Candi Sewu, Merupakan Kompleks Candi Buddha Terbesar di Indonesia

Candi Sewu Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Jam Buka, Lokasi, Menuju Candi Sewu. Candi Sewu Jogja termasuk salah satu dari banyaknya candi yang ada di daerah Jogja. Jogja memang surganya tempat wisata. Tak heran bila Candi Sewu adalah salah satunya. Candi ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Dengan menggunakan paket wisata Jogja Anda bisa menelusuri wisata ini dengan sangat puas. Wisata candi ini berbeda dengan wisata candi yang lain karena keunikan yang dimilikinya. Tak ada salahnya menambahkan wisata ini ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

Wisata Candi Sewu

Sekilas Tentang Candi Sewu yang Menarik

Candi Sewu termasuk candi peninggalan agama Buddha. Candi ini dibangun pada abad ke 8 M dan memiliki luas lahan 185 m dari utara ke selatan dan 165 m dari timur ke barat. Candi ini sangat dekat dengan Candi Prambanan. Letaknya di sebelah utara Candi Prambanan dengan jarak sepanjang 800 m saja. Anda bisa menikmati pemandangan  sunset matahari di candi ini.

Bangunan candi ini menjadi candi Buddha yang terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Meskipun menjadi candi yang terbesar kedua, usia yang dimiliki candi ini lebih lama atau lebih tua dari Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan. Jadi candi ini lebih dulu dibangun dibandingkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Meskipun memiliki nama “Sewu” yang dalam bahasa Jawa berarti seribu, sebenarnya bangunan ini hanya memiliki candi sebanyak 249 buah yang disusun membentuk mandala wajradhatu. Masyarakat setempatlah yang menamai candi ini dengan sebutan “Sewu”. Nama ini diambil oleh masyarakat sekitar berdasarkan cerita legenda Roro Jonggrang.

Bangunan candi ini memiliki nama lain, yaitu Candi Manjusrighra. Menurut sejarah,  candi ini nama aslinya adalah “Prasada Vajrasana Manjusrighra”. Prasada memiliki arti  candi atau kuil. Sedangkan Vjrajasana memiliki arti tempat Wajra (intan atau halilintar) bertahta. Dan terakhir, Manjusrighra memiliki arti Rumah Manjusri. Manjusri termasuk salah satu Boddhisatwa yang ada dalam ajaran agama Buddha.

Candi yang menakjubkan ini dibangun pada abad ke 8 M, tepatnya di masa akhir pemerintahan Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran merupakan raja kerajaan Mataram Kuno pada masa pimpinan tahun 746 hingga tahun 784.

Kemudian, pada masa pemerintahan Rakai Pikatan bangunan candi ini mulai diperluas. Rakai Pikatan adalah seorang pangeran yang berasal dari Dinasti Sanjaya. Rakai Pikatan menikah dengan Pramodhawardhani yang berasal dari Dinasti Sailendra.

Setelah masa pemerintahan Dinasti Sanjaya berakhir, rakyatnya masih tetap menganut ajaran agama terdahulu. Adanya candi yang bercorak agama Buddha berlokasi dekat dengan Candi Prambanan yang bercorak agama Hindu, menunjukkan bahwa dahulu di daerah Jawa Tengah ini para penganut agama Hindu dan Buddha hidup dengan harmonis dan menjunjung tinggi toleransi beragama.

Bangunan ini mempunyai kompleks candi yang luas. Kompleks candi yang memiliki ukuran sangat luas membuktikan bahwa candi ini dulunya adalah candi kerajaan Buddha. Selain digunakan sebagai kerajaan, candi ini juga berfungsi sebagai pusat tempat kegiatan agama Buddha pada masa lalu.

Candi ini juga pernah mengalami kerusakan. Kerusakan ini diakibatkan oleh gempa yang menerjang kota Jogja. Gempa yang terjadi pada tahun 2006 di Jogjakarta dan di Jawa Tengah bagian selatan menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada bangunan candi hingga ke bagian utama. Pecahan dari candi berceceran di tanah dan retakan antar batu terlihat dengan jelas.

Pada bangunan ini terdapat sepasang arca Dwarapala di pintu masuknya. Arca Dwarapala berkondisi baik dengan bentuk raksasa yang berukuran tinggi sekitar 2,3 m. Candi utama bangunan ini memiliki denah poligon dengan sudut 20 yang berbentuk seperti salib dengan diameter 29 m dan tinggi 30.

Lokasi Candi Sewu Jogja

Lokasi Candi Sewu tepatnya berada di Jalan Raya Solo KM.16, Klurakbaru, Tlogo, Bugisan, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi ini sudah sangat baik. Wisata ini sangat mudah dijangkau karena berada tidak jauh dari Jalan Raya Jogja – Solo. Lokasi wisata ini dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Rute Menuju Candi Sewu Jogja

Rute Menuju Candi Sewu Jogja sangat mudah. Akses menuju lokasi candi juga sudah layak untuk dilewati. Jarak dari pusat kota Jogja ke lokasi wisata tidak terlalu jauh, hanya sekitar 19,1 km. Waktu yang diperlukan untuk kendaraan roda dua dari pusat Kota Jogja ke lokasi hanya 42 menit.

Dari pusat kota Yogyakarta ke timur – Jl. Panembahan Senopati – lurus terus – Jl. Raya Jogja – lurus terus – Jl. Kusumanegara – perempatan ke utara – Jl. Janti – belok ke arah timur – perempatan ring road timur ke utara – Jl. Majapahit – lurus terus – pertigaan ke timur – Jl. Raya Solo – lurus terus – Jl. Raya Yogyakarta Prambanan – pertigaan ke utara – Jl. Taman Prambanan Kulon – ikuti jalan hingga Anda sampai ke wisata tujuan.

Fasilitas Candi Sewu Jogja

Fasilitas Candi Sewu memang sudah cukup memadai. Keadaan ini dapat membuat nyaman para pengunjung yang datang. Anda dapat liburan dengan nyaman menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas

Tempat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan kendaraan pengunjung dengan api.

  • Kamar mandi/toilet

Anda harus selalu menjaga kebersihan di tempat ini.

  • Mushola

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-candi-jogja” ]

Meskipun candi merupakan milik agama Buddha, tapi tempat ini juga menyediakan tempat ibadah bagi Muslim.

  • Penyewaan atau penginapan

Ini sangat berguna bila Anda ingin tinggal beberapa waktu.

  • Panggung hiburan

Anda bisa menikmati pertunjukkan di sini.

Jam Buka Candi Sewu Jogja

Jam buka Candi Sewu dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Tempat ini buka setiap hari Senin sampai Minggu. Biasanya tempat ini akan menjadi sangat ramai pengunjung ketika musim liburan tiba.

Jadi, Anda bisa mengatur sendiri yang sesuai dengan keadaan Anda. Bila Anda suka keramaian, maka datanglah pada saat musim liburan tiba. Akan tetapi, jika Anda lebih menyukai kesunyian dan butuh menenangkan diri, Anda bida memilih datang pada hari biasa.

Harga Tiket Masuk Candi Sewu Jogja

Harga tiket masuk Candi Sewu cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Jika Anda berkunjung ke temapt ini, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang. Anda tidak harus menyiapkan dana yang besar bila akan berlibur ke tempat ini.

Untuk harga tiket parkirnya dikenakan biaya sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil pribadi. Anda bisa menentukan menuju tempat wisata ini dengan kendaraan apa karena apapun kendaraan yang Anda pakai, kantong Anda tidak akan terkuras banyak.

Merencanakan liburan dengan matang memang diperlukan agar tidak terjadi overbudget pada diri Anda. Ada baiknya Anda mengatur dan menimbang segala kemungkinan yang terjadi selama Anda melakukan perjalanan wisata. Anda bisa menentukan perjalanan Anda melalui paket wisata Jogja yang tersedia dengan lengkap. Pastikan untuk tetap hemat dan selamat dalam perjalanan Anda.

Sudah Wisata di Candi Sewu ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *