Bukit Klangon

Menikmati Sejuknya Bukit Klangon Cangkringan di Kaki Merapi

Wisata Alam Bukit Klangon Cangkringan – Menikmati panorama alam dapat menjadi alternatif tersendiri untuk menghilangkan penat dan stress bagi sebagian orang telah lelah bekerja sepanjang hari di kehidupan perkotaan. Daerah Istimewa Yogyakarta selalu mempunyai beragam destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam yang megah serta menawan. Suasana di sekitar lokasi wisata yang nyaman dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di Kota Yogyakarta ini. Salah satu tempat wisata dengan suasana sejuk dan asri yaitu ialah objek wisata Bukit Klangon.

Bukit Klangon Merapi – Photo by @amalia_jamil

Baca juga: Paket Wisata Jogja ke Bukit Klangon merapi

Lokasi Menuju Bukit Klangon

Lokasi Bukit Klangon terletak di Glagahharjo, Cangkringan Sleman, Bukit Klangon merupakan sebuah objek wisata dengan udara yang dingin dan sejuk. Selain dikelola oleh warga sekitar, objek wisata yang satu ini juga dibantu pengelolaannya dan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten setempat.

Pengembangan akses ke bukit klangon di lokasi wisata ini terus berjalan hingga sekarang, perluasan jalan menuju bukit klangon, lahan parkir dan penambahan spot-spot untuk melihat panorama alam terus ditambahkan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang datang berkunjung. Seperti adanya sebuah gardu pandang kecil yang terbuat dari bambu untuk melihat megahnya gunung Merapi pada pagi hari.

Bukit Klangon Merapi – Photo by @irfansurnata

Bukit Klangon Merapi ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Tetapi, tempat wisata ini kini menjadi incaran bagi wisatawan alam atau anak-anak muda setelah banyak foto-foto yang diunggah oleh fotografer ke sosial media instagram. Dari instagram tersebut, yang membuat para pengguna aktif melihat foto-foto pemandangan alam adalah karena penasaran dengan keberadaan bukit Klangon Merapi yang terletak di sekitar lereng gunung Merapi ini.

Bukit Klangon ini sebenarnya memiliki nama asli Bukit Glagahsari atau disebut juga Bukit Glagaharjo yang memang merupakan tempat wisata untuk menikmati alam sehingga cocok untuk melepas lelah untuk liburan tour bersama keluarga atau rombongan. Selain itu, bukit ini juga dikenal dengan sebutan gardu pandang Rotary. Hal ini dikarenakan gardu pandang ini merupakan donasi dari Rotary Internasional. Gardu pandang ini memiliki ketinggian setinggi 5 meter dan cukup kuat sehingga tidak mudah roboh saat disinggahi oleh beberapa orang. Di sini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan gunung Merapi secara luas.

Bukit Klangon Merapi adalah tempat yang pas untuk berteduh dari teriknya sinar matahari, bersantai, dan melupakan sejenak rutinitas yang membuat kepala pecah. Udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi, dapat membuat anda bisa betah berlama lama di sini. Jika anda memiliki waktu liburan yang lumayan panjang, bawalah tenda untuk melakukan camping disini. Buukit klangon memiliki lahan yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan puncak gunung merapi yang memukau akan membuat campingmu semakin sempurna dan indah untuk dikenang.

Sejak akhir tahun 2012, bukit klangon menjadi salah satu destinasi kunjungan mobil jeep wisata Merapi. Bukit klangon glagahsari sudah termasuk dalam paket tour jarak jauh, karena memang jaraknya yang hanya sekitar satu jam dari pos jeep wisata Merapi. Namun, tidak semua pos jeep wisata Merapi menyediakan layanan paket hingga menjelajah ke bukit klangon glagahsari. Hanya beberapa jeep wisata yang berada di area kcamatan Cangkringan saja yang menyediakan layanan ini. Jika bukit klangon glagahsari masuk ke dalam paket wisata jeep Merapi, maka bukit klangon glagahsari ini akan selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Wisatawan yang datang berkunjung, lalu berfoto, kemudian mereka mengunggahnya ke media sosial menyebabkan wisatawan lain yang melihat postingan foto tersebut menjadi tertarik juga untuk berkunjung.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Bagi yang hobinya adalah bersepeda, saat ini kawasan Klangon telah menjadi lokasi favorit penunggang sepeda gunung, sudah lama di kawasan ini juga telah dibangun lintasan track untuk downhill maupun enduro, sebuah lintasan-lintasan yang biasa dilalui oleh pesepeda gunung.

Di kawasan wisata ini pula, pengelola wisata sudah menyediakan fasilitas yang cukup untuk para wisatawan. Pengelola menyediakan berbagai fasilitas umum, seperti kamar mandi dan tempat ibadah sholat. Beberapa masyarakat sekitar juga banyak yang berjualan baik makanan, minuman, maupun hiasan bunga edelwise. Para pengunjung dapat membeli jajanan mereka.

Jika anda memiliki rencana untuk berwisata di Bukit Klangon ini, sebaiknya berangkatlah pagi-pagi, karena terkadang jika siang hari Gunung Merapi tidak terlihat atau tertutup oleh awan. Dan yang terpenting adalah, pergilah ke sini pada saat kondisi Gunung Merapi dalam kondisi yang aman, mengingat Gunung Merapi merupkan gunung aktif dan bisa meletus kapan saja. Memang, lokasi bukit klangon ini sendiri begitu dekat dengan gunung Merapi, sangat berbahaya apabila Gunung Merapi ini sedang aktif.

Bukit Klangon ini sangat cocok sebagai tujuan wisata untuk anda yang ingin membawa serta keluarga dan teman-teman anda untuk berlibur. Selain memiliki pemandangan yang indah, rupanya tempat ini juga sangat pas sekali bagi para pesepeda gunung karena terdapat berbagai macam track yang berkelok yang mampu menguji adrenalin para pesepeda gunung. Namun akses jalan menuju bukit klangon ini masih cukup terjal dan menanjak, diperlukan kehati-hatian jika berjalan menuju tempat wisata ini.

Bagi anda yang masih kebingungan mengenai rute ke bukit klangon ini, silakan anda ambil rute menuju Kaliurang, setelah itu akan ada pertigaan arah ke kaliadem atau cangkringan, lalu beloklah ke kanan. Akan ada pertigaan menuju merapi Golf atau The Lost Worldd Castle, ambil saja ke arah kanan lalu lurus ke timur nanti akan ada pertigaan lagi kemudian ambil ke kiri dan lurus terus. Dari sana, sudah ada banyak plang penunjuk rute Bukit Klangon yang dapat membantu anda untuk menemukan lokasi tempat wisata ini. Bukit Klangon ini letaknya sekitar 2 km dari The Lost World Castle dan menjadi tempat yang tertinggi di lereng Gunung Merapi yang dihuni oleh beberapa warga.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Untuk harga tiket masuk bukit klangon adalah htm bukit klangon masuk free alias gratis. Bagi sebagian orang Indonesia yang sangat senang berburu harga yang gratis pasti mereka akan sangat senang sekali karena tidak perlu lagi membayar untuk tiket bukit klangon ini. Karena htm bukit klangon hingga saat ini masih tidak diberlakukan, dan para pengunjung hanya cukup membayar untuk biaya parkir saja. Yaitu 2000 rupiah untuk parkir motor dan 5000 rupiah untuk parkir mobil. Dengan biaya segini, para pengunjung sudah dapat menikmati fasilitas yang terdapat di wisata Bukit Klangon ini seperti spot foto dengan latar belakang Gunung Merapi, track downhill untuk pesepeda gunung, porter sepeda, warung tradisional, Mushola untuk kaum muslim, parkir, dan toilet umum yang dapat digunakan kapan saja.

Bukit Klangon Cangkringan Merapi – Photo by @amalia_jamil

Baca juga: Sewa Mobil Jogja Untuk Jalan Jalan ke Bukit Klangon

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berpergian ke tempat wisata ini adalah Pastikan kondisi baterai smartphone atau kamera DSLR maupun kamera pocket yang anda bawa dalam kondisi penuh, karena banyak sekali tempat spot foto yang menarik untuk diabadikan dan sayang untuk dilewatkan. Pakailah sepatu yang flat, jangan sesekali memakai high heels karena akan membahayakan anda. Bagi penggemar bersepeda,usahakan datang di waktu pagi hari untuk dapat menikmati udara pagi yang sejuk dan dapat mengelilingi daerah bukit dengan leluasa.

Bagaimana? Ingin ajak saudara atau keluarga untuk piknik ke bukit klangon, yuk konsultasi ke Niaga Tour untuk menikmati paket wisata yogyakarta yang asik dan mengesankan!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *