Puncak Kosakora Gunungkidul

Bukit Puncak Kosakora Gunungkidul Tempat Selfie Asik

Bukit Puncak Kosakora Gunungkidul – Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Kota Yogyakarta yang memiliki beberapa tempat-tempat wisata alam yang unik dan indah. Tempat-tempat wisata tersebut kebanyakan berupa pantai dan goa. Tapi tidak hanya itu saja, gunung kidul memiliki beberapa wisata bukit yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dengan sajian keindahan-keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Bukit Kosakora atau bisa disebut juga sebagai Puncak Kosakora yang berada di kawasan Pantai Drini.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Puncak Kosakora

Bukit Kosakora memiliki ketinggian kurang lebih 50 Mdpl di atas permukaan laut. Walaupun tidak terlalu tinggi, Bukit Kosakora ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga tetap bisa anda nikmati dari atas bukit ini. Jika anda pernah mengunjungi atau tahu tentang Bukit Merese yang berada di daerah Lombok, tentu saja pasti anda sudah bisa membayangkan bagaimana pemandangan di Puncak Kosakora yang tidak jauh berbeda dengan yang berada di Bukit Merese tersebut. Lokasinya yang berada di pinggir laut ini membuat pemandangan dari Puncak Kosakora terlihat sangat mempesona. Di puncaknya juga kita bisa melihat hamparan laut biru yang terbentang luas dan perbukitan di Gunung Kidul. Di Puncak Kosakora ini juga kita tidak hanya melihat pemandangan laut saja, jika kita melihat ke arah timur, maka kita akan melihat sebuah pantai yang indah yaitu Pantai Kukup, sedangkan di arah barat, kita bisa melihat Pantai Drini. Jika berada di atas puncak Bukit Kosakora ini, kita dapat menikmati betapa indahnya pemandangan sunrise atau matahari terbit dan juga sunset atau matahari terbenam dari arah Gunung Kidul, bahkan Mercusuar sekalipun yang letaknya jauh, dapat kita lihat juga dari atas puncak Bukit Kosakora ini! Sunset kosakora sangat indah untuk dinikmati dan dapat menjadi objek foto pemandangan yang bagus untuk diunngah di sosial media.

Puncak Kosakora adalah hasil fenomena eksokarst lain di daerah Gunung kidul. Sebuah bukit karst yang berada dalam satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik Gunung kidul menjadikan pantai kosakora wonosari ini menjadi daerah berkumpulnya pantai-pantai yaitu Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup dan Mercusuar Pantai Baron yang terletak jauh di sebelah barat. Semua pantai-pantai itu dapat terlihat dari atas bukit ini. Bukit yang dulunya begitu sunyi itu, kini telah menjadi buah bibir banyak orang terutama para traveler alam yang ingin menikmati keindahan panoramanya atau sekedar ingin berfoto selfie dengan latar pemandangan pantai selatan dari ketinggian puncak kosakora seolah-olah berada di sebuah savana.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini tujuannya adalah untuk melakukan camping. Camping kosakora adalah sebuah aktivitas perkemahan yang sering di lakukan di bukit kosakora. Lahan di sini begitu luas hingga cukup untuk menampung lebih dari 5 buah tenda besar. Sangat cocok sekali untuk diadakan acara camping ceria di bukit ini. Jika anda tidak membawa tenda dari rumah, anda bisa menyewa tenda yang ada di kawasan ini dengan harga 60.000 rupiah untuk tenda kecil dan 100.000 rupiah untuk tenda besar.

Lokasi Puncak Kosakora

Lokasi Bukit Kosakora secara lengkap berada di daerah Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk rute puncak kosakara ini sendiri dapat dilalui dengan beberapa rute pilihan. Dari kota Yogyakarta mempunyai jarak kurang lebih 75 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat tiga rute yang dapat ditempuh untuk menuju puncak Kosakora ini.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Puncak Kosakora

Untuk rute puncak kosakora gunungkidul yang pertama dari Kota Yogyakarta :

  • pergilah ke arah Piyungan
  • lanjutkan hingga sampai di Patuk
  • teruskan perjalanan sampai di Gading
  • jalan terus hingga menuju Wonosari
  • belok ke arah jalan Baron hingga menuju daerah Baron
  • Lanjutkan perjalanan hingga menuju arah ke pantai Kukup
  • dari pantai Kukup, arahkan kendaraan menuju pantai Drini yang letaknya tidak begitu jauh
  • Lanjutkan perjalanan anda dengan berjalan kaki ke arah timur melalui pantai Ngrumput
  • Anda telah sampai di Puncak Kosakora

Untuk rute puncak kosakora yang kedua dari Kota Yogyakarta :

  • Pergi ke daerah Bantul
  • Teruskan perjalanan hingga menuju Parangtritis
  • lanjutkan ke Panggang
  • lalu terus saja hingga menuju Saptosari
  • Dari sini, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Baron
  • lalu teruskan hingga menuju arah ke pantai Kukup
  • Dari pantai kuku panda bisa langsung menuju Pantai Drini.
  • Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah pantai Ngrumput yang berada di sebelah timur dari pantai Drini
  • teruskan berjalan hingga anda mencapai ke tempat wisata Puncak Kosakora

Untuk rute bukit kosakora yang ketiga hampir sama dengan rute pertama. Dari kota Yogyakarta :

  • Ke arah Piyungan
  • Dilanjutkan dengan ke Patuk
  • Lalu ke Gading
  • Teruskan perjalanan hingga ke Siono
  • Lalu belok ke arah menuju Wonosari
  • Dari sini pergilah ke arah jalan Baron, ketika di pertigaan mulo, ambil arah ke kiri
  • Anda akan sampai di Tepus, lalu ambillah arah ke kanan menuju Pantai Indrayanti
  • Sesudah sampai di Indrayanti, teruskan sampai di Sundak hingga ke Krakal
  • Dari Krakal, anda bisa langsung lanjut ke Pantai Drini, lalu berjalanlah menuju arah timur dari pantai Drini
  • Kemudian anda akan menemui pantai Ngrumput lalu bukit timurnya
  • Teruskan saja berjalan hingga anda menuju Puncak Kosakora

Untuk jalan menuju puncak kosakora ini berjarak sekitar 2 km dari pantai Drini dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan kaki. Jika air pantai sedang surut, anda bisa berjalan menyusuri pantai kemudian melewati pantai Ngrumput, bukit di sebelah timur dari pantai Ngrumput adalah puncak Kosakora. Tetapi, jika cuaca sedang mendung atau hujan, anda bisa berjalan menyusuri bukit dari arah timur pantai Drini karena jalurnya tidak terlalu terjal dan licin sehingga mudah untuk dilalui. Di sini, sudah ada jalur dengan jalan setapak yang akan memudahkan anda untuk mencapai lokasi. Namun jaraknya lebih jauh dan lebih memakan waktu yang cukup lama tentunya.

Baca juga: Sewa Mobil Jogja ke Bukit Puncak Kosakora Gunungkidul

Harga Tiket Masuk Bukit Puncak Kosakora Gunungkidul

Jika anda adalah wisatawan dari luar kota Jogja dan ingin menggunakan kendaraan umum, berikut ini adalah jalur kendaraan umum yang harus anda tempuh. Dari Kota Yogyakarta, naiklah kendaraan umum menuju terminal Giwangan, kemudian ambil bus jurusan Wonosari (ongkos transportasi bus per orang adalah Rp. 9.000;). Sesampainya di terminal Wonosari (selang), Carilah mini bus jurusan Kemadang (ongkos transportasi bus per orangnya adalah Rp. 10.000;). Sesampainya di kemadang, teruskan perjalanan anda menggunakan ojek untuk menuju Pantai Drini (biasanya ongkos ojek kurang lebih adalah Rp. 30.000; per orang, atau anda bisa menyesuaikan kesepakatan harga yang anda tawarkan dengan tukang ojeknya).

Penting sekali untuk diingat bahwa kawasan bukit kosakora ini tidak menyediakan warung yang menjual makanan dan minuman. Maka dari itu, siapkanlah perbekalan perjalanan anda sebaik mungkin karena perjalanan menuju bukit ini akan menguras cukup banyak tenaga anda. Selain itu, jagalah kebersihan selalu dan jangan pernah membuang sampah sembarangan agar lingkungan alam yang indah ini tidak tercemar.

Bagaimana ingin liburan ke puncak bukit kosakora? yuk intip detailnya paket wisata jogja ke puncak kosakora bersama NiagaTour, buktikan paket wisata yogyakarta dengan harga murah dan ndak ribet.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.