Mengintip Keseruan Berenang di Curug Pulosari

Curug Pulosari – Ketika menjelang liburan akhir pecan atau liburan panjang, hal yang paling menyenangkan adalah pergi berlibur ke tempat wisata yang terdapat air terjunnya. Dan salah satu objek wisata air terjun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah curug pulosari. Curug Pulosari merupakan wisata air terjun yang sangat eksotis dan berada di daerah Kabupaten bantul Yogyakarta.

Curug Pulosari – Photo by @ardiyantocs

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Curug Pulosari

Lokasi Curug Pulosari

Lokasi Curug Pulosari berada di Desa Wisata Krebet Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini, jarak tempuh dari Kota Joga hanya sejauh 20 km saja, jika dibandingkan dengan tempat wisata Bantul lainnya, jarak ini cukup dekat. Namun, akses menuju lokasi ini cukup curam dan terjal, maka dari itu berhati-hatilah selalu.

Sejatinya tempat wisata alam Curug Pulosari ini merupakan tempat wisata air terjun yang dimana sumber mata airnya adalah bersumber dari aliran air sungai alami yang berasal dari kawasan perbukitan di sekitar lokasi tersebut. Pancuran air terjun di tempat wisata Curug Pulosari ini bisa dibilang lebih kecil karena lokasinya yang berasa di tengah kawasan bukit kering.

Meskipun sumber aliran airnya kecil, pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun ini sungguh sangat indah dan begitu menyejukkan mata. Pastilah siapapun yang melihatnya akan merasakan ketenangan karena pemandangan eksotis yang sangat bagus untuk dinikmati. Selain itu air terjun di curug pulosari ini dikelilingi bukit dan bebatuan tanah yang tandus.

Untuk bisa berkunjung ke lokasi air terjun ini, anda harus berjalan sejauh 100 meter dari tempat anda memarkirkan kendaraan. Selain itu medannya juga terjal dan disertai bebatuan yang licin pula membuat anda harus bisa lebih berhati-hati. Di sepanjang jalan anda juga akan menemukan tempat peristirahatan yang cukup untuk anda singgahi untuk mengistirahatkan badan anda yang lelah karena berjalan terlalu jauh.

Curug Pulosari – Photo by @awkwardlymimz

Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan lagi dan tak terlupakan ketika mengunjungi lokasi ini, anda bisa datang ketika musim hujan berlangsung. Pada saat musim hujan, air terjun yang mengalir di curug pulosari cukup deras sehingga air terjun dapat turun dengan maksimal. Anda bisa mengabadikan momen yang indah ini dengan kamera yang anda bawa untuk berfoto.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Perlu diingat bahwa meskipun anda akan mendapatkan pemandangan air terjun yang indah, jalan menuju lokasi wisata ini pada saat musim hujan berlangsung jauh lebih licin dari biasanya. Maka diperlukan kehati-hatian yang yang teliti. Jangan sampai anda terjatuh di air terjun dan malah akan membahayakan nyawa anda.

Gunakan sepatu khusus untuk tracking atau sepatu lapangan untuk memudahkan anda berjalan di atas terjalnya medan ini. Jangan pernah gunakan sepatu pantofel atau sepatu-sepatu pergi yang lainnya karena dapat membahayakan diri anda. Bawalah selalu pakaian ganti agar anda dapat mengganti baju anda jika kebasahan.

Rute menuju Curug Pulosari

Rute menuju curug pulosari ini berada satu jalur dengan tempat wisata Sentra Gerabah Kasongan Desa wisata kerajinan batik kayu krebet. Lokasinya juga tidak jauh dari kampong lingkung, tempat para wisatawan asing menyantap hidangan istimewa khas daerah ini yaitu ayam ingkung. Dari Curug Pulosari juga terdapat wisata Curug Banyunibo yang hanya berjarak sekitar 10 menit saja untuk ditempuh.

Curug Pulosari – Photo by @anggadyon

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Curug Pulosari

Harga Tiket Masuk Curug Pulosari

Sedangkan untuk harga tiket masuk curug pulosari, anda hanya akan dikenakan biaya parker kendaraan sebesar 2000 rupiah dengan fasilitasnya berupa toilet, mushola, warung-warung makan, dan juga beberapa gazebo sebagai tempat duduk dan tempat peristirahatan. Di sini juga terdapat pusat oleh-oleh kerajinan yang bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.