Panorama Sunset di Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko – Bagi anda penggemar sunset di Jogja, ada sebuah tempat wisata alam yang unik sekali dan selalu menjadi tempat berburu sunset bagi para wisatawan asing dan juga traveler-traveler penjelajah alam. Yaitu Candi Ratu Boko. Lokasi candi ratu boko ini berada di Desa Bokoharjo Prambanan Sleman disebelah timur dari kota Jogja dan hanya berjarak kurang lebih 18 km dari pusat kota Jogja. Candi ini merupakan salah satu situs purbakala yang sangat bersejarah di Jogja.

Candi Ratu Boko – Photo by @riyanpk

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Candi Ratu Boko

Jika dari candi prambanan hanya berjarak sekitar 3 km saja ke arah selatan, dan berada pada ketinggian sekitar 195.97 meter di atas permukaan laut. Awalnya, candi ini merupakan sisa dari reruntuhan kerajaan pada zaman dahulu, menurut beberapa legenda, candi ratu boko ini merupakan istana dari ayahnya Rara Jonggrang.

Pada situs ratu boko, telah ditemukan sebuah prasasti terdahulu sekitar 792 Masehi yaitu Prasasti Abhayagiriwihara, yang berisi mengenai adanya sebuah dugaan jika kraton ratu boko ini dulunya dibangun oleh Rakai Panangkaran. Kraton Ratu Boko juga terdiri atas beberapa kelompok bangunan yang juga hingga saat ini hanyalah merupakan reruntuhan.

Untuk pintu gerbang masuk ke wilayah candi ratu boko ini ada di sebelah barat candi dan terletak di daerah yang lumayan tinggi sehingga dibutuhkan berjalan sejauh 100 m dengan tanjakan yang tinggi. Terdadat dua buah pintu gerbang yang dapat diakses yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang ini juga terdiri atas 5 buah gapura yang tersusun sejara berbaris dan sejajar.

Candi Ratu Boko – Photo by @everlastlikeme

Di kawasan lereng bukit candi, ada dua buah goa yang bisa dimasuki yaitu goa lanang (goa laki-laki) yang terletak di sebelah timur laut dan goa wadon (goa perempuan) yang berada di arah tenggara dan berjarak sekitar 20 meter. Pada dinding goa lanang, terdapat beberapa pahatan pigura yang berbentuk persegi panjang. Sedangkan di goa wadon, terdapat sebuah bilik di bagian belakang goa.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Candi Ratu Boko

Untuk rute menuju candi ratu boko ini terdapat beberapa pilihan akses yang dapat dilalui tergantung transportasi apa yang akan digunakan untuk menuju tempat wisata di jogja ini. Selain itu lokasinya juga mudah ditemukan karena letaknya yang dekat dengan candi prambanan.

Jika anda datang ke Jogja menaiki pesawat dan turun di Bandara Adisutjipto, anda bisa langsung menaiki Transjogja dari bandara dengan rute 1A hingga menuju pasar prambanan, dari situ anda hanya tinggal menaiki taksi atau ojek yang lewat untuk sampai ke Candi Ratu Boko.

Jika anda datang menggunakan kereta api, dari stasiun kereta api anda juga hanya tinggal menaiki bus TransJogja jalur 1A saja melalui halte mangkubumi, selanjutnya seperti tadi anda akan turun di pasar prambanan lalu melanjutkan perjalanan anda menggunakan ojek motor atau taksi.

Candi Ratu Bokok – Photo by @ihsanudn

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Candi Ratu Boko

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Untuk harga tiket masuk candi ratu boko ini dikenakan harga yang berbeda bagi anak-anak dan dewasa. Anak-anak berusia 3 sampai 10 tahun ke atas akan dikenakan biaya 20.000 per orang sedangkan usia 10 tahun ke atas hingga dewasa akan dikenai biaya sebesar 40.000 rupiah, selain itu bagi yang datang rombongan pelajar atau mahasiswa makan akan dikenakan biaya yang lebih murah yaitu 20.000 per orang.

Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat banyak tempat penginapan bagi anda para wisatawan asing yang datang dari luar Jogja. Jadi, anda tidak perlu kesulitan lagi mencari tempat tinggal selama anda berwisata ke candi ratu boko ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.