Nostalgia di Bukit Teletubbies Jogja

Bukit Teletubbies – Kita pasti tahu film teletubbies yang sering kita tonton sewaktu kecil dulu. Acara televise yang menampilkan empat tokoh boneka lucu berwarna ungu, hijau, kuning, dan merah yang dilengkapi dengan tabung televise di perut mereka. Mereka adalah Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po. Dalam serial tersebut, mereka tinggal di sebuah rumah unik berbentuk separuh bola atau dome dan pada film tersebut, terdapat bukit hijau yang rapi dan indah. Ternyata, di Indonesia khususnya daerah Jogja, terdapat bukit yang mirip dengan bukit di film teletubbies.

Bukit Teletubbies – Photo by @aprilestarinaina

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Bukit Teletubbies

Namanya adalah Bukit Teletubbies Jogja atau bukit teletubbies prambanan karena letaknya yang berada di dekat daerah candi prambanan daerah Sleman, Jogjakarta. Di tempat ini terdapat sebuah perkampungan yang rumah-rumah penduduknya menyerupai teletubbies. Komplek rumah-rumah tersebut dikenal dengan nama Kompleks Rumah Dome, namun banyak juga warga yang menyebutnya sebagai Desa Teletubbies. Jika anda berkunjung ke Jogjakarta, sempatkanlah diri anda untuk berkunjung ke bukit teletubbies ini. Karena lokasi bukit ini tidak jauh dari objek wisata candi prambanan. Anda bisa berkunjung ke desa teletubbies ini dulu untuk melihat rumah-rumah penduduk, lalu melanjutkan perjalanan menuju bukit teletubbies yang letaknya tidak jauh dari desa ini.

Awalnya, rumah-rumah dome yang berada di bukit teletubbies ini dibangun sebagai tempat tinggal untuk para warga desa setelah terjadi gempa besar pada tahun 2006 yang dialami oleh Kota Jogja pada saat itu. Arsitektur rumah ini dirancanguntuk tahan terhadap gempa dan tahan terhadap api. Sejak saat itu, warga mulai tinggal di rumah dome ini.

Bentuk rumah yang unik ini membuat desa teletubbies ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Mereka penasaran akan isi dari rumah dome tersebut. Meskipun bentuknya kecil, rumah dome ternyata memiliki beberapa ruang dan juga ada yang mimiliki dua lantai. Saat panas terik melanda, udara di rumah dome akan terasa dingin, sebaliknya saat hujan lebat, penghuninya kan terasa hangat. Selain rumah-rumah penduduk, ada juga sarana umum lain seperti mushola untuk muslim, klinik, dan aula yang berbentuk kubah berukuran besar.

Pada hari minggu atau tanggal merah, biasanya akan ada orang yang mengenakan kostum badut teletubbies yang lucu. Sehingga wisatawan yang datang berkunjung ke sana dapat berfoto sambil berpose bersama badut-badut Teletubbies. Sungguh sangat menarik bukan? Kapan lagi bisa berfoto dengan badut teletubbies yang sering kita lihat di televisi di desa teletubbies pula. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru untuk dikunjungi. Selain itu, para wisatawan juga dapat mencicipi menaiki kereta kelinci untuk mengelilingi perkampungan.

Bukit Teletubbies – Photo by @rita_mdl

Bukit teletubbies prambanan merupakan salah satu tempat wisata yang baru di kota Jogjakarta ini. Bukit Teletubbies Prambanan ini tempatnya sangat dekat sekali dengan tempat wisata tebing breksi dan tempat wisata candi ijo yang berada di prambanan. Di atas Bukit ini, anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang cantik.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Bukit Teletubbies

Lokasi Bukit Teletubbies tepatnya berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, kabupaten Sleman, Jogjakarta. Dari kota Jogja, jarak yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi bukit teletubbies adalah sekitar 21 km. Untuk mencapai lokasi Bukit Teletubbies kita bisa menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, atau kendaraan pribadi lainnya. Lama perjalanan dari kota Jogja menuju bukit teletubbies ini kurang lebih akan memakan waktu sekitar lebih dari 1 jam perjalanan. Alamat bukit teletubbies Jogja secara lengkap adalah Wukirharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572.

Bukit Teletubbies prambanan memiliki pemandangan alam yang sangat indah untuk dilihat. Selain melihat pemandangan alam yang indah, kita dapat menikmati menghirup udara segar dan sejuk disini. Di bukit teletubbies prambanan pula kita dapat menaiki menara pandang yang lumayan tinggi. Kita dapat melihat hijaunya alam, tingginya gunung, serta keindahan kota Jogja dari menara pandang bukit teletubbies prambanan. Dan dari tempat ini juga kita akan bisa melihat perkampungan atau rumah teletubbies prambanan. Saat pagi hari, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Jogja yang tertutup kabut. Sedangkan pada saat sore hari kita bisa melihat betapa indahnya matahari terbenam dari atas menara pandang. Menara Pandang bukit teletubbies prambanan ini menjadi spot paling favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Dengan menaiki menara pandang, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan kota Jogjakarta. Banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan tempat ini dan ingin berfoto di atas menara pandang bukit teletubbies prambanan.

Rute Menuju Bukit Teletubbies

Rute menuju Bukit Teletubbies joga cukup mudah untuk dijangkau. Walupun tempat ini disebut bukit, lokasi untuk menuju tempat ini terbilang mudah untuk dijangkau oleh kita. Terlebih untuk anda yang sudah pernah berkunjung ke perkampungan Dome Teletubbies. Dari perkampungan, kita tinggal keluar gerbang saja ke perkampungan dan ambil arah kiri lalu ikuti plang petunjuk “Bukit Teletubbies”. Untuk lebih lengkapnya, ada dua rute yang bisa ditempuh untuk menuju bukit teletubbies Jogja.

Rute pertama :

  • dari kota Jogja, pergilah ke jalan Sultan Agung,
  • lanjutkan hingga menuju jalan Kusumanegara lalu diteruskan ke arah jalan janti,
  • lanjutkan lagi hingga ke jalan Maguwo,
  • lalu pergilah ke Jalan raya Berbah,
  • teruskan hingga ke jalan Piyungan,
  • lalu beloklah ke kiri dan terus saja sampai di perempatan Jlatren, lalu belok kanan,
  • lurus saja mengikuti papan petunjuk menuju tempat wisata bukit teletubbies.

Untuk rute yang kedua :

  • dari Kota Jogja pergilah ke Jalan Sultan Agung lalu ke jalan Kusumanegara,
  • setelah itu beloklah ke jalan Gedong Kuning,
  • teruskan hingga ke jalan Jogja-Wnosari,
  • ketika sampai di pertigaan Piyungan beloklah ke kiri,
  • lanjutkan terus hingga sampai di perempatan Jlatren lalu belok kanan lurus kemudian ikuti papan petunjuk menuju obyek wisata bukit Teletubbies.

Rute manapun yang anda pilih, jangan lupa untuk melihat papan petunjuk yang tertera di jalan agar sampai ke tempat tujuan.

Meskipun tempat ini mudah dijangkau, perlu dicatat bahwa lokasi ke bukit ini lumayan terjal dan berliku. Sama seperti melakukan perjalanan ke bukit-bukit lainnya yang memiliki jalanan terjal. Jalanannya sendiri pun hanya bisa diakses oleh kendaraan beroda dua. Namun janganlah jadikan itu sebagai alasan untuk mengurungkan niat untuk datang ke tempat ini. Setelah kurang lebih 10 menit berjalan, kita bisa menikmati udara sejuk kota Jogja yang jauh dari kebisingan dan polusi. Bonusnya lagi, kita bisa berfoto di depan tulisan “Bukit Teletubbies”.

Bukit Teletubbies – Photo by @gabara_adv

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Bukit Teletubbies

Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies

Ketika memasuki lokasi bukit, pengunjung cukup membayar tiket masuk Bukit Teletubbies berupa parkir dan memberikan dana sukarela ke rumah terakhir yang dekat dengan pendakian bukit. Untuk harga tiket parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 dan untuk mobil dikenakan biaya seharga Rp. 5.000. Di lokasi ini, pengunjung dapat bersantai, memanjakan mata melihat pemandangan, dan hidung menghirup udara segar. Namun ketika cuaca sedang panas dan terik akan membuat suasana di tempat ini menjadi kurang nyaman untuk berlama-lama. Karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah pada pagi hari dan sore hari sembari menunggu sunset di ufuk barat kota Jogja, sangat direkomendasikan untuk para pemburu sunset.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *