Curug Bayat Destinasi Wisata Alam Nan Asri

Curug Bayat – Daerah Istimewa Yogyakarta memang merupakan salah satu provinsi dengan jumlah objek wisata alam yang cukup banyak. Misalnya saja Curug Bayat yang berbentuk air terjun asri dengan kesejukan ala hutan dan pedesaan. Nama lain dari lokasi wisata ini adalah Curug Tegalrejo karena lokasinya yang terletak di Dusun Tegalrejo.

Curug Bayat – Photo by @bingah_inawati

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Curug Bayat

Lokasi Curug Bayat

Secara spesifik, lokasi Curug Bayat terletak di Tegalrejo, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863. Karena suasana alam nan asri, banya orang yang menenangkan pikiran sambil berendam di kolam alami berair dingin tersebut. Ada juga yang memilih untuk bermain di sekitar curug supaya bisa “dipijat” oleh aliran air.

Memang, aliran air yang deras akan mampu melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Bagaimana tidak, karena pijatan dari air dingin maka peredaran darah terutama yang panas dan menggumpal akan berkurang. Dari sini, jika badan lebih sehat tentunya pikiran menjadi semakin cerah dan konsentrasi.

Adanya tebing – tebing dari batu yang terbentuk karena berbagai aktifitas vulkanik membuat air terjun ini menjadi semakin indah. Ditambah lagi dengan luasnya aliran air, maka keindahan tempat wisata di jogja ini memang tidak terkalahkan. Meskipun sangat indah, tetapi belum banyak wisatawan terutama dari daerah lain yang mengetahui rute untuk menuju tempat ini.

Curug Bayat – Photo by @fahrianikhsan

Rute Menuju Curug Bayat

Sebenarnya, rute menuju curug Bayat yang paling dekat adalah dari pusat Yogyakarta pengunjung bisa menuju Jembatan Janti. Setelah itu, ambil jalan menuju Maguwo hingga ke Bandara dan sampai Kalasan. Setelah itu, jangan lupa ambil jalur menuju area Prambanan dimana jika ambil jalan terus akan terlihat Stasiun Srowot Klaten.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Jika pengunjung sudah sampai, maka ambil jalan menuju Pasar Wedi dan ambil arah ke Bayat. Para traveler bisa melihat plakat penunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Gedangsari Gunungkidul. Jika sudah sampai sini, berarti lokasinya sudah dekat.

Ketika melihat tempat Pasar Bayat, pada bagian pertigaan jalan terdapat Koramil Pasar Bayat. Setelah itu, berbeloklah ke kiri. Ketika menemukan gapura perbatasan Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta maka ambi jalan lurus saja. Setelah itu, akan muncul lokasi curug tersebut.

Tidak hanya lewat rambu – rambu di atas, ada juga cara yang lebih praktis untuk mencari lokasi Curug Bayat secara detail yaitu melalui Google Maps atau GPS. Namun, yang harus digarisbawahi adalah ketika menggunakan GPS jangan lupa untuk memastikan sinyalnya tidak terganggu karena lokasi cukup terpencil. Pakailah provider yang sekiranya bisa menjangkau daerah – daerah pegunungan.

Banyak hal yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini. Misalnya saja mencari inspirasi melalui tulisan, lukisan dan foto. Selain itu, para traveler juga bisa piknik tipis – tipis sambil menikmati sunyinya suasana hutan yang sangat asri dan sejuk. Apabila ingin berselfie, maka latar belakang yang paling recommended adalah bagian kolam dimana air mengalir cukup tenang.

Curug Bayat – Photo by @fadhilrizky44

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Curug Bayat

Harga Tiket Masuk Curug Bayat

Harga tiket masuk Curug Bayat tidak ditentukan karena belum mendapat tindak lanjut dari Dinas Pariwisata setempat. Namun, sebentar lagi tentu lokasi ini bisa sangat ramai mengingat keindahannya yang memang cukup prospektif untuk dijadikan referensi objek wisata alam andalan. Mungkin traveler bisa melapangkan sedikit uang sesuai umumnya untuk jasa tukang parkir sekitar yang menjagakan kendaraan.

Jadi, masukkan Curug Bayat yang masih asri dan alami ini ke dalam daftar liburan akan datang. Karena setelah sekali melihat keindahannya pasti ada dorongan untuk ke sana lagi di lain waktu. Untuk melepas penat dan lelah, lokasi ini memang sangat direkomendasikan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.