Wisata Alam Unik Pantai Technopark di Gunung Kidul

Baron Technopark – Selama ini tentu kita mengetahui bahwa Gunungkidul terkenal akan deretan pantai idahnya dengan keunikan tersendiri yang terdapat di masing-masing pantai. Kini, ada satu tempat yang cukup unik di daerah Gunungkidul yaitu Pantai Technopark Gunungkidul atau yang sering disebut sebagai Baron Technopark. Lokasi Baron Technopark secara lengakap berada pada alamat Desa Planjan, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Baron Technopark – Photo by @desiekaard

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Baron Technopark

Tempat wisata ini merupakan salah satu media edukasi bagi para pelajar atau mahasiswa atau juga orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam tentang ilmu pengetahuan yang baru. Nama Baron Technopark mungkin tidak banyak didengar oleh telinga masyarakat. Kawasan wisata ini sendiri merupakan pantai yang memiliki tebing tinggi dan berbatasan langsung dengan lautan dalam. Dari pantai Oarangrucuk dan pantai Baron, lokasi pantai ini bisa ditempuh sejauh 3 km.

Baron Technopark – Photo by @eelhadala

Baron Technopark juga merupakan kawasan dari BPDP atau Balai Pengkajian Dinamika Pantai. Balai tersebut dibangun sebagai tempat penelitian dan merupakan pengembangan dari sumber energi alternative. Yaitu Kincir Angin yang merupakan sumber energi alternative tersebut. Adanya balai yang berada di kawasan Baron Technopark telah menjadi keunikan tersendiri bagi pantai tersebut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kawasan yang berhadapan langsung dengan lautanini juga menjadi hal yang sangat menarik di mata para wisatawan karena mereka bisa menikmati pemandangan laut yang lepas. Hembusan udara yang terhempas secara bebas juga menjadi kesegaran tersendiri bagi para penikmat aroma laut. Lalu, yang menarik lagi dari area wisata ini adalah adanya spot jam matahari yang bisa digunakan untuk berfoto selfie dan menjadi ciri khas dari kawasan tersebut.

Terdapat tanaman buah naga yang ditanam di area ini dan menjadi keunikan tersendiri bagi pemandangan alam tersebut. kawasan pantai technopark memang tidak memiliki banyak pasir seperti yang terdapat di pantai-pantai lainnya. Karena kawasan wisata ini dikhususkan untuk memperlihatkan teknologi yang ada serta memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang sumber energi yang dibangun.

Baron Technopark – Photo by @fanfanphotograph

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Baron Technopark

Bagi anda yang berniat mengunjungi tempat wisata Baron Technopark, anda bisa mengikuti rute arah menuju pantai Baron. Dari sana, anda tinggal masuk ke kanan sebelum pintu gerbang pantai Baron dan sudah ada papan petunjuk rute menuju Baron Technopark yang dapat ditempuh sejauh 1 km. Anda tinggal mengikuti saja rute dari petunjuk tersebut untuk bisa sampai ke lokasi tujuan. Sedangkan apabila anda ingin mengunjungi spot Jam Matahari Raksasa, anda harus berjalan kaki hingga ke puncak tebing.

Dari spot jam matahari raksasa ini, anda dapat melihat pemandangan laut yang sangat indah karena tempatnya yang berada di atas puncak tebing. Dari sini, anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang laut yang indah. Jika melihat tke arah timur, akan nampak pemandangan dari Pantai Baron. Untuk harga tiket masuk Baron Technopark juga terbilang bersahabat.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.