Eksotisnya Obyek Wisata Candi Abang

Candi Abang – Jika anda berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengisi liburan anda di desa wisata candi abang. Desa ini menawarkan pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang memiliki kawasan perbukitan yang membentang luas. Anda bisa menikmati keindahan alam dari pertanian serta perkebunan di sini. Kawasan rerumputan hijau ini begitu luas sehingga anda bisa bebas mengelilingi wilayah ini sambil berfoto bersama teman-teman dan keluarga anda.

Candi Abang – Photo by @maylanapertiwi2

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Candi Abang

Di sini terdapat candi abang yang merupakan peninggalan dari kerjaan hindu dan merupakan salah satu lokasi yang paling bersejarah di kawasan ini. Selain itu, ada juga goa sentono dan goa Jepang yang benar-benar menjadi bukti sejarah bahwa dulu Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Jepang. Ada juga gunung suru yang menjadi mitos istana dari para tuyul di lokasi tersebut.

Lokasi Candi Abang

Lokasi candi abang berada di dusun sentonorejo desa Jogotirto kecamatan Berbah Kabupaten Sleman Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke 19 di zaman kerajaan Hindu dari mataram kuno. Candi ini berbentuk bukit yang ditumbuhi rerumputan hijau dengan bangunannya yang terbuat dari batu bata yang kokoh dan dibentuk menyerupai pyramid. Maka dari itu candi ini dinamakan candi abang karena dalam bahasa jawa, abang berarti batu bata berwarna merah.

Dari kejauhan, candi ini nampak seperti gundukan tanah yang menjulang tinggi menyerupai bukit yang kecil. Sehingga candi ini sering disebut sebagai bukit teletubies karena bentuknya yang mirip dengan bukit yang ada di film anak-anak teletubies. Di bukit ini para pengunjung dapat berfoto dengan bebas dan berjalan-jalan menyusuri sekitar bukit.

Candi Abang – Photo by @jihad_mozotcyk

Tidak jauh dari lokasi candi abang, anda juga bisa mengunjungi goa Jepang dan goa sentono. Beberapa informasi mengatakan bahwa goa Jepang dibangun sebelum tahun 1945 saat penjajahan Jepang ke Indonesia terjadi. Namun tujuan pembangunan goa ini tidak begitu jelas alasannya dikarenakan minim sekali informasi yang didapat mengenai goa Jepang ini.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Goa sentono merupakan goa yang terbuat dari batu-batuan alam yang dulu digunakan sebagai tempat bersemedinya orang-orang hindu pada zaman dahulu. Goa ini dibangun sekitar abad ke 9 dan ke 10 pada masa kerjaan mataram kuno. Di sekitar sisi goa nya terdapat relief gambar dari bentuk dewa-dewa agama Hindu.

Rute Menuju Candi Abang

Rute menuju candi abang dapat ditempuh dengan melewati jalanan utama Jogja Solo hingga kilometer ke 14 terdapat sebuah daerah kalasan, dari daerah tersebut belok ke jalan piyungan dan ikuti alur jalan tersebut hingga sampai di perempatan ke tiga, kemudian anda akan sampai di SMP 1 Berbah. Di sebelah kanan jalan, anda akan menemui lokasi candi abang berada.

Harga Tiket Masuk Candi Abang

Untuk harga tiket masuk candi abang dikenakan biaya seharga 2000 rupiah per orang. Selain itu ada juga biaya parkir yang harus dibayar apabila membawa kendaraan pribadi. Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi, anda tetap bisa mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan umum dan juga bisa menyewa mobil atau paket tour wisata menuju lokasi ini.

Candi Abang – Photo by @maylanapertiwi

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Candi Abang

Kawasan candi abang dibuka setiap harinya dari jam 5 pagi hingga jam 7 malam. Pada sore hari menjelang terbenamnya matahari, anda dapat melihat pemandangan sunset dari atas bukit candi ini sambil berfoto selfie ber sama dengan teman-teman dan juga keluarga anda. Tempat ini memang sangat cocok digunakan sebagai spot foto pemandangan alam yang menarik.

Bagaimana? Tertarikkah anda untuk mengunjungi candi abang yang mirip drngan bukit teletubies ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *