Batu Alien Cangkringan Berwajah Manusia

Batu Alien – Salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta dan memiliki keunikan tersendiri ini adalah Batu Alien. Asal usul Batu Alien Ini berawal dari adanya musibah erupsi gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 yang lalu. Musibah ini menyebabkan penderitaan bagi warga sekitarnya. Erupsi yang terjadi pada tahun 2010 tersebut menyebabkan 150 kepala keluarga tersapu di daerah tersebut.

Batu Alien – Photo by @nadya.hassane

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Batu Alien

Ganasnya erupsi yang terjadi di tahun 2010 ini berupa awan pana serta lava panas. Sisa – sisa yang tertinggal dari perut gunung Merapi ini diantara adalah batu besar yang nampak aneh dan unik. Batu bear ini dinamakan dengan Batu Alien karena jika dilihat memiliki kemiripan dengan wajah manusia.

Sepintas batu besar ini terlihat biasa saja tidak ada yang terlihat istimewa, namun jika ingin melihatnya maka harus diperhatikan secara baik – baik. Batu ini memiliki wajah akan terlihat lebih jelas jika menggunakan kamera dengan memfotonya. Pada saat dilihat dengan lebih cermat lagi maka ada mata, telinga, dan juga mulut.

Pada awanya memang warga merasa tidak ada yang berbeda pada batu ini dan terlihat biasa saja tanpa ada keistimewaan. Sehingga warga akan biasa saja menanggapinya, namun saat diketahui bahwa mirip dekat dengan wajah seperti manusia. Pada penampakan belakangnya maka akan terlihat seperti mirip dengan hewan singa sehingga akan semakin membuat warga tertarik.

Batu Alien – Photo by @iwank_markzaid

Lokasi Batu Alien

Lokasi Batu Alien ini dulunya adalah merupakan pemukiman penduduk sebelum terjadi bencana alam berupa erupsi gunung merapi. Bagi orang yang ingin menuju ke tempat wisata ini maka akan pergi daerah Cangkringan, Sleman, Provinsi Jogjakarta. Tepatnya di kawasan Jambu, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Kampung ini terletak di samping dari Kali Gendol.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kawasan ini menjadi seperti kampung mati dikarenakan pemukiman yang berada di sebelahnya sudah tidak berpenghuni lagi. Batu Alien ini merupakan salah satu dari yang telah ditinggalkan dari erupsi tanggal 5 November 2010. Batu ini berasal dari puncak gunun Merapi yang meletus kemudian berpindah sejauh 7 km dan mengeras menjadi Batu Alihan.

Rute menuju Batu Alien

Rute menuju Batu Alien ini sejauh 30 km dari kota Jogjakarta, yang termasuk tidak terlalu jauh untuk dijangkau. Para pengunjung wisata ini bisa melalui akses umum yaitu jalan lingkar Jogja utara. Lalu yang dituju adalah arah utara menuju perempatan Kaliurang. Pada saat sampai pada pertigaan Pakem maka belok ke kanan menuju arah timur.

Pada saat pengunjung sudah sampai pada jalur ini nantinya akan ditemui petunjuk jalan yang menyarankannya untuk menuju batu Alien Jogja. Jarak yang tidak terlalu jauh yakni sekitar 30 km maka bisa menjadikan pengunjung dengan mudah sampai di tempat wisata ini. Lokasi wisata yang satu ini termasuk pada area Merapi.

Batu Alien – Photo by @ariefwibisono

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Batu Alien

Harga Tiket Masuk Batu Alien

Harga tiket masuk batu Alien ini termasuk sangat terjangkau yakni pengunjung cukup membayar Rp 5.000, 00 setiap orang. Bagi mereka yang membawa mobil maka akan dikenakan biaya parkirnya sebesar Rp 5.000,00 juga sama seperti tiket masuknya. Untuk yang membawa sepeda motor cukup menyiapkan uang Rp 2.000,00 saja untuk memarkir kendaraannya.

Tiket yang murah ini bisa menghemat uang dari pengunjung sehingga bisa digunakan untuk membeli makanan ataupun minuman saat lapar atau haus nantinya. Bisa juga untuk dipergunakan menuju ke tempat wisata lainnya yang lokasinya tidak terlalu jauh dai Batu Alien ini. Banyak lokasi wisata lain yang bisa dipilih di Jogjakarta karena banyak sekali jumlahnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *