Bukit Klangon, Spot Camping Seru Dengan Pemandangan Latar Belakang Lava Pijar

Wisata Bukit Klangon YogyakartaTiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Bukit Klangon. Ketika berlibur di Jogja, Anda tidak hanya bisa berlibur di pantai yang ada di Gunung Kidul namun juga berlibur ke bagian utara yaitu di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di kabupaten ini tepatnya di sekitaran Gunung Merapi terdapat bukit yang disebut dengan Bukit Klangon. Tempat ini terkenal sebagai tempat untuk camping atau kemah, jadi Anda bisa menggunakan paket wisata Jogja untuk mengantar Anda ke tempat wisata ini.

Wisata Bukit Klangon Yogyakarta

Merasakan Sensasi Berkemah dengan Background Merapi di Bukit Klangon

Ada banyak wisata di sekitar Merapi dan salah satunya adalah Bukit Klangon. Bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata yang semenjak jalur pendakian ditutup, semakin banyak dikunjungi. Salah satunya adalah karena di tempat ini tidak hanya bisa berkemah namun juga melihat matahari terbit, ataupun mengabadikan pemandangan Merapi.

Wisata alam ini pertama kali dibuka tahun 2011. Awalnya dikelola oleh pemerintah kabupaten setempat dan warga sekitar. Namun, karena semakin banyak orang yang datang ke lokasi wisata ini, maka pemeliharaan dan pengembangan wisata semakin diperbaiki.

Bukit yang disebut juga sebagai Bukit Glagaharjo ini memiliki gardu pandang yang tingginya 5 meter. Gardu pandang yang terbuat dari kayu ini memungkinkan Anda untuk lebih bisa lebih  leluasa melihat pemandangan. Hijaunya daerah sekitar Bukit Glagaharjo dipadukan dengan cerahnya langit yang berwarna biru, memberikan kesan eksotis tersendiri. Dengan berdiri di gardu pandang tersebut, seolah Anda juga lebih dekat dengan Merapi.

Daerah Bukit Klangon Yogyakarta ini bahkan sudah mendapatkan sumbangan dari Riotary Internasional. Dana yang diperoleh tersebut dipergunakan untuk mengembangkan desa wisata minat khusus. Sehingga membantu untuk memajukan perekonomian warga sekitar.

Selain itu ada daya tarik lainnya di kawasan ini yang tidak dimiliki di tempat lain. Yaitu trek downhill. Lintasan untuk downhill atau turun bukit dengan menggunakan sepeda di tempat ini adalah yang terbaik di Yogyakarta. Perpaduan antara rintangan yang menantang dan pemandangan alam, membuat proses downhill selama 1,5 jam menjadi tidak terasa. Tidak heran jika di tempat ini kerap dijadikan untuk area balapan sepeda gunung (MTB) untuk skala regional ataupun nasional.

Karena itu jika Anda memiliki hobi bersepeda apalagi sepeda gunung atau memiliki hobi yang memacu adrenalin, ANda bisa mencoba untuk berkendara di bukit ini. mulai dari atas hingga ke bawah dan Anda akan mendapatkan sensasi baru. Apalagi track downhill ini juga memiliki tingkat elevasi star dan finish yang kurang dari 300 meter.

Disediakan tempat lapang yang memang khusus dipergunakan untuk berkemah. Jika Anda ingin berkemah di alam bebas dan dengan suasana yang sepi, sebaiknya anda datang saat hari biasa yaitu senin-kamis. Karena weekend cenderung banyak yang ke kawasan ini untuk berlibur atau untuk berkemah.

Ketika datang ke tempat wisata ini, Anda tidak hanya bisa bersepeda dan berkemah namun juga berfoto. Untuk mendapatkan foto yang bagus, apalagi dengan perpaduan semburat warna orange dan biru, anda sebaiknya datang di pagi hari. Akan beruntung jika pagi harinya cerah dan tidak ad kabut atau awan yang menutupi pemandangan Merapi.

Anda bisa mengadakan acara khusus misalnya jambore, namun sebaiknya hubungi pengelola terlebih dahulu sebelum kegiatan dilaksanakan. Dengan begitu, acara yang Anda lakukan tersebut akan lebih lancar, aman dan nyaman.

Lokasi Wisata Bukit Klangon Yogyakarta

Lokasi Bukit Klangon berada di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda bisa datang ke tempat ini kapan saja karena tempat ini buka 24 jam. Sehingga jikapun Anda baru pulang kantor jam 6 sore lalu berniat camping dan berangkat jam 8 malam, Anda masih bisa untuk berkemah.

Rute Wisata Bukit Klangon Yogyakarta

Bukit Klangon berada di atas dan dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jarak sekitar 30 menit. Butuh waktu sekitar 30-45 jam jika jalanan lancar. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan travel. Untuk bus besar, belum memungkinkan untuk mencapai tempat ini. Namun, jika mobil travel masih bisa memungkinkan untuk Anda sampai ke Bukit Glagaharjo.

Untuk sampai di Bukit Klangon, Anda harus bersiap untuk melewati jalan dengan kondisi yang kurang baik. Tidak hanya disebabkan karena cuaca namun juga karena untuk jalur truk yang membawa muatan seperti pasir. Terdapat juga jalanan dengan tanjakan yang cukup berliku sehingga perlu kemampuan berkendara yang mumpuni.

Untuk Rute bukit Klangon, jika Anda dari arah Kaliurang, Anda naik hingga pertigaan ke Kaliadem lalu belok kanan. Dari pertigaan tersebut yang menuju ke lokasi The Lost World Castle, Anda belok kanan. Kemudian di pertigaan yang selanjutnya, Anda belok kiri hingga nantinya menemukan plakat Bukit Klangon. Anda hanya perlu mengikuti jalanan tersebut.

Sedangkan jika Anda dari gerbang tol Colomadu, Anda hanya perlu lurus hingga sampai ke lampu merah setelah RS Bhayangkara atau setelah Candi Kalasan. Belok ke kanan. Lalu lurus saja hingga Cangkringan dan belok kanan. Ketika sampai jembatan Besar yang ada Batu Besar di tengah jalan, Anda belok ke kiri lalu lurus saja hingga atas. Nanti tinggal mengikuti petunjuk jalannya.

Fasilitas Wisata Bukit Klangon Yogyakarta

Belum ada fasilitas khusus seperti tempat penginapan karena lokasinya yang diperuntukkan untuk membangun tenda dan memang karena peraturan dari desa. Yaitu tidak boleh ada hotel dan penginapan. Namun, ada fasilitas wisata Bukit Klangon yang dapat dipergunakan oleh pengunjung. Salah satunya adalah penyewaan tenda. Sehingga jika Anda tidak sempat membawa atau tidak memiliki tenda namun ingin berkemah, Anda bisa menyewa tenda di kawasan bukit ini.

Di sekitar bukit ini juga terdapat fasilitas untuk wisata seperti menggunakan jeep. Ada paket wisata tersendiri untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan tujuan yang berbeda. Sehingga Anda bisa memilih paket mana yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Ada pula penyewaan sepeda MTB. Dengan begitu, jika Anda ingin mencoba untuk melakukan downhill sebelum Anda membawa sepeda sendiri dari rumah, Anda bisa menyewa di tempat ini.

Selain itu, terdapat fasilitas umum yang disediakan untuk pengunjung, diantaranya :

  • Lahan parkir yang cukup luas.
  • Gardu pandang yang bisa dipergunakan tidak hanya untuk mengamati Gunung Merapi namun juga untuk berfoto.
  • Lintasan downhill dengan panjang sekitar 20 km.
  • Mushola.
  • Toilet.
  • Warung makan.

Harga Tiket Masuk WIsata Bukit Klangon Yogyakarta

Hingga saat ini, Anda bisa masuk ke Bukit Klangon tanpa ada biaya retribusi atau gratis. Anda hanya perlu untuk membayar parkir dengan besar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, jika Anda hendak menyumbang, misalnya agar lokasi wisata semakin baik, Anda bisa menyumbang berapapun. Dana tersebut akan dipergunakan untuk biaya kebersihan dan perawatan lokasi wisata.

Jadi siap liburan dengan paket wisata Jogja ke Bukit Klangon? Anda bisa juga memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour. Jika iya, segera pastikan momen wisata Anda segera terealisasikan dengan persiapan yang matang dan harga terjangkau.

Sudah Wisata ke Bukit Klangon?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *