Indahnya Potret Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki tropis dan cukup jauh dari perkotaan. Karena jaraknya yang jauh dari perkotaan inilah suasana-suasana alam benar-benar terlihat secara alami disini. Khususnya di Desa Bleberan, suasana alam yang asri juga sejuk, terdapat sebuah air terjun yang gemercik airnya dapat memikat orang-orang yang melewatinya, Air terjun Sri Gethuk namanya.

Air TErjun Sri Gethuk – Photo by @shnzni

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk ini merupakan salah satu potensi wisata di jogja kategori wisata alam dengan air terjun dan tebing yang tinggi. Pancuran air di sini sangat melimpah sekali karena ada tiga sumber mata air dari kedalaman tanah yang begitu dalam yaitu ngandong, dong poh, dan juga ngumbul. Ketiga aliran air ini mengalir ke dalam aliran air sungai Oya.

Dari dulu hingga sekarang, sungai Oya ini tidak pernah kehabisan air sehingga tidak menyebabkan kekeringan dan surutnya air. Karena keunggulannya inilah, banyak pengunjung dan juga wisatawan yang dapat melihat liuknya air sungai Oya dari beberapa wisata alam lainnya yang berada di ketinggian bukit dan puncak gunung.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk lebih tepatnya berada di alamat Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda berlibur ke daerah Gunung Kidul di Yogyakarta, sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi air terjun ini karena anda tidak akan melewatkan pengalaman mengunjungi alam yang menarik jika sudah pernah merasakan jernihnya air terjun ini.

Air Terjun Sri Gethuk – Photo by @reka.satria10

Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Untuk rute menuju Air Terjun Sri Gethuk ini mudah sekali diakses apabila menggunakan kendaraan pribadi. Disarankan untuk menggunakan motor karena bisa melewati jalan-jalan kecil hingga tiba di tempat tujuan. Pertama-tama dari Yogyakarta, pergilah menuju jalan Wonosari, kemudian lanjutkan hingga menuju Pathuk Gunung Kidul.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sesampainya di sana, berjalan saja lurus hingga menemukan sebuah pertigaan gading lalu anda belok ke kanan sampai menuju Playen. Dari playen inilah anda harus melanjutkan perjalanan anda hingga menuju kecamatan palihan. Setelah itu, luruslah hingga menemui pertigaan dan belok kanan. Anda akan menemukan petunjuk untuk menuju ke wisata alam air terjun sri gethuk.

Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk yang ada saja agar bisa sampai di lokasi. Kira-kira sekitar 7 km lagi anda akan sampai ke air terjun sri gethuk. Jika anda masih bingung, anda bisa bertanya kepada orang-orang sekitar mengenai jalan, atau anda bisa gunakan smartphone anda untuk mengaktifkan GPS dan membaca peta.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk, anda akan dikenakan biaya seharga 7000 rupiah saja per orang. Lokasi wisata ini benar-benar menawarkan keindahan pepohonan yang hijau disertai suara-suara dari gemericik air yang deras. Di sini anda juga bisa memasuki goa rancang kencono yang juga menjadi objek wisata di sini.

Air Terjun Sri Gethuk – Photo by @ardhyaputra

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Air Terjun Sri Gethuk

Selain itu, anda juga bisa menyewa kapal untuk menyusuri kawasan alam yang luas ini. Cukup membayar seharga 10.000 rupiah saja per orangnya maka anda sudah bisa menaiki kapal untuk menjelajahi keindahan alam di sini. Jangan lupa juga untuk berfoto-foto, karena akan sangat disayangkan sekali apabila kunjungan terindah anda tidak diabadikan lewat foto.

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata air terjun sri gethuk, anda bisa mengunjungi pada hari Senin sampai Minggu dengan jam operasionalnya pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jika anda ingin menikmati udara yang sejuk, datanglah pada pagi hari sekitar jam 9 atau jam 10 karena udara belum terlalu panas sehingga anda masih bisa menghirup udara segar dan sejuk.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.