Alternatif Menikmati Senja di Bukit Cendana

Bukit Cendana – Satu lagi destinasi tempat wisata baru yang menjadi favorit banyak orang di kota Yogyakarta. Jogja sepertinya tidak kehabisan spot-spot untuk membangun tempat wisata alam yang indah dan megah. Setelah Jurang Tambelan, Waduk Sermo, dan Kalibiru, kini hadir Bukit Cendana Kulonprogo.

Bukit Cendana – Photo by @angga_rasepta

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Bukit Cendana

Bukit Cendana Jogja ini baru dibuka pada bulan Januari 2017 lalu. Tempat ini banyak sekali ditumbuhi oleh pohon cendana sehingga dinamakan Bukit Cendana. Lokasi wisata anyar di Kota Pelajar ini berada di Dusun Tengiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Destinasi wisata untuk liburan yang seru ini menawarkan pemandangan alam Yogyakarta yang hijau dan asri. Deretan pohon cendana yang hijau nan asri serta keindahan akan Waduk Sermo pun akan tampak dari atas bukit ini. Selain panorama yang sedap dipandang mata, udara sejuk dan menyegarkan yang ada di tempat ini akan membuat kita nyaman ketika merasakannya.

Bukit cendana merupakan tempat yang paling sering didatangi oleh anak muda untuk merayakan kenaikan kelas atau kelulusan sekolah. Hal ini merupakan potensi yang memicu dibangunnya lokasi ini sebagai salah satu tempat wisata. Warga Tegiri II kemudian juga membangun du wahana foto dengan latar belakang deretan perbukitan yang menorah ke arah Waduk Sermo. Mereka juga melengkapinya dengan beberapa fasilitas pendukung lain seperti jalan wisata. Biaya yang sudah digunakan untuk membangun tempat ini mencapai sekitar 150 juta rupiah.

Spot-spot untuk berfoto selfie merupakan hal yang wajib yang harus ada di setiap tempat wisata. Hal ini pun berlaku juga di Bukit Cendana ini.Tempat favorit para pengunjung untuk berfoto selfie adalah dek kayu yang terdapat di atas pohon. Pengelola tempat wisata bukit cendana ini telah melengkapi spot tersebut dengan kursi kayu kecil sebagai property bagi siapa saja yang ingin berfoto disana. Hal yang membuat para wisatawan rela antri berlama-lama di area ini adalah latar belakang pemandangannya dengan hamparan pegunungan, pepohonan, dan aliran Waduk Sermo yang sangat indah. Spot ini sering ramai dikunjungi pada saat sore menjelang karena pemandangan pada sore hari terlihat lebih indah dan cuacanya sejuk serta menjadi tempat bagi para pemburu sunset yang ingin menyaksikan matahari terbenam. Kombinasi langit berwarna jingga dengan panorama alam di sana akan terasa sangat sempurna untuk melakukan relaksasi dari segala stress dan penat dikarenakan sibuknya aktivitas atau pekerjaan.

Media sosial merupakan andalan bagi seluruh masyarakat untuk melakukan promosi. Namun, pengelola tempat wisata Bukit Cendana juga mencoba menyelenggarakan kegiatan yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Salah satunya adalah jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 1800 orang peserta pada April lalu. Hasilnya, Bukit Cendana makin dikenal oleh banyak orang karena peserta yang ikut serta kegiatan tersebut menceritakan pengalaman mereka kepada orang-orang terdekat mereka. Hingga kini, objek wisata bukit cendana rata-rata selalu ikunjungi 50 hingga 100 orang pada akhir pekan atau hari libur lainnya.

Wilayah Tegiri II juga memiliki potensi budaya berupa pengolahan gula, kesenian wayang Indonesia, cita nusantara ketoprak, dan juga alunan musik krumpyung. Semua itu diintegrasikan dalam sebuah paket wisata di bukit cendana ini. Dengan begitu, wisatawan yang datang diharapkan akan merasa lebih betah dan nyaman dalam menikmati keindahan Waduk Sermo dari ketinggian atas bukit sembari mendengarkan alunan musik tradisional yang dimainkan. Mereka juga dapat menyantap hidangan khas Kulonprogo yang begitu nikmat dan lezat. Rencananya, pengembangan Bukit Cendana ini akan terus dilakukan guna meningkatkan kualitas tempat serta daya tarik masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Bukit Cendana – Photo by @amri_ariefullah

Tiket Masuk ke Bukit Cendana

Bukit Cendana ini termasuk ke dalam salah satu destinasi tempat wisata yang murah dan meriah yang bisa anda kunjungi saat akhir pekan atau liburan di Yogyakarta. Dengan membayar tiket masuk ke Bukit Cendana hanya seharga 5.000 rupiah saja anda bebas mengeksplorasi tempat ini termasuk berfoto di dek kayu. Lokasi bukit cendana kulonprogo ini tidak jauh dari kawasan wisata Waduk Sermo dan Kalibiru.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Bukit Cendana

Lokasi Bukit Cendana berada tepat di Dusun Tegiri II, RT 48 RW 18 Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau kurang lebih sekitar 23 km dari pusat kota Jogja.

Rute Menuju Bukit Cendana

Untuk rute menuju Bukit Cendana tidaklah sulit dari kota Yogyakarta. Dari kota Jogja, ambil jalan menuju arah Purworejo, lalu setelah masuk ke Kulonprogo, ada papan petunjuk menuju Waduk Sermo, ikutilah petunjuk-petunjuk tersebut untuk mendapat jalan menuju Bukit Cendana. Atau jika masih bingung, anda bisa menggunakan google maps yang terdapat pada smartphone anda untuk membantu memberitahu jalan menuju Bukit Cendana tersebut.

Bagi para wisatawan asal kota Kulonprogo pastinya sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Bukit Cendana di Kokap Kulonprogo Yogyakarta ini.Karena mereka dapat menggunakan kendaraan pribadi mereka seperti mobil atau motor pribadi sebagai transportasi menuju Bukit Cendana. Karena menggunakan kendaraan pribadi akan jauh lebih seru dan menyenangkan daripada kendaraan umum. Mereka bisa sambil mengobrol dan bersantai serta menikmati keindahan alam yang dilalui dengan mobil pribadi. Akan tetapi, bagi para wisatawan luar kota Jogja maupun luar negeri, mereka tidak memiliki kendaraan pribadi dan akan merasa takut kesasar di kota ini. Untuk bisa pergi ke tempat wisata bukit cendana dapat menggunakan transportasi umum seperti bus. Naiklah bus umum hingga berhenti di kota Kulonprogo. Setelah itu lanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi yang bisa disewa untuk menuju lokasi bukit cendana di Kokap Kulonprogo Yogyakarta tersebut.

Sebelum melakukan perjalanan menuju tempat wisata Bukit Cendana, ada baiknya jika mengecek terlebih dahulu agar tidak menghalangi liburan. Cuaca yang buruk dapat membatalkan rencana berlibur dikarenakan tidak baik untuk berpergian.

Bagi anda yang berminat untuk datang ke tempat wisata baru tersebut, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan bekal berupa makanan dan minuman yang cukup. Sebab belum ada banyak warung yang berjualan di sekitar tempat wisata ini. Gunakanlah sepatu sneakers atau sandal gunung yang nyaman sebab anda harus menanjak kurang lebih lima hingga 10 menit dari tempat parkir menuju Bukit Cendana. Jangan lupa membawa perlengkapan tambahan seperti kamera, tongsis, maupun tripod yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen perjalanan anda.

Bukit Cendana – Photo by @bektibudiastuti

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Bukit Cendana

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan obat pribadi jika terjadi seseuatu yang tidak diinginkan. Bawalah minuman antimabuk, obat antidiare, minyak kayu putih, tissue basah, antiseptic, dan perlengkapan kecil lainnya yang sering dibutuhkan dalam melakukan perjalanan wisata. Jagalah selalu fisik anda agar tidak sakit. Siapkan fisik yang sehat karena anda akan melakukan perjalanan wisata yang jauh dan akan berhadapan dengan alam langsung dengan kondisi udara yang tidak sama dengan kondisi udara kota tempat anda tinggal biasanya, untk itu perlau dilakukan penyesuaian suhu badan terhadap suhu udara di tempat wisata. Janganlah mencoret-coret dan buang sampah sembarangan. Jangan sampai keasrian tempat wisata alam baru ini jadi rusak karena perilaku-perilaku tidak terpuji yang berpotensi merusak kelestarian alam.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *