningkatkan keamanan melalui petugas parkir yang stand by.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Untuk menuju ke pusat air terjun, para pengunjung harus berjalan sejauh 900 meter dari parkiran di lapangan voli tadi. Keunikan dan tantangan yang diberikan objek wisaeta alami ini adalah dari kondisi fisik jalan yang masih berupa tanah sehingga sebaiknya para traveler memakai boots atau sandal jepit sekalian. Daripada nanti sepatu menjadi kotor, lebih baik untuk menggunakan alas kaki berbahan plastik atau karet.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Karena dekat dengan gunung yang masih aktif bererupsi, maka banyak batuan beku bekas aktifitas vulkanisme di Air Terjun Kedung Kandang ini. Meskipun keindahannya begitu tidak ternilai, tetapi harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kandang belum ditentukan oleh Dinas Pariwisata setempat. Jadi, para traveler bisa memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan objek wisata alam tersebut sekaligus masuk secara gratis.

Ada keunikan lain yang bisa ditemukan pada objek wisata yang satu ini. Misalnya saja sumber air yang surut saat musim panas tiba. Sebenarnya, ada beberapa air terjun lain yang surut pada musim kemarau di beberapa tempat area Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kebetulan salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kandang. Mungkin surutnya air tersebut memang dipengaruhi oleh kondisi geologis dan cuaca.

Air terjun Kedung Kandang – Photo by @anggameiggie

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Air Terjun Kedung Kandang

Karena objek wisata ini masih baru, maka tidak heran jika belum banyak orang yang mengetahui Air Terjun Kedung Kandang. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu objek wisata ini bisa jadi sangat prospektif untuk dimanfaatkan warga sekitar terutama yang ingin mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Karena kejernihan air di atas 6 lapisan yang amat indah, maka tidak heran jika suatu saat tempat wisata ini akan menjadi sangat populer.

Jika kuat dengan perjalanannya, maka para traveler bisa mengajak anak – anak. Tetapi pastikan untuk mengecek dulu ketahanan fisik untuk menghadapi perjalanan menuju ke atas Air Terjun Kedung Kandang. Jika aliran sungainya sedang dangkal, silakan berenang atau bermain air sepuas hati selama tetap berhati – hati.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.