Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Unik Memiliki Berbagai Warna

Air Terjun Kembang Soka Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju Air Terjun Kembang Soka. Air Terjun Kembang Soka masih berada dalam kawasan Yogyakarta dengan lokasi yang cukup tersembunyi. Meskipun begitu tetap ada pengunjung yang berwisata ke sini, jika tertarik juga untuk berkunjung, silakan coba pesan paket wisata Jogja 1 hari.

Wisata Air Terjun Kembang Soka

Menikmati Warna-Warni Air Terjun

Daya tarik Air Terjun Kembang Soka  terletak pada keindahan  air terjun dengan berbagai warna yang berasal dari mata air. Uniknya, terdapat dua warna yang dihasilkan yaitu warna putih dan warna hijau toska, termasuk ke bebatuan yang ada di lokasi air terjun ikut berwarna-warni.

Batu yang letaknya di bagian tebing berwarna merah sedangkan batu berwarna kuning  yang berada di  sungai bagian dasar. Inilah yang membuat objek wisata air ini tetap diminati banyak pengunjung meskipun spot ini masih tersembunyi.

Asal Nama Kembang Soka

Air terjun ini   berasal dari mata air dari gunung yang lumayan tinggi, di sekitar  mata air terjun ini tumbuh banyak pohon soka, sehingga disebutlah Air Terjun Kembang Soka. Ini juga menjadi air terjun yang paling tinggi diantara beberapa air terjun di sekitar lokasi tersebut, sehingga airnya pun mengalir dengan deras. Namun saat ini pohon soka sudah mati, tetapi kedua sumber mata air masih dijaga dengan baik.

Pengunjung betah berlama di kawasan wisata ini sambil melakukan berbagai kegiatan mulai dari berenang,  berendam hingga berfoto. Batuan yang berwarna warni menjadi spot menarik yang tak boleh dilewatkan.

3 Sumber Mata Air

Terdapat 3 sumber mata air yang di kawasan objek wisata ini yaitu mata Air Terjun Kembang Soka, mata air Kalimiri dan mata air Tuk Jaran. Ketiga mata air ini menghasilkan air terjun yang selanjutnya bertemu di menjadi air terjun utama.

Ketiga air terjun ini dengan ketinggian kurang lebih 5 meter, kemudian 15 meter hingga yang terakhir 30 meter. Sedangkan air terjun utama yang merupakan hasil pertemuan ketiga air terjun tersebut memiliki ketinggian hingga 40 meter.

Spot air terjun ini memiliki tingkat, pengunjung bisa menelusuri semua tingkat hingga berada di tingkat paling atas  yang dihiasi oleh 2 mata air, yaitu mata air Jaran dan mata air satu lagi pengunjung harus berjalan ke atas sedikit lagi di jalan setapak hingga bertemu mata Air Kembang Soka.

Jembatan Bambu dan Kolam yang Besar

Jembatan bambu yang terdapat di Air Terjun Kembang Soka berguna untuk menghubungkan  berbagai bagian di lokasi air terjun. Perjalanan yang indah dengan suguhan  pemandangan alam yang masih alami sangat bagus untuk menenangkan pikiran.

Kolam besar menanti pengunjung di lokasi air terjun, disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi mandi. Jika ingin mandi di kolam air jernih maka silakan kunjungi air terjun ini saat musim kemarau, sebab ketika musim hujan tiba, air kolam akan sedikit keruh. Banyak pengunjung yang datang menikmati suasana nyaman di lokasi ini mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Suara Air Terjun Menjadi Penenang Tersendiri

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan suara air terjun yang khas dan terdengar indah di telinga. Karena kawasan ini masih sangat alami sehingga udara yang dihasilkan pun masih segar. Menjadi lokasi yang tepat bagi yang ingin istirahat sebentar dari berbagai aktivitas padat setiap harinya.

Lokasi yang tersembunyi menjadi pilihan yang  bagus bagi pengunjung yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Relaksasi bisa dinikmati dengan nyaman sambil menikmati percikan dan suara air terjun. Tak lupa berbagai gaya pose diabadian dengan kamera yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Namun ingat, Air Terjun Kembang Soka dominan bawah dan licin sehingga harus berhati-hati ketika melangkah.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka, coba perhatikan beberapa tips berikut yang akan memudahkan liburan.

  • Sebaiknya kunjungan menggunakan kendaraan milik pribadi dan sebaiknya menggunakan motor.
  • Taati peraturan yang ditetapkan di kawasan ini untuk pengunjung, saling bekerja sama dengan pihak pengelola dalam menjaga kebersihan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jika bingung menentukan hari yang tepat untuk berkunjung ke air terjun ini, sebaiknya kunjungan dilakukan  mulai Senin hingga hari Jumat, di pagi hari.
  • Bawa baju ganti jangan lupa terutama untuk kaum  perempuan, lengkapi kenyamanan liburan dengan menggunakan pakaian yang nyaman, begitu juga dengan alas kaki.
  • Seperti sudah disebutkan di atas, sebaiknya datang ketika musim kemarau.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Lokasi Air Terjun Kembang Soka bisa ditemukan di dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55674.

Jam Operasional Air Terjun Kembang Soka

Sama dengan objek wisata yang lainnya, jam buka Air Terjun Kembang Soka dibuka setiap hari  tetapi mulai jam 07.00 hingga jam 17.00.

Rute Air Terjun Kembang Soka

Rute Air Terjun Kembang Soka yaitu sebagai berikut.

  • Pengunjung mulai berjalan dari stasiun Lempuyang melewati jalan Godean hingga ke jalan Nanggulan. Setelah itu, lanjutkan jalan menuju Giri Mulyo teruskan hingga di kawasan objek wisata air terjun.
  • Rute yang kedua, pengunjung yang mengambil jalan dari pusat kota Jogja, kemudian melalui jalan Nanggulan  hingga tiba di Giri Mulyo.
  • Rute ketiga, bagi pengunjung yang ingin mengambil jalan awal dari Bandara Adi Sucipto, teruskan perjalanan  hingga tiba di jalan Godean. Tidak berhenti di sini, sebab masih harus jalan hingga tiba di Giri Mulyo.

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka diantaranya ada gazebo, mushola,  warung makan, kamar mandi dan lokasi parkir. Juga ada jembatan bambu agar pengunjung bisa datang langsung ke lokasi air terjun tersebut. Selanjutnya ada kolam renang di dekat air terjun dengan air jernih. Sangat bagus dicoba untuk pengunjung yang hobi berenang. Selain itu, jika pengunjung datang dari jauh dan butuh penginapan, tak perlu khawatir sebab saat ini di sekitar kawasan air terjun sudah disediakan homestay. Harga menginap di sini pun lumayan terjangkau.

Warung makan di sini bisa dimanfaatkan ketika pengunjung merasa lapar, dengan tata letak makanan yang rapi. Juga disediakan tempat sampah dengan besar harapan agar pengunjung membuah sampah pada tempatnya, tidak membuang sembarangan.

Kawasan air terjun selalu dibersihkan secara teratur oleh pihak penglola objek wisata air terjun ini, sehingga pengunjung merasa nyaman dengan kondisi dan suasana yang terdapat di sini.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Air Terjun Kembang Soka

Harga tiket masuk Air Terjun Kembang Soka yaitu sebesar Rp 5 ribu per orang. Sedangkan untuk biaya parkir yang membawa kendaraan bermotor seharga Rp 3 ribu. Jika membawa mobil, maka biaya parkir sedikit lebih tinggi.

Nah, setelah mengetahui bagaimana kondisi Air Terjun Kembang Soka, sudah siap untuk berlibur ke sini? Pengunjung dari luar kota bisa memanfaatkan paket wisata Jogja 1 hari jika ingin liburan paket hemat.

Sudah Wisata di Air Terjun Kembang Soka ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *