Curug Kuncung Mas, Berasa Punya Kolam Pribadi dengan Suasana Sejuk dan Alami

Curug Kuncung Mas, Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju Curug Kuncung Mas. Meskipun banyak jenis wisata alam di Indonesia, tetap saja tidak membuat sebuah tempat wisata alam krhilangan keindahannya dengan tempat yang lain. Karena setiap destinasi wisata memiliki kelebihan dan pesonanya masing-masing.

Seperti Curug Kuncung Mas ini yang digolongkan sebagai tempat wisata alam, walaupun masih sangat sederhana dan baru namun keindahannya tidak bisa dipungkiri. Bahkan, tempat inipun memiliki kelebihan yang tempat lain tidak punya sebagai destinasi wisata alam.

Memang Curug Kuncung Mas ini menyusul tempat-tempat lain di Jogja sebagai pariwisata menarik di Indonesia. jika Anda sudah mengetahui kelebihannya dijamin tidak menyesal mengunjunginya. Justru, bagi Anda yang tidak menyempatkan untuk berkunjung maka Anda akan merasa rugi tidak mencoba sesuatu yang beda.

Curug Kuncung Mas Yogyakarta

Pesona Alam Memikat Hati

Curug Kuncung Mas adalah sebuah tempat wisata alam di Jogja yang keindahannya juga tidak kalah dengan yang lain. Setelah beberapa tempat di Jogja berlomba menunjukkan kelebihannya pada wisatawan di Indonesia, akhirnya tempat ini pun ikut unjuk gigi.

Daerah kulon progo memang dikenal banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang mengandalkan keindahan pemandangannya. Salah satunya Curug Kuncung Mas ini, yang masih sangat alami belum terjajah oleh apapun dan cukup menarik perhatian banyak pengunjung alam.

Curug Kuncung Mas ini merupakan tempat wisata berupa air terjun yang indah dan memiliki kolam yang masih berwarna biru tosca. Nama tempat inipun juga unik, karena berasal dari nama seekor ikan kuncung mas yang pernah ada di tempat itu.

Wisata alam ini terasa sangat cantik sekali dengan bentuk air terjunnya, dimana air terjunnya terdiri dari 6 tingkatan yang terbentuk. Utnuk tingkatan pertama merupakan air terjun yang paling tinggi dari yang lainnya yaitu sejauh 5 meter.

Sedangkan tingkatan kedua lebih pendek dan memiliki batu yang berundak. Lalu untuk tingkatan ketiga mengalir melalui tebing agak melebar, oleh karena itu aliran terbagi menjadi dua. Dan yang keempat dan kelima agak sama mengalir pada bebatuan berjejer sehingga aliran menyebar.

Yang paling sering dan paling banyak didatangi pengunjung adalah tingkatan yang terakhir atau keenam, karena aliran airnya paling deras dari yang lain. Bentuk air terjun yang berundak-undak ini yang membuat pemandangannya terlihat sangat cantik, apalagi bermain air di sekitaran air terjun itu juga menyenangkan.

Yang begitu mengasyikan dan menyenangkan datang ke tempat wisata ini adalah tempatnya yang menyegarkan, menenangkan, seru karena bermain dan berkegiatan dengan air. Berenang pun bisa sangat dilakukan tapi dengan kedalaman kolam 3 meter. Tempat wisata ini bisa dibilang sangat eksotis dengan semua keindahan lingkungannya yang masih alami dan segar.

Tidak hanya menikmati pesona alam setelah sampai tujuan saja, bahkan pada saat Anda berada di perjalanan menuju lokasi anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah tidak henti-hentinya di sepanjang perjalanan. Bahkan, tidak hanya untuk bermain air Anda bisa merasakan kesenangan yang tak ternilai tapi Anda juga bisa bermain selfie dengan mengambil spot-spot cantik untuk berfoto.

Disamping itu, tempat seperti ini pasti akan menjadi favorit para pecinta alam. Karena tempat wisata ini bisa dijadikan sebuah kegiatan yang seru dengan bentuk air terjun yang bertingkat dan berundak-undak. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah seperti menyusuri sungai melalui tracking atau yang disebut river tracking.

Agar lebih terasa lagi dalam menikmati keindahan tempat ini, maka Anda harus menikmatinya mulai dari pagi hari yang bisa semakin terasa kesejukan di pagi hari berada di tempat seperti ini. mulai dari jam 6 pagi, Anda sudah bisa mengeksplor seksinya air terjun ini dengan semaksimal mungkin.

Menyambut datangnya surya fajar pun mungkin bisa akan lebih menarik bila dinikmati di tempat ini. bahkan, kalau Anda mau kelompok pecinta alam Anda bisa melakukan berkemah di tempat ini, agar bisa menikmati air terjun semalaman. Ini memang destinasi wisata jelajah alam yang sangat luar biasa dengan air terjun sebagai ikon utama.

Kalau Anda memang sedang menikmati kawasan kulon progo, maka Anda tidak boleh melewatkan tempat eksotis yang satu ini. Anda harus mereferensikan pada semua orang-orang yang mencari lokasi seperti ini untuk melonggarkan pikiran pada saat berwisata.

Setelah dari tempat inipun, Anda akan terus disambut dengan tempat-tempat eksotis lainnya yang sejenis dan letaknya tidak berjauhan dari Curug Kuncung Mas ini, baik dengan air terjun seperti tempat ini, sungai ataupun danau buatan. Ciptakan hari yang indah bersama alam yang segar.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Lokasi Curug Kuncung Mas

Lokasi Curug Kuncung Mas berada di Jalan Sermo-Girimulyo, Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupeten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini berada kurang lebih 34,5 km dari pusat Kota. Walaupun agak jauh, akan terbayar setelah sampai ke lokasi tersebut.

Rute Curug Kuncung Mas

Rute Curug Kuncung Mas dengan alamat lokasi yang sudah diketahui bukan menjadi masalah untuk mencapainya. Lokasi memang tidak terlalu jauh dari jalan ataupun tempat tinggal warga sekitar, namun beberapa bagian dari daerah ini cukup terjal dan licin sehingga Anda harus selalu mawas diri di perjalanan.

Dari pusat kota, Anda bisa langsung menuju ke jalan Godean, lalu ke jalan raya pasar klenteng dilanjutkan ke jalan watu murah. Setelah itu menuju ke jalan Nanggulan lalu Girimulyo atau jalan Kaligesing.

Baru dari tempat itu belok ke kiri langsung saja tinggal mengikuti petunjuk yang sudah mengarah pada lokasi Curug Kuncung Mas ini. Rutenya tidaklah sulit jika diikuti sesuai petunjuk dan berjalan dengan sangat hati-hati.

Fasilitas Curug Kuncung Mas

Fasilitas Curug Kuncung Mas masih sangat minimalis sekali, karena memang wisata alam yang satu ini memang tergolong baru dan masih alami. Adapun fasilitasnya adalah, antara lain :

1. Toilet

Fasilitas ini harus selalu ada di setiap tempat, karena fasilitas ini paling penting dan paling dibutuhkan.

2. Area Parkir

Area parkir yang disediakan cukup memadai, tapi parkir ini benar-benar hanya disediakan tanpa harus membayar biaya parkir.

3. Tempat penyewaan

Karena tempat ini merupakan tempat wisata alam yang juga berhubungan dengan air, maka disediakan tempat penyewaan jaket pelampung untuk berenang.

Jam Buka Curug Kuncung Mas

Jam buka Curug Kuncung Mas ini adalah setiap hari mulai dari pagi jam 7 hingga jam 5 sore. Karena waktu yang paling bagus melihat pesona tempat ini adalah pada pagi hari dari jam 6 hingga 10 pagi.

Harga Tiket Masuk Curug Kuncung Mas

Harga tiket Masuk Curug Kuncung Mas tidak sebanding dengan yang didapat di area wisatanya, karena untuk bisa menikmati keindahan air terjun disini Anda hanya membayar secara sukarela atau seikhlasnya. Bahkan, juga untuk biaya area parkir. Ya, tempat wisata yang satu ini memang recommended untuk Anda yang ingin mencoba paket wisata Jogja 1 hari.

Sudah Wisata di Curug Kuncung Mas ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *