Melihat Keindahan Sunset dari Atas Pantai Parangtritis di Bukit Paralayang

Bukit Paralayang Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi menuju Bukit Paralayang Watu Gupit Jogja. Disebut Bukit Paralayang sebenarnya karena banyak yang memanfaatkan bukit ini sebagai kegiatan olahraga paralayang untuk memicu adrenalin. Sedangkan sebutan  lain dari bukit ini ialah bukit parang endog atau bukit watu gupit.

Melihat Keindahan Sunset dari Atas Pantai Parangtritis

Keunggulan Bukit Paralayang dengan Spot Olahraga Adrenalin

Lokasi ini memiliki kelebihan yaitu angin yang bisa dirasakan di bukit ini cukup kencang. Tentu saja keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi ditambah beberapa atlet yang sedang berlatih untuk kegiatan mereka.

Pengunjung bisa menikmati indahya alam bebas dari bukit ini, hingga sunset yang indah bak lukisan pun akan kamu dapatkan. Bahkan sunset bisa dilihat dengan jelas tanpa halangan apapun dan inlah yang membuat banyak pengunjung ke Bukit Paralayang.

Pengunjung silakan duduk di atas puncak bukit, jika tak ingin lesehan maka bisa duduk di atas kursi yang sudah disediakan. Juga terdapat meja jadi memang fasilitasnya sangat bagus. Pengunjung bisa dengan nyaman menikmati sensasi sore hari dengan hembusan angin tanpa perlu khawatir akan kotor celana atau pakaian yang dikenakan.

Sunset memang bisa dinikmati oleh pengunjung yang tak berani naik ke atas bukit, namun jika ingin pemandangan sunset yang lebih bagus sangat disarankan untuk melihatnya dari atas bukit. Apalagi banyak para wisatawan demi melihat sunset mereka rela naik ke atas bukit dengan kondisi yang tidak mudah.

Objek wisata yang sudah diketahui sejak lama ini, bahkan lebih cantik dari sebelumya. Bagi yang luar Jogja jika ada waktu berkunjung ke Jogja jangan lewatkan kunjungan ke bukit gupit. Pengalaman atau keindahan alam yang dirasakan saat menikmati langsung dari atas bukit berbeda atau bahkan sangat berbeda dengan lokasi wisata yang lain.

Bukit gupit memang mempunyai keistimewaan tersendiri, bagi yang sedang liburan, banyak masalah dan ingin menikmati dunia luar, maka naik ke puncak bukit ialah solusi yang sangat bagus.

Selain menikmati matahari terbenam, bukit ini juga menyuguhkan pemandangan sunrise yang tak kalah indah. Apalagi langsung bisa dilihat tanpa halangan apapun.

Bermain Paralayang dari Atas Bukit

Jika tak ingin  menikmati sunset saja, pengunjung bisa menikmati pengalaman bermain paralayang. Sebab bukit ini memang menjadi spot untuk lepas landas kegiatan paralayang. Dengan biaya yang tak sampai Rp 500 ribu pengunjung sudah diizinkan bermain  paralayang dalam waktu 30 menit.

Tentu kegiatan ini sangat menarik bahkan banyak pengunjung yang mengikuti olahraga ini. Bagi yang belum pernah coba olahraga adrenalin ataupun bagi pecinta olahraga seperti ini, maka Bukit Paralayang menjadi tempat yang sangat direkomendasikan.

Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pantai parangtritis sejauh mata memandang dengan keindahan yang eksotis. Apalagi ombak pantai yang khas sangat tak boleh dilewatkan. Jogja menyimpan banyak objek wisata  selain tugu Jogja sebagai lokasi wajib, namun kini bukit gupit masuk dalam jajaran objek wisata yang sangat harus dikunjungi.

Spot Event Nasional dan Penemuan Sejarah di Bukit Paralayang

Selain karena keindahannya namun juga karena letak ketinggiannya, Bukit Paralayang pernah dimanfaatkan sebagai lokasi untuk event olahraga yang bertaraf nasional pada tahun 201 silam bernama Jogja Air Show.

Sebenarnya bukit ini tak hanya dimanfaatkan untuk kawasan rekreasi atau hiburan saja tetapi dapat berguna sebagai lokasi wisata edukatif. Salah satunya kegiatan olahraga yang sudah disebutkan di atas. Namun pengunjung juga akan tambah wawasan dengan temuan peninggalan sejarah mulai dari Sendang Beji, Candi Gembirowati dan Pasanggrahan Gembirowati.

Jika berkunjung saat para atlet sedang latihan, maka pengunjung pun bisa menikmati berbagai atraksi luar biasa yang mereka lakukan. Pemandangan akan lebih indah sebab ada hamparan sawah bisa dilihat dari atas serta rumah penduduk.

Lokasi dan Jam Operasional Bukit Paralayang

Pengunjung yang ingin menikmati sunset dan berbagai wahana lainnya silakan datang ke Bukit Paralayang yang berlokasi di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogkakarta dengan kode pos 55872.  Sedangkan pantai parangtritis bisa ditemukan di ujung selatan dari kabupaten Bantul.

Jarak antara bukit dengan Pantai Parangtritis kurang lebih 3 km serta jaraknya dengan pusat kota Jogja sekitar 30 km.

Objek wisata dibuka untuk kunjungan mulai jam 05.00 sampai jam 18.30, bisa dikunjungi setiap hari.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Bukit  Paralayang

Untuk bisa tiba di Bukit Paralayang maka harus tahu dulu jalur aksesnya. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Jogja untuk tiba di bukit ini sekitar 1 jam  sebab jaraknya lumayan jauh sekitar 30 km dari pusat kota.

  • Pengunjung yang berjalan dari pusat kota dapat berjalan langsung menuju bukit parang endog. Pilih rute yang searah dengan jalan untuk tiba ke Queen of the South Resort. Jadi harus melewati jalan arah Panggang.

Saat sudah tiba di pertigaan, pengunjung pilih jalur ke kanan sambil terus mengikuti  jalan utama yang tidak rata. Sebelum berangkat harus dipastikan dulu kendaraan yang dibawa berada dalam kondisi yang bagus agar tidak berhenti di tengah jalan nantinya.

Perjalanan dilanjutkan dengan naik beberapa anak tangga sampai akhirnya tiba di puncak bukit gupit.

  • Selain itu, pengunjung bisa memilih rute tanjakan yang mengarah ke gunung kidul. Nanti akan melewati pantai parangritis, perjalanan dilanjutkan hingga sampai di Panggang. Selanjutnya ada petunjuk maka pengunjung ikuti saja petunjuk hingga tiba di lokasi. Kini kendaraan bisa dibawa hingga ke area bukit, kemudian untuk tiba di puncak, ada beberapa anak tangga yang harus ditaklukkan oleh pengunjung. Tentunya kondisi kendaraan dipastikan dalam keadaan prima.

Fasilitas Bukit Paralayang

Memang benar objek wisata ini berada di atas bukit, namun  fasilitas Bukit Paralayang yang disediakan cukup memadai. Seperti tersedia warung yang menjual makanan, ada toilet dan mushala serta area parkir.

Pengunjung juga bisa menemukan café di bawah bukit gupit ini yang bisa dinikmati dengan nyaman dengan konsep outdoor. Keindahan laut lepas dari ketinggian disuguhkan untuk pengunjung sambil menyeruput minuman.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Paralayang

Tentu saja objek wisata ini tak gratis sebab pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu saat masuk TPR di pantai parangtritis. Biaya masuk yang sangat murah ini akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa. Bagi pengunjung yang membawa kendaran maka saat masuk Bukit Paralayang harus membayar harga parkir untuk motor sebesar Rp 3 ribu sedangkan untuk pengunjung yang bawa mobil maka harga tiket sebesar Rp 5 ribu. Tetapi bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermain paralayang dengan pemandu professional maka wajib membayar sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu setiap orangnya.

Sekian penjelasan tentang keindahan sunset di Bukit Paralayang lengkap dengan berbagai panorama alam yang tak kalah  indahnya. Fasilitas yang tersedia pun hampir lengkap dengan biaya masuk yang sangat terjangkau. Padahal keindahan dan sensasi yang didapatkan lebih mahal dibandingkan biaya masuk.

Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil atau paket wisata Jogja yang memberikan paket wisata lengkap ke Bukit Paralayang Parangtritis. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour

Sudah Nyunset di Bukit Paralayang Watu Gupit?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *