Bakmi Jowo Mbah Gito, Menyantap Kelezatan Bakmi dengan Suasana Jawa Tradisional

Bakmi Jowo Mbah Gito  Jogja – Harga Menu Makanan, Jam Buka, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju bakmi Jawa Mbah Gito. Bakmi Jowo Mbah Gito ialah warung bakmi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi terutama untuk pencinta bakmi. Harga menu di sini pun terjangkau dengan konsep desain warung yang unik. Bagi wisatawan dari luar kota bisa pesan paket wisata Jogja jika ingin berkunjung ke warung bakmi ini.

Wisata Kuliner Bakmi Jowo Mbah Gito

Daya Tarik Bakmi Jowo Mbah Gito

Daya tarik yang bisa didapatkan dari Bakmi Jowo Mbah Gito ini ialah desain bangunan dan ruangan dengan konsep yang unik. Pemilik warung ini bahkan menyesuaikan dengan selera pasar sehingga lebih relevan. Hal ini membuat banyak pengunjung datang untuk mencicipi menu yang ditawarkan di warung ini.

Alasan nama warung ini diberi nama Mbah Gito sebab pemilik warung ini milik keluarga Mbah Gito.  Seluruh sudut ruangan di warung ini dihiasi oleh ornament kayu, dimana sebenarnya kayu-kayu yang digunakan ialah bekas dari kandang sapi.

Tetapi kini sudah ditambahkan dengan patung-patung, ukiran kayu dengan sentuhan modern sehingga ruangan menjadi lebih indah bahkan tak ada yang bisa memprediksi ornament yang digunakan berasal dari kandang sapi. Ornamen kayu yang digunakan membuat sensasi ruangan tak lepas dari suasana tradisional Jawa, apalagi warung ini juga dimanfaatkan untuk pertunjukan wayang.

Area bersih, nyaman dengan suasana hangat sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Uniknya lagi, para karyawan ataupun pelayan yang bekerja di warung ini memiliki pakaian seragam atau pakaian khusus yang diwajibkan oleh pemilik warung.  Pakaian yang dikenakan ialah pakaian dengan kain lurik sebagai pakaian tradisional Jawa.

Daya tarik warung ini bukan pada mewah atau sederhana namun pada keunikan yang dimiliki warung ini. Warung bakmi dibuat dua lantai dan hampir sepenuhnya bangunan ruangan terbuat dari material kayu. Meskipun dulu pada tahun 20208 warung sempat tutup namun kini sudah ramai sekali orang yang berkunjung ke area kuliner ini.

Mungkin jika diperhatikan, bangunan ini memang seperti gubuk  tetapi daya tarik tak menyurutkan langkah pengunjung untuk datang menikmati sajian menu di warung ini. Bagian dalam ruangan ini sangat luas  dihiasi lampu gantung yang tak kalah uniknya. Jika menilai bangunannya memang sangat sederhana, namun mbah Gito berhasil mendesain lokasi kuliner ini hingga tampak unik di mata pengunjung.

Keunikan dari segala sudut ini membuat pengunjung memiliki banyak spot foto untuk mengabadikan diri. Sebab di sini juga ada patung yang sengaja diukir bahkan ada yang menyerupai wajah presiden.

Bakmi Jawa Tradisional

Perlu diketahui bahwa Bakmi Jowo Mbah Gito ini terdiri atas mie kuning dengan ukuran yang tebal, kemudian disajikan dengan kubis yang sudah dicacah. Kemudian direbus dengan kuah lengkap suwiran daging ayam kampung. Bakmi ini dimasak dengan alat tradisional bernama anglo yaitu berupa tungku dibuat dari material tanah liat.

Proses memasaknya berbeda dengan memasak mie pada umumnya, sebab bakmi jowo ini dimasak satu per satu setiap pesanan menunya, tidak dicampur dalam jumlah yang banyak sekaligus dalam satu kuali. Jadi bukan seperti memasak mie goreng dalam porsi besar kemudian dibagi-bagi.

Wangi mie yang sudah siap disantap cukup menggugah selera, dengan rasa bawang putih yang kuat. Setelah matang, mie ini memiliki tekstur yang sangat kental sangat enak dinikmati dalam keadaan hangat di malam hari, begitu juga ketika musim hujan tiba. Tersedia cabai rawit yang sudah dipotong di atas meja, untuk pengunjung yang suka rasa lebih pedas.

Harga Menu Makanan dan Minuman

Sesuai dengan nama lokasinya, harga menu bakmi Jowo Mbah Gito mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu, juga tersedia bakmi goreng yang harganya Rp 22 ribu. Menu lain yang ditawarkan ialah capcay seharga Rp 27 ribu, nasi goreng seharga Rp 18 ribu, Magelangan seharga Rp 20 ribu, Rica paha Rp 40 ribu, nasi ayam kampung Rp 35 ribu, menu paha Rp 15 ribu dan rempelo ati serta sayap seharga Rp 10 ribu. Nasi magelang ialah sajian nasi yang dicampur dengan  mie goreng, disajikan dalam porsi besar lengkap dengan suwiran ayamnya juga.

Sedangkan untuk minuman ditawarkan mulai dari Rp 7 ribu sampai Rp 12 ribu. Mulai dari the poci seharga Rp 7 ribu, es teh dan teh panas Rp 4 ribu, Jeruk panas dan es jeruk Rp 6 ribu, susu jahe Rp 9 ribu, Es saparel Rp 12 ribu, Es sprait Rp 8 ribu hingga es soda gembira Rp 12 ribu.

Harga menu yang sangat terjangkau ini juga menjadi daya tarik sendiri. Terutama di hari libur ataupun akhir pekan, pengunjung bahkan harus rela antri jika ingin menikmati sajian lezat warung ini.

Lokasi dan Jam Buka Bakmi Jowo Mbah Gito

Pengunjung yang ingin ke  lokasi bakmi Jowo Mbah Gito bisa menemukan tempat ini di Jalan Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewsa Yogyakarta dengan kode pos 55171. Jam operasionalnya setiap hari mulai jam 11.00 pagi hingga jam 23.00 WIB.

Rute ke Lokasi Bakmi Jowo Mbah Gito

Sebenarnya kini dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi sangat mudah jika ingin berkunjung ke suatu tempat yang tidak tahu lokasinya. Nah, jika ingin mencoba rute bakmi Jowo Mbah Gito, mulai dari jalan Malioboro kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke jalan Panembahan Senopati. Perjalanan belum berhenti sampai di sini namun ikuti jalan Brigjen Katamso, kemudian ke Jalan Menteri Supeno menuju jalan  Veteran hingga tiba di lokasi bakmi yang dituju.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-kuliner-jogja” ]

Fasilitas Memadai Bakmi Jowo Mbah Gito

Fasilitas bakmi Jowo Mbah Gito  cukup unik sebenarnya, apalagi bangunan ini terus dikembangkan dan disesuaikan dengan selera pasar. Tersedia fasilitas area makan dengan tempat duduk bahkan tersedia juga area untuk pengunjung yang ingin duduk lesehan. Selain itu, juga ada toilet, area untuk parkir kendaraan. Terkadang di lokasi ini juga diadakan pertunjukan seni wayang tradisional. Menariknya, area makan bakmi ini juga menyediakan jaringan gratis wifi lengkap dengan colokan listrik dan mushalla.

Biaya Parkir Bakmi Jowo Mbah Gito

Biaya Parkir Bakmi Jowo Mbah Gito sangat terjangkau. Tempat ini bisa dikunjungi oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Karena ini area wisata kuliner, tidak diwajibkan membayar tiket tetapi bisa dimasuki secara gratis. Namun untuk parkir, dikenakan tariff sebesar Rp 2 ribu untuk parkir motor dan Rp 4 ribu untuk kendaraan roda 4.

Sajian menu di warung ini bisa dinikmati oleh pengunjung yang suka pedas dan yang tidak suka pedas. Jika suka pedas, silakan tambah potongan cabai yang sudah disediakan di atas meja. Jika ada kesempatan datang ke Jogja menggunakan paket wisata Jogja jangan lupa singgah di Bakmi Jowo Mbah Gito ini. Sangat seru jika dikunjungi bersama rombongan, baik itu bersama rekan kerja, teman ataupun bersama keluarga.

Sudah Kulineran di Bakmi Jowo Mbah Gito ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *