Pemandangan Eksotis dari Wisata Bukit Sarangan

Bukit Sarangan – Masih di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Di dekat pantai Krakal dan Pantai Sarangan, terdapat spot foto pemandangan yang menarik untuk dikunjungi yaitu Bukit Sarangan. Dari atas puncak sarangan tersebut, anda dapat menikmati sunrise dan sunset yang sangat memukau. Bukit ini bentuknya agak menjorok ke arah laut, serta di sekelilingnya bukit ini dikelilingi oleh pemandangan laut.

Bukit Sarangan – Photo by @armanunited

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Bukit Sarangan

Selain itu, dari satas bukit ini anda bisa melihat dengan jelas pemandangan seluruh permukaan pantai krakal dan pantai sarangan, selain itu anda juga bisa melihat pemandangan pantai-pantai yang berdekatan lainnya seperti Pantai Slilli, Sadranan, Ngandong, Sundak, Song mandeng, Pulang Sawal. Sungguh merupakan spot yang sangat strategis untuk menikmati semua keindahan wisata alam tersebut.

Bukit Parang Racuk yang berada tepat di sebelah barat dari pantai Baron pun juga dapat anda saksiskan pemandangannya secara jelas meskipun terlihat dari kejauhan. Hamparan pepohonan dan dedaunan hijau yang menghiasi daerah perbukitan sebelah utara juga dapat anda lihat dengan begitu indahnya. Daerah pemukiman penduduk pun juga bisa memanjakan mata anda.

Bukit Sarangan – Photo by @ajex_extrada

Tentu saja, pemandangan-pemandangan yang sangat menawan itu juga menjadi salah satu tempat diselenggarakannya kegiatan potret memotret bagi para fotografer alam untuk menghasilkan view yang bagus. Dan bagi yang suka melakukan camping atau perkemaha, anda juga bisa mendirikan tenda-tenda kecil di sana.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Untuk mencapai lokasi Bukit Sarangan ini, anda bisa menempuh perjalanan sejauh 200 meter dengan berjalan kaki atau sekedar naik motor, karena sudah terdapat jalan setapak khusus yang dibuat untuk melalui jalan ini. Bagi anda yang membawa kendaraan beroda empat, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir pantai sarangan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalana kaki menuju bukit ini.

Sebelumnya, tmpat ini tidak dibangun akses jalan khusus untuk menuju tempat ini. Namun, karena wilayah ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, akhirnya pada tahun 2012, pemerintah Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta berinisiatif membangun jalan setapak agar bisa dilalui oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini. Rute menuju Bukit Sarangan juga terbilang mudah.

Bukit Sarangan – Photo by @indrawijaya

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Bukit Sarangan

Hal yang paling menakjubkan apabila anda pergi mengunjungi pantai di sekitaran bukit ini adalah, anda akan menjumpai lapisan pasir putih yang menyelimuti pantai di sekitar perbukitan yang bisa anda lihat secara jelas dan seksama. Jajaran perbukitan yang menjulang tinggi di sini telah menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat yang khas di Gunungkidul.

Fasilitas yang berada di kawasan ini cukup lengkap. Terdapat toilet, tempat ibadah, warung penyedia makanan, dan juga penginapan bagi para wisatawan yang ingin menginap. Jika anda tidak suka menginap di dalam penginapan dan ingin mencoba menyatu dengan alam, anda bisa melakukan camping di sini bersama teman-teman dan juga kerabat terdekat anda. Harga tiket masuk Bukit Sarangan tidak merogoh saku anda dalam-dalam alias sangat murah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *