Bukit Pengilon, Wisata Alam di Jogja Yang Bikin Baper

Bukit Pengilon – Pernahkah anda berimajinasi pergi ke suatu tempat yang sangat eksotis seperti padang rumput yang luas, bukit atas yang tinggi, pantai lepas yang sangat indah, dan sebagainya? Pemandangan-pemandangan seperti itu sering sekali kita saksikan di film-film dengan latar tempat luar negeri seperti New Zealand atau Wales. Namun tahukah anda, ternyata Indonesia juga memiliki tempat-tempat yang tidak kalah indahnya seperti yang anda lihat di film-film tersebut? Ya, tempat seperti itu berada di daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

Bukit Pengilon – Photo by @erika.cndy

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Bukit Pengilon

Lokasi Bukit Pengilon

Gunungkidul selalu mempersembahkan tempat wisata yang sangat alami dan semakin hari semakin banyak bermunculan seperti pantai yang satu ini yaitu Pantai Bukit Pengilon atau Pengilon Hill. Untuk lokasi atau alamat Bukit Pengilon berada di daerah dusun Ngelo, berada di desa Balong, di kecamatan Girisubo, berada di kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta. Pantai Bukit Pengilon Kabupaten Gunungkidul ini berada berdekatan dengan pantai-pantai yang sudah lama lebih terkenal seperti Pantai Watu Lumbung dan juga di sisi baratnya ada Pantai Banyu Nibo. Pantai Bukit Pengilon berada di kaki Gunung Api Purba Batur yang dulunya pernah aktif pada ribuan tahun yang lalu.

Bukit Pengilon merupakan perbukitan yang luas ditumbuhi oleh rumput yang hijau dan seperti di Padang rumput. Nama dari Bukit Pengilon ini diambil karena ada batu yang menyerupai Pengilon atau dalam bahasa Indonesianya adalah cermin. Pantai Bukit Pengilon ini tidak seperti halnya pantai di Gunungkidul lainnya yang memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, namun di sini hanyalah bukit dengan hamparan rumput yang sangat hijau dan dis sisi sebelahnya adalah laut yang sangat luas.

Yang menarik dari Bukit Pengilon ini adalah suasananya yang berada di kaki dari Gunung Api Purba Batur dengan angin khas laut selatan dengan hamparan rumput hijau dan sangat cocok sekali untuk berkemah atau melakukan camping di Bukit Pengilon ini. Perpaduan nuansa alam dan laut di sini sangat mempesona bagi setiap pengunjungnya. Walaupun jalan ke bukit pengilon medannya sangat sulit sekali, namun perjuangan para pengunjung untuk sampai ke daerah perbukitan ini tidak akan sia-sia dengan sajian pemandangan di bukit pengilon ini.

Melakukan kegiatan perkemahan atau camping di bukit Pengilon merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona di bukit ini. Namun perlu diperhatikan pula bahwa angin disini terasa cukup kencang sehingga harus berhati-hati. Camping di tempat ini pula akan memberikan sensasi yang berbeda, sebab kita bisa menyaksikan sunrise sekaligus sunset di kala fajar dan senja. Namun, jika anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk bermalam di Bukit Pengilon, anda tetap bisa menikmati pesona tempat ini. Cukup duduk-duduk saja di padang rumput yang luas sembari menikmati keindahan alam yang tertera akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman yang sangat terbaik.

Rute Menuju Bukit Pengilon

Untuk rute bukit pengilon ini sebaiknya melalui jalur wediombo kemudian melewati jalan corblok yang kanan dan kirinya adalah lading warga penduduk atau jika anda merasa kebingungan, anda bisa bertanya kepada warga setempat. Mereka akan memberitahu arah menuju bukit pengilon. Bertanyalah dengan sopan sehingga mereka dapat memberikan informasi yang kita butuhkan. Setelah melewati jalur wediombo kita bisa juga melalui jalur depan balai desa Balong ke selatan melalui jalan cor blok yang jaraknya kurang lebih 6 kilometer.

Bukit Pengilon – Photo by @zeremiasihombing

Harga Tiket masuk Bukit Pengilon

Untuk tiket masuk Bukit Pengilon ini cukup membayar Rp. 5000 di pos retribusi serta tarif parkir untuk motor seharga Rp. 2000 dan mobil seharga Rp. 5000, biaya ini sangat terjangkau untuk dikeluarkan. Dari parkiran Pantai Watu Lumbung, kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki dengan jalan yang cukup terjal, selain itu jalan setapak ini cukup sempit dan kanan kiri ada jurang.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Diperlukan kewaspadaan ketika melewati area ini, jangan sampai terjatuh ke jurang. Perjalanan mengikuti jalan ketika akan turun ke Pantai Watu Lumbung setelah ada warung kecil, kita dapat mengambil jalur ke arah barat. Setelah itu kita bisa bertanya kepada warga setempat untuk mendapatkan informasi mengenai jalur menuju bukit Pengilon ini. Karena hanya ada satu jalur setapak kecil yang bisa kita ikuti. Itu adalah jalur yang harus ditempuh agar kita tidak tersasar.

Ketika melakukan perjalanan menyusuri pinggiran bukit untuk bisa sampai ke bukit Pengilon, akan terlihat satu pantai yang memiliki air terjun yang indah dan langsung jatuh ke pinggiran pantai. Kondisi jalannya terdapat jalan setapak yang mempermudah kita untuk menyusuri jalan menuju bukit Pengilon ini.

Di sepanjang jalan menuju bukit Pengilon, kita telah berada di kaki bukit gunung api purba Batur dan di sebelah selatan adalah laut lepas. Di dalam perjalanan, kita tidak akan merasa lelah karena pemandangan alam yang indah telah menghipnotis kita untuk tetap berjalan. Disini juga kita akan menjumpai gubuk-gubuk para petani yang dibuat untuk singgah ketika mereka sedang beristirahat. Setelah cukup lama menempuh perjalanan yang terjal dan banyak semak-semak belukar, kia akan sampai ke tempat tujuan kita yaitu Bukit Pengilon.

Dari puncak atas bukit Pengilon ini, jika melihat ke arah barat, terdapat Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung, tetapi jika melihat ke arah sisi timur, akan terlihat dengan begitu jelas sekali terdapat Pantai Wediombo dan juga Pantai Watu Lumbung. Sungguh luar biasa sekali kita juga dapat melihat kapal tongkang yang melintas di perairan Samudera Hindia ini. Pantai Bukit Pengilon ini juga bagus untuk spot memancing dan juga tempat camping, namun jagalah lingkungan kita kalau kita hendak melakukan kegiatan di tempat ini.

Fasilitas yang ada di Bukit Pengilon

Fasilitas di bukit Pengilon sama sekali belum banyak ada karena tempat ini merupakan tempat alam yang bebas, jadi akan lebih baik jika anda menyiapkan perbekalan dari rumah seperti makanan juga minuman yang cukup karena medan yang sangat sulit dan jauh akan sangat menguras tenaga sekali, terutama jika anda berencana untuk camping disini. Ketika anda melakukan camping, anda juga dapat melihat pemandangan bukit Pengilon sunset dari atas bukit. Tentu melihat sunset adalah salah satu kegiatan yang paling banyak digemari masyarakat yang gemar berpergian ke alam.

Di daerah Gunungkidul, Yogyakarta terdapat ratusan hotel yang menjadi pilihan untuk menginap ketika akan melanjutkan perjalanan menuju bukit ini. Ada hotel dengan harga yang biasa hingga hotel dengan kelas bintang lima. Sewa mobil disini pun tidak kalah murahnya. Mulai dari harga 200.000 rupiah, anda bisa menyewa mobil untuk diantarkan ke lokasi Bukit Pengilon.

Bukit Pengilon – Photo by @dyahsofi

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Bukit Pengilon

Bagaimana? Sudahkah anda memiliki rencana untuk berlibur ke Bukit Pengilon? Bagi anda yang sangat senang sekali melakukan perjalanan ke alam-alam dengan menyusuri jalanan-jalanan agak terjal serta melewati hutan rimba, bukit Pengilon menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk menikmati keindahan alam karena tidak kalah indahnya dengan bukit-bukit lainnya. Anda tidak akan merasa rugi ketika memutuskan untuk berlibur ke Bukit Pengilon ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.