lintang sewu

Bukit Lintang Sewu Tempat Melepas Penat

Bukit Lintang Sewu Tempat Melepas Penat – Baru-baru ini Bantul kembali lagi menjadi bahan perbincangan menarik di sosial media khususnya instagram berkat wisata barunya yang sangat keren ini. Bantul memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keunikan tempat wisatanya. Puluhan tempat wisata telah menyebar ke berbagai daerah di kabupaten bantul Kota Yogyakarta ini. Belum lama ini, Bantul dihebohkan dengan spot gardu pandang yang berada di beberapa kawasan wisata Mangunan seperti hutan pinus, tebing watu mabur, dan lain sebagainya. Kini, giliran Bukit Lintang Sewu yang menjadi salah satu wisata yang tidak kalah kerennya di Kabupaten Bantul ini. Masing-masing tempat wisata di Bantul pastilah memiliku keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas dari tempat wisata tersebut termasuk Bukit Lintang Sewu Bantul ini.

Baca juga: Paket Wisata Jogja ke Bukit Lintang Sewu

Lintang Sewu menyuguhkan panorama alam berupa hutan kayu putih yang rindang. Berbeda dengan tempat wisata Hutan Pinus Mangunan yang menyajikan keindahan hutan pinusnya yang penuh dengan kehijauan. Meskipun tempat wisata Bukit Lintang Sewu masih dalam tahap pembangunan, tetap saja ada banyak pengunjung yang penasaran dan melakukan hunting spot foto selfie di sana. Sehingga sudah banyak sekali foto-foto mengenai keindahan alam dari wisata ini yang beredar di sosial media khususnya instagram dan menjadi bahan perbincangan di antara para wisatawan yang gemar berlibur ke tempat-tempat alam.

Di sini terdapat spot gapura yang menjadi ikonik wisata ini, selain itu juga tentunya ada spot gardu pandang yang tidak kalah kece dengan gardu pandang di beberapa kawasan wisata bantul lainnya, hal inilah yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Menjadikan Bukit Lintang Sewu Dlingo sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Kota Yogyakarta ini.

Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang berbeda-beda di wisata ini. Pemandangan hutan kayu putih tetap menjadi yang utama yang tidak bisa terlewatkan jika mengunjungi tempat wisata ini. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas kece dan kekinian seperti gardu pandang, rumah pohon, dan lain-lain. Di berbagai tempat wisata Bantul terutama di kawasan Mangunan sudah banyak seklai obyek wisata dengan spot foto selfie andalannya yakni gardu pandang. Spot gardu pandang berbentuk tangan raksasa di hutan pinus pengger merupakan salah satu spot gardu pandang yang hits di sosial media. Bukit Lintang Sewu pun tak mau kalah menariknya dengan menyajikan spot gardu pandang bermodel telapak kaki berwarna merah dengan kombinasi warna hitam. Karena terlihat sangat keren dan unik, foto selfie oleh para pengunjung di spot tersebut sudah banyak beredar di sosial media dan menjadi daya tarik para pengguna aktif di sosial media tersebut.

Terdapat banyak sekali pohon kayu putih yang tinggi dan lebat sehinggamenjadikan suasana alam dari atas bukit ini begitu asri. Hal ini membuat pengunjung menjadi merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di Bukit Lintang Sewu ini. Tentunya cocok sekali untuk menjadi tempat teduh dari sinar matahari dan sebagai tempat relaksasi dari penatnya pikiran yang sumpek karena kehidupan di kota yang begitu menyelimuti pikiran. Dengan refreshing di Bukit Lintang Sewu ini dapat memberikan peluang yang besar bagi anda untuk menghilangkan rasa bosan saat liburan.

Pohon Kayu Putih yang lebat ini juga menjadi daya tarik burung-burung liar yang berterbangan untuk bersarang di dahan pepohonan hutan ini. Jika beruntung, anda bisa menyaksikan Burung Alap-Alap (semacam burung elang tapi ukurannya kecil) yang merupakan burung langka karena sudah mulai jarang ditemui,melintas di antara deretan pepohonan kayu putihuntuk memangsa burung puyuh yang bersarang di akar-akar pohon kayu putih karena sarang itu adalah milik mereka.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Nama Bukit Lintang Sewu ini diambil dari Bahasa Jawa yang berarti “Bukit Seribu Bintang”. Sengaja dinamakan begitu karena selain bisa melihat cantiknya sunset dari atas bukit, di Bukit Lintang Sewu Dlingo ini kita juga dapat melihat keindahan dari gemerlapan lampu kota ketika malam hari yang nampak seperti bintang di langit. Sekilas, nama tempat iniagak mirip dengan nama Bukit Bintang di Gunung Kidul dan memiliki keunikan yang sama pula, yaitu sama-sama bisa melihat keindahan pemandangan layaknya memandang keindahan bintang di langit. Namun sebenarnya asal-usul pemberian nama lokasi ini didasari ketika pada malam hari, bukit ini terlihat dengan jelas sekali bintang-bintang di angkasa yang jumlahnya mencapai ribuan. Pemberian nama ini mirip dengan tempat wisata Bukit Bintang yang berada di perbatasan Piyungan Bantul dan Patuk Gunungkidul. Selain itu, penggunaan nama Bukit Lintang juga sebenernya sudah digunakan terlebih dahulu di beberapa tempat wisata lain di luar Pulau Jawa di Indonesia. Kesamaan dan kemiripan nama tersebut sepertinya secara tidak disengaja karena bisa jadi tempat-tempat wisata tersebut dulunya juga memiliki asal-usul pemberian nama yang hampir sama. Bukit ini mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata yang dapat dinikmati semua orang sejak awal tahun 2016 sehingga tempat wisata Bukit Lintang Sewu ini juga terbilang masih baru.

Lokasi & Rute Bukit Lintang Sewu

Lokasi Bukit Lintang Sewu ini tepatnya terletak di dusun Karangasem, desa Muntuk, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.Untuk menuju ke lokasi wisata baru Bukit Lintang Sewu ini, pengunjung bisa pergi menuju arah ke Puncak Becici, kemudian belok ke kiri ke arah Mangunan. Sekitar kurang lebih 2 Km pengunjung sudah bisa menemukan dimana lokasi Bukit Lintang Sewu berada.Untuk jalan menuju puncak Bukit Lintang Sewu ini, pengunjung akan berjalan sejauh sekitar 100 meter. Ini bukanlah suatu track yang jauh untuk menuju ke puncak bukit Lintang Sewu. Medan jalan berupa tanah liat yang sudah diperkeras sedemikian mungkin guna memudahkan para pengunjung untuk sampai ke puncak Bukit Lintang Sewu tanpa harus melewati jalan yang terjal. Pepohonan pinus yang berada di jalur pendakian bukit ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena pemandangannya yang indah. Kadangkala pengunjung berhenti sebentar untuk berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus tersebut.Selain itu, pergi ke bukit ini menggunakan kendaraan roda dua juga diperbolehkan.

Spot foto menarik yang berbentuk seperti gapura Bukit Lintang Sewu saat ini sedang dalam masa penggarapan, yang kelak suatu saat nanti bisa menjadi spot favorit berikutnya untuk berfoto selfie bagi para pengunjung. Ketika cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati melihat megahnya gunung merapi, gunung merbababu, hingga gunung sumbing, sedangkan pada saat sore hari, terlihat pemandangan sunset atau matahari terbenam dari arah barat yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Baca juga: Rental Mobil Sleman

Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu

Sebelum memasuki tempat wisata alam di jogja yaitu bukit lintang sewu untuk dapat menikmati pemandangan bintang yang indah, pengunjung yang datang diharuskan untuk membayar biaya masuknya terlebih dahulu. Tapi tenang saja, biaya tiket masuk ke tempat ini tergolong murah sehingga anda tidak akan merasa rugi untuk membayar tiket masuknya. Untuk harga tiket masuk Bukit Lintang Sewu dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan pribadinya dikenakan biaya sebesar 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk parkir mobil.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.