Bukit MOjo Gumelem - Photo by @itsaddina96

Wisata Alam Bukit Mojo Gumelem. Spot Foto Kekinian di Mangunan

Bukit mojo gumelem tempat wisata alam di jogja – Kawasan Mangunan memang terkenal memiliki spot-spot yang menarik untuk dikunjungi oleh para penikmat keindahan alam. Spot-spot tersebut selalu dijadikan tempat yang pas untuk melakukan foto selfie. Di daerah tepian bukit Mangunan Dlingo daerah Bantul, Yogyakarta, terdapat sebuah spot wisata terbaru yaitu bukit mojo gumelem. Sebenarnya wisata ini bukanlah yang terbaru karena pada waktu itu Bukit Mojo Gumelem bukanlah tempat yang tidak begitu menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung. Bukit ini baru dikembangkan setelah Bukit Panguk Kediwung terkenal dan pada saat itu belum muncul Jurang Tembelan yang juga menjadi salah satu tempat wisata di jogja daerah Bantul. Setelah Jurang Tembel muncul dengan kreativitasnya, Bukit Mojo Gumelem Bantul atau bisa disebut juga Bukit Mojo Bantul ini juga dipercantik dengan konsep spot selfie yang artistik.

Bukit Mojo

Bukit Mojo

Baca juga: Paket Wisata Jogja ke Bukit Mojo Gumelem

Di setiap tempat sepanjang Mangunan pasti ada spot-spot yang bagus untuk berfoto. Sama halnya dengan tempat ini yang bangunannya dikembangkan untuk menjadi spot berfoto. Ada beberapa spot foto yang tempatnya berhadapan langsung ke arah sungai agar para pengunjung yang ingin berfoto dapat berfoto dengan latar belakang sungai. Apalagi jika kita dapat datang kesini pagi hari, kita akan mendapati kabut yang tipis. Lautan di kabut itu akan menjadi nilai plus di tempat-tempat seperti ini karena akan memberikan nuansa alam yang mengindahkan.

Jika dilihat dari letaknya, Bukit Mojo Gumelem Bantul ini kurang cocok untuk dijadikan spot melihat sunrise karena barisan bukit di timur lumayan tinggi sehingga tidak bisa melihat sunrise. Namun, tempat ini cocok untuk dijadikan tempat melihat sunset alias matahari terbenam. Pemandangan di bukit bagian barat bukan merupakan barisan bukit yang tinggi sehingga ketika sore hari dan cuacanya cerah, tempat ini bagus untuk diabadikan lewat foto.

Bukit Mojo Gumelem selalu menjadi tempat yang paling asyik untuk menikmati sunset. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah pada pagi hari buta atau pada sore hari menuju senja. Pada pagi hari biasanya tidak banyak orang datang mengunjungi tempat ini masih terlalu pagi untuk dikunjungi. Jika anda tidak begitu suka dengan keramaian, anda bisa mengunjungi bukit ini pada pagi hari sebelum matahari terbit. Pada sore hari, tempat ini akan ramai dikunjungi orang-orang terutama anak-anak muda yang gemar berfoto selfie. Pada sore hari akan terlihat banyak sekali orang-orang yang datang berkunjung sambil membawa kamera atau handphone nya untuk berfoto. Karena banyaknya orang yang menginginkan foto di spot-spot yang bagus, pastilah harus mengantri untuk bergantian berfoto.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Ada dua spot yang menarik perhatian pengunjung ketika datang ke tempat wisata Bukit Mojo Mangunan ini, yaitu spot sarang burung yang berada di atas bukit dan spot bunga matahari. Kedua spot ini menjadi tempat bahan perbincangan yang menarik dan ramai di social media. Orang-orang berbondong-bondong datang ke tempat wisata ini agar dapat berfoto di spot-spot tersebut.
Sarang burung merupakan adaptasi dari Gardu Panjang yang kemudian dibuat menjadi seolah-olah seperti sarang burung. Jika foto di spot Bukit Mojo tersebut, akan terlihat seperti berada di sarang burung raksasa. Ini adalah spot yang paling difavoritkan oleh orang-orang untuk berfoto. Sedangkan spot bunga matahari berbentuk bunga matahari raksasa dengan kuncupnya yang bisa dijadikan tempat duduk. Jika berfoto di spot itu maka akan terlihat seolah-olah sedang hinggap di atas bunga raksasa.

Selain kedua spot tersebut, masih ada lagi spot-spot yang keren seperti spot garpu pandang yang berbentuk cinta dan spot semacam jembatan yang menyerupai perahu. Spot garpu pandang menjadi spot yang paling banyak diincar oleh para pasangan muda mudi di Indonesia. Mereka yang berfoto berdua di atas spot garpu pandang akan berharap semoga jalinan ikatan cinta yang terjadi di antara mereka semakin kuat.

Bukit Mojo Gumelem ini sendiri baru mulai dibuka pada bulan Juli 2016 lalu. Yang artinya bukit ini masih terbilang baru. Karena itu belum banyak orang mengetahui adanya lokasi wisata ini. Pemandangan di bukit ini hampir sama dengan pemandangan yang ada di area lain yang rata-rata memperlihatkan kabut tipis dari bawah aliran sungai. Tempat ini didesain seperti tempat untuk tracking dengan bebatuan yang tertata rapi di sepanjang jalan. Walaupun masih terbilang baru, fasilitas toilet pun sudah tersedia. Mereka yang membangun tempat ini sudah mempersiapkan lebih awal apa saja kebutuhan pengunjung yang akan mengunjungi tempat wisata ini. Tidak ketinggalan juga, tempat sampah yang sudah tersebar di berbagai sudut sehingga memudahkan seseorang untuk membuang sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. Karena di beberapa tempat wisata sering sekali banyak sampah berserakan dikarenakan orang-orang makas untuk pergi ke tempat sampah yang jauh dari tempatnya berdiri.

Lokasi Menuju Bukit Mojo Gumelem

Bukit MOjo Gumelem - Photo by @srioctaviani28

Bukit MOjo Gumelem – Photo by @srioctaviani28

Dari ketinggian atas bukit ini juga terdapat aliran Sungai Oya yang meliuk-liuk menambah keindahan alam dari bawah. Kita bisa melihat aliran sungai tersebut dari atas Bukit Mojo Gumelem ini.
Lokasi Bukit Mojo Gumelem terletak tak jauh dari Kebun Mangunan, tepatnya di jalur menuju Bukit Panguk Kediwung yaitu di RT 4 Pendukuhan Kediwung, Mangunan Dlingo Bantul. Akses menuju bukit ini cukup bagussehingga dapat ditempuh oleh sepeda motor dan mobil. Hanya saja jalanannya sedikit menanjak. Lokasi di area Bukit Panguk Mojo Gumelem Bantul sudah cukup lengkap dengan jalanan setapak yang dipercantik dengan tatanan batu-batu alam di sebelah kiri dan kanan. Baca juga: Sewa Mobil Jogja Untuk Liburan Keluarga Ke Bukit Mojo Gumelem

Untuk rute Bukit Mojo Gumelem ini sendiri hampir sama dengan rute menuju Bukit Panguk Kediwung. Pergilah menaiki kendaraan umum atau pribadi menuju Terminal Giwangan, setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah Jalan Imogiri Timur lalu teruskan hingga ke pertigaan Pasar Imogiri. Di pasar Imogiri, anda dapat bertanya kepada kepada aorang-orang sekitar akses menuju Bukit Mojo Imogiri yang berada di daerah Mangunan tersebut, dan mereka akan memberitahu anda untuk mengambil jalan ke sebelah kiri dari pertigaan pasar. Setelah mengambil jalan kiri, teruskanlah menuju pertigaan makam raj araj, lurus terus hingga melihat Tugu Mangunan, lalu beloklah ke kanan ke arah kebun buah Mangunan, disitu ada pertigaan lagi, atau jika tidak yakin, anda juga bisa bertanya kepada orang-orang sekitar kemana arah kebun buah Mangunan. Sesampainya di pertigaan, kebun buah akan berada di sebelah kanan, ambillah jalan ke kiri maka anda akan menemui pertigaan lagi ke arah panguk dan Mojo, belok ke kanan dan ikuti petunjuk yang tertera untuk sampai di Bukit Mojo.

Harga Tiket Masuk Bukit  Mojo Gumelem

Untuk harga tiket masuk Bukit Mojo Gumelem tidak dikenakan biaya. Anda hanya cukup membayar biaya parkir motor atau mobil saja seharga 2000 rupiah. Namun, bila anda ingin berfoto di spot-spot nya maka akan dikenakan biaya seharga 3000 rupiah.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berlibur dengan paket wisata jogja murah ke bukit mojo gumelem yang terletak di bantul bersama Niaga Tour?

Comments (1)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.