Cerita Cinta yang Melegenda di Candi Prambanan

Candi Prambanan – Candi Prambanan merupakan candi Hindhu terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Candi yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Pendirian Candi ini pada tahun 850 oleh wangsa Sanjaya. Bangunan bersejarah ini merupakan salah satu cagar budaya internasional yang keberadaannya dilindungi oleh PBB melalui UNESCO. Tinggi bangunan ini mencapai 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari pada candi Borobudur.

Candi Prambanan – Photo by @sniayt_

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Candi Prambanan

Candi Prambanan ini sangat terkait dengan Roro Jonggrang oleh sebuah legenda yang telah diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa. Cerita tersebut berkaitan dengan seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada seorang putri bernama Roro Jonggrang. Akan tetapi Roro Jonggrang tidak kuasa untuk menolak Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang membuat syarat yang memberatkan untuk Bandung Bondowos yakni harus bisa membuat 1000 arca dalam waktu satu malam. Pada saat pagi telah tiba atau ayam berkokok berarti bangunan ini harus sudah selesai. Apabila tidak selesai maka Bndung Bondowoso tidak bisa mendapatkan Roro Jonggrang.

Pada saat sebelum pagi tiba, yakni Bandung Bondowoso telah menyelesaikan 999 arca. Roro Jonggrang yang mengetahui bahwa Bangdung Bondowoso telah hampir selesai menjadi gelisah dan membuat kecurangan. Caranya dengan menyuruh penduduk desa untuk menumbuk padi agar memancing ayam jantan untuk berkokok tanda malakm telah berakhir dan pagi telah tiba. Cara curang yang dilakukan oleh Roro Jonggrang inji diketahui oleh Bandung Bondowoso. Akhirnya Roro Jonggrang dikutuk menjadi arca, sehingga jumlah arca total menjadi 1000 buah. Struktur bangunan candi ini menggambarkan kepercayaan dalam agma hindhu yakni trimurti. Terdapat 3 halaman utama pada komplek Candi Prambanan yakni Candi Siwa, Candi Brahna, dan juga Candi Wisnu.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan berada pada koordinat 745’8’S 11029’30”E pada google maps bisa dilihat di -7.752222, 1190.491667. Candi ini berada di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan yang masuk wilayah dari Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Uniknya untuk pintu masuknya berada di desa Tlogo, kecamatan Prambanan yang masuk wilyah Klaten, provinsi nJawa Tengah.

Rute Menuju Candi Prambanan

Rute menuju Candi Prambanan maka bisa dipilih jaliur yang berasal dari Yogyakarta yang memiliki jarak sekitar 30 km. Dari Yogyakarta maka bisa dipilih jalur menuju jl. Solo, dilanjutkan dengan arah menuju perbatasan provinsi Yogyakarta. Sesampainya di perbatasan ini keindahan Candi Prambanan bisa dinikmati oleh pengunjung.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk Candi Prambanan ini sebesar Rp 30.000,- untuk orang dewasa, sedangkan anak menggunakan tarif berbeda yakni Rp 12.500,00. Untuk warga asing maka membayarkan 18 USD untuk yang berkategori dewasa, sedangkan untuk orang asing dengan usia anak – anak cukup membayar 9 USD. Pengunjung bisa menikmati wisata yang indah mulai pukul 06.00 – 17.00.

Candi Prambanan – Photo by @chan_ikhsan93

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Candi Prambanan

Harga yang dibayarkan oleh pengunjung akan terpuaskan sudah dengan fasilitas ini. Pengunjung selain dapat memasuki Candi Prambanan saja melainkan bisa pula untuk mengelilingi komplek candi Prambanan. Di sekitaran candi Prambanan ini terdapat berbagai patung yang mereke sembah – sembah dibandiungkan limaea

Untuk orang yang berwisata ke tempat wisata ini salah satunya bisa melihat pertunjuknan sendra tari. Pertunjukan kebudayaan ini biasanya terletak di di dekat alun – alun sehingga sudah banyak orang yang melihatnya. Wisatawan asing yang datang ke Indonesia juga terlihat menikmati suguhan budaya lokal yang luar biasa terkenal. Pada relief yang ada pada dinding terlihat bagaimana kisah antara Ramayana dengan Krishnayana. Di bagian utra juga terdapat museum yang memuat tentang candi Prambanan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *