Asiknya Cave Tubing di Kalisuci Jogja

Cave Tubing Kalisuci – Berwisata ke pantai atau gunung masih biasa? coba berwisata ke Cave tubing Kalisuci yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Gua ini paling terkenal di Gunung Kidul menawarkan keindahan alam serta keindahan stalaktit serta stalakmit yang menawan. Menurut cerita masyarakat dinamakan Kalisuci sebab air yang mengalir dibawahnya sangat jernih. Gua ini pun juga tergolong obyek wisata baru di Gunung Kidul.

Cave Tubing Kalisuci – Photo by @aminrahmadi

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Cave Tubing Kalisuci

Dukungan infrastruktur juga sudah ada untuk menunjang area tersebut sebagai tujuan wisata misalnya tangga yang digunakan untuk turun kebawah. Selain itu tangga pun dibuat sebagai jalur lalu lintas warga untuk mencuci dan mandi. Walaupun dapat berpotensi mencemari lingkungan, namun kebersihan sungai masih tetap terjaga airnya. Akan tetapi hingga kini perawatannya masih dilakukan namun kurang intensif. Lokasi Cave Tubing Kalisuci sangat mudah ditemukan yakni berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Cave Tubing Kalisuci – Photo by @khalistia_puspitasari

Tidak terlalu jauh juga terdapat Gua Pindul yang agak dekat dengan Gua Kalisuci serta menyediakan cave tubing bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gua Kalisuci. Seluruh peralatan dan perlengkapan untuk melakukan cave tubing juga disediakan mulai dari ban pelampung, jaket pelampung hingga helm keselamatan juga disediakan oleh penyedia. Oleh karena itu wisatawan tidak perlu memikirkan hal teknis tersebut. Wisatawan hanya cukup menyediakan harga masuk Cave Tubing Kalisuci dan biaya sewa Rp 65000, per orangnya dengan minimal 5 orang.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Masing-masing peserta cave tubing Gua Kalisuci harus wajibklukkan jalur sepanjang 600 meter dengan kedalaman air 1 hingga 3 meter. Jalur tersebut dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2-3 jam. Perjalanan tersebut dimulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan berakhir di Gua Mburi Omah. Namun, perjalanan selama dua jam itu pasti tidak dapat melelahkan, sebab sepanjang perjalanan akan ditarik oleh pemandu dan tugas kita hanya menikmati keindahan gua saja. Bukan hanya itu, para pemandu juga akan menceritakan mulai dari A sampai Z tentang Gua Kalisuci selama perjalanan berlangsung. Sehingga seolah perjalanan seperti sebuah tour dengan seorang tour guide. Untuk menjaga keselamatan para wisatawan, maka wisata tersebut tidak tersedia pada musim hujan atau sewaktu air sedang naik.

Cave Tubing Kalisuci – Photo by @dian_lela24

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Cave Tubing Kalisuci

Untuk rute menuju Cave Tubing Kalisuci tersebut dapat dimulai dari Jogja bisa langsung menuju Jalan Wonosari lalu arah Piyungan ,Patuk , Sambipitu, hingga Hutan Rest Area Bunder , pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo , Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak lalu kekanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan. Untuk tiket masuknya hanya dikenakan Rp 5.000 saja per orangnya dan untuk fasilitas Cave Tubing dikenakan biaya sebesar Rp 70.000 per orang untuk harga saat ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *