Serunya Bermain Air di Curug Siluwok

Curug Siluwok – Yogyakarta selalu memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dibandingkan wisata-wisata di tempat lainnya. Seperti di daerah Kulon Progo yang selalu menawarkan destinasi-destinasi wisata yang unik. Selain ada destinasi wisata bukit dan gunung, Kulon Progo juga menghadirkan destinasi wisata air terjun yang unik dan memikat mata. Yaitu Curug Siluwok.

Curug Siluwok – Photo by @aconk_van_houtten

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Curug Siluwok

Lokasi Curug Siluwok

Lokasi curug siluwok ini tidak jauh dari air terjun sidoharjo. Destinasi wisata air terjun yang satu ini memang benar-benar sedang hits sekali di kalangan masyarakat pecinta wisata alam dan traveling. Tinggi dari tebing air terjun ini cukup tinggi yaitu sekitar 20 meter di atas permukaan laut. Meskipun tinggi sekali, aliran airna tidak begitu deras.

Kolam bawah air terjun ini bisa dijadikan sebagai tempat bermain air dan juga berenang bagi wisatawan yang gemar bermain air. Airnya yang cukup dingin dan suasana alam di sekitar yang masih alami juga sejuk menjadikan tempat ini benar-benar ramai dikunjungi. Tak heran jika ada banyak pengunjung yang betah untuk berlama-lama di tempat wisata yang sati ini.

Seperti tempat-tempat wisata air terjun lainnya, curug siluwok sangat cocok sekali untuk dikunjungi pada musim hujan berlangsung. Sebab, aliran air pada air terjun ini akan terlihat lebih deras dari biasanya sehingga menimbulkan pemandangan eksotis air terjun yang sangat memukau. Airnya juga begitu jernih dan tidak keruh.

Bebatuan besar dan juga tebing-tebing yang berada di sekeliling air terjun bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meloncat dan terjun ke kolam air terjun bawah. Tentu saja yang menjadi syarat wajib untuk bisa melompat dari ketinggian ini adalah bisa berenang terlebih dahulu, agar nantinya tidak tenggelam pada saat menyebur ke kolam.

Untuk menempuh perjalanan ke tempat curug ini, para pengunjung hanya perlu berjalan kaki saja melewati jalan setapak yang dibangun namun masih berkontur tanah yang ada di pinggiran tebing serta jurangnya yang juga cukup dalam, maka diperlukan kehati-hatian yang ekstra dalam melewati tempat ini. Jangan lupa selalu gunakan sepatu lapangan yang tidak licin agar tidak terjatuh saat berjalan.

Rute Menuju Curug Siluwok

Untuk rute menuju curug siluwok ini dapat ditempuh melalui arah ambarukmo ke arah terminal Jombor.Setelah itu lanjut saja perjalanan hingga menuju jalan cebongan sayegan balangan kecamatan minggir. Lalu anda akan menemui perempatan dekso dan juga akses jalan menuju samigaluh. Dari samigaluh inilah anda sudah bisa menuju lokasi curug siluwok ini.

Namun apabila anda kesasar dan tidak dapat mengakses peta dengan baik, anda bisa langsung saja bertanya kepada warga setempat mengenai akses menuju lokasi wisata curug siluwok ini. Para waerga akan dengan senng hati membantu anda yang kesusahan untuk menunjukkan lokasi curug siluwok ini berada. Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk dari mereka saja dengan baik.

Curug Siluwok – Photo by @asmasyarief

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Curug Siluwok

Harga TIket Masuk Curug Siluwok

Untuk harga tiket masuk curug siluwok ini masih gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Biasanya anda hanya perlu membayar biaya parkir atau biaya retribusi saja untuk mengakses lokasi wisata ini. Jika anda pergi kesini ketika cuaca sedang hujan, berhati-hatilah karena jalanan akan menjadi sangat licin dan becek. Jika anda ingin menghindari jalanan seperti ini disarankan sebaiknya datang saja pada saat cuaca panas atau musim kemarau tiba.

Dengan begitu, anda tetap bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah ini, meskipun aliran airnya tidak sederas ketika musim hujan tiba.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *