Potret Cantik Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang – Menjelajahi wisata alam di Jogja terutama di daerah Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat-tempat baru yang begitu wajib untuk dikunjungi. Air terjun luweng sampan, merupakan salah satu surge keajaiban alam yang terdapat di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Wilayah Gunungkidul memang terdapat bebatuan cadas yang menghiasi setiap pantainya.

Air Terjun Luweng Sampang – Photo by @maslik_ash_shidiqi

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Air Terjun Luweng Sampang

Namun ternyata air terjun luweng sampan juga dikelilingi oleh bebatuan cadas berwarna putih tersebut. Jika dilihat dari agak kejauhan, warna putih bebatuan terlihat sangat kontras dengan birunya air laut. Bebatuannya sempat terkena erosi air dan terkikis alami hingga membentuk garis-garis yang unik. Hal ini yang menjadi salah satu daya tarik dari wisata alam Air Terjun Luweng Sampang. Sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung.

Hirupnya udara sejuk serta suara dari gemercik air dari air terjun ini dapat menjadi penghilang rasa letih yang melanda setelah mengalami perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan menuju tempat wisata ini. Suasana alam yang asri nan sejuk sangat tidak baik untuk dilewatkan. Apalagi bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Pasti anda akan merasa lebih tertantang apabila mengunjungi tempat ini.

Air Terjun Luweng Sampang – Photo by @vickyvarro

Maka dari itu, keindahan dari alam ini patut untuk dijaga kelestariannya sebaik mungkin. Jangan sampai keindahan alam dirusak dengan membuang sampah di daerah tersebut. Seringkali banyak wisatawan yang tidak menjaga kelestarian alam dengan membuang sisa-sisa makanan ke daerah ini. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya keindahan alam dari air terjun ini.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang ini lebih tepatnya berada di Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, Luweng berarti Lubang, sedangkan sampang adalah nama desa tersebut. Demikianlah alasan mengapa air terjun ini dinamakan Luweng Sampang. Apabila anda tertarik mengunjungi air terjun ini, jangan lupa membawa perbekalan makanan yang cukup.

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Untuk bisa sampai ke wisata alam ini, anda bisa menempuh perjalanan sejauh 30 km melewati rute menuju Air Terjun Luweng Sampang dari kota Jogja atau sekitar 1 jam perjalanan. Terdapat 2 rute yang bisa dipilih untuk ditempuh agar bisa sampai ke Air Terjun Luweng Sampang. Yang pertama, anda bisa melalui Ringroad ketandan hingga menembus ke jalan wonosari. Dari wonosari, anda jalan menuju piyungan hingga sampai ke Bukit Bintang.

Air Terjun Luweng Sampang – Photo by @tri_ravarion26

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Air Terjun Luweng Sampang

Setelah itu ambil jalan menuju patuk hingga ke ngoro-ngoro ombo, kemudian ambil jalan ke patuk ii hingga ke pertigaan padukuhan, hingga sampai ke pertigaan SD Negeri Belang, lurus saja sampai Balai Desa Tambah. Ikuti petunjuk jalan hingga sampai di lokasi.

Untuk rute kedua cukup mudah untuk dilalui. Anda bisa mengambil jalur menuju Prambanan lalu ke arah Desa Gantiwarno Klaten. Sampai di SDN Jogoprayan Gantiwarno Klaten, anda tinggal menuju Desa Sampang, ikuti jalan, dan anada akan sampai di lokasi tujuan. Harga tiket masuk Air Terjun Luweng Sampang tidak merogoh dalam-dalam saku anda alias murah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.