Desa Wisata Brayut, Sajian Wisata Edukasi Budaya Dan Pertanian

Desa Wisata Brayut, Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Fasilitas, Lokasi, Rute, Menuju Desa Wisata Brayut. Jogja memang tidak pernah habis menawarkan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang layak Anda coba adalah Desa Wisata Brayut. Dengan tema alam yang mempesona dan budaya yang menarik, Desa Wisata Brayut bisa Anda masukkan dalam daftar kunjungan Anda berikutnya.

Desa Wisata Brayut

Berwisata Sambil Mengenal Budaya dan Pertanian di Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut adalah salah satu dari banyak desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa ini merupakan salah satu objek wisata pedesaan yang berada di Kabupaten Sleman. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Desa Wisata Brayut adalah kebudayaan pertaniannya. Tak heran, karena sebagian besar penduduk Desa Wisata Brayut memang memiliki profesi sebagai petani.

Jika Anda atau keluarga dan komunitas Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai kebudayaan bertani, Desa Brayut ini bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata yang tepat. Selain mengenal kebudayaan bertani, Anda juga bisa merasakan pengalaman bertani dan terlibat langsung dalam aktivitas bertani yang ada di desa ini.

Ada berbagai kegiatan bertani yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Mulai dari bertani secara tradisional bersama penduduk setempat, mencoba membatik dengan menggunakan peralatan tradisional, memainkan gamelan, belajar kerajinan janur, membuat hiasan tradisional, hingga mencoba belajar kesenian tari tradisional di sanggar tari Desa Brayut ini.

Berbagai perlengkapan untuk bertani, membatik, bermain gamelan, membuat kerajinan tangan, hingga menari sudah tersedia di desa wisata ini. Jadi, Anda bisa langsung mencobanya dengan menggunakan bahan – bahan yang tersedia.

Misalnya, jika Anda tertarik untuk mempelajari alat music gamelan, Anda bisa langsung mencoba memainkannya di sini. Ada berbagai jenis gamelan yang bisa Anda coba mainkan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apa saja jenis – jenis gamelan yang ada dan juga perbedaan antara satu jenis gamelan dengan gamelan lainnya.

Kesenian janur atau daun kelapa di desa wisata ini juga cukup kaya. Ada berbagai jenis hasil kerajinan tangan yang biasa dihasilkan oleh penduduk setempat. Kerajinan tangan janur ini biasanya dipesan oleh orang lain untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, kerajinan janur ini juga kerap digunakan oleh penduduk setempat dalam berbagai acara.

Selain bisa melihat berbagai kerajinan janur yang dibuat oleh penduduk, Anda juga bisa mencoba langsung pengalaman membuat hiasan atau kerajinan tangan dari janur. Jika mau, Anda juga bisa membeli beberapa hasil karya kerajinan janur penduduk setempat sebagai oleh – oleh.

Jangan lupa juga dengan kesenian tari tradisional yang bisa Anda pelajari di sini. Kesenian tari yang merupakan warisan budaya Indonesia masih terjaga dengan baik di sanggar Desa Wisata Brayut ini. Bukan hanya bisa mencoba menarikan tari tradisional, Anda juga bisa melihat latihan para penari atau menyaksikan pertunjukan jathilan.

Pertunjukan ini merupakan budaya tradisional yang diwariskan sejak lama. Berbagai tari tradisional yang ditampilkan di sanggar tari ini biasa dipertunjukkan dengan alat music gamelan sebagai pengiring. Jika Anda berkesempatan datang ke Desa Wisata Brayut saat pertunjukan berlangsung, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan melihat seni tradisional tersebut di sini.

Lokasi Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut berada di lokasi yang cukup strategis meskipun tetap memiliki suasana pedesaan yang kental. Sesuai dengan namanya, desa wisata ini berada di daerah Brayut, Jogja. Tepatnya di Dusun Brayut, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Desa ini berada di ketinggian sekitar 243 m di atas permukaan laut. Karena itu, suhu di tempat ini juga relative sejuk, Yaitu sekitar 26 derajat celcius. Berkunjung ke Desa Wisata Brayut akan membawa kenangan Anda kembali ke masa kecil. Suasana alam yang sejuk dan kental dengan nuansa pedesaan membuat siapa saja yang datang ke tempat ini akan merasa nyaman dan betah berlama – lama di desa ini.

Rute ke Desa Wisata Brayut

Rute menuju Desa Wisata Brayut terhitung mudah dijangkau. Anda bisa datang dari pusat kota Jogjakarta dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa Anda pilih untuk menuju ke desa wisata ini.

Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalan kea rah barat dan melewati Jalan KH Ahmad Dahlan dan lurus hingga menemukan perempatan. Dari situ, ambil jalan ke utara melalui Jalan Letjen Suprapto dan lurus terus hingga menemukan pertigaan.

Setelah menemukan pertigaan, belok ke kanan melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram dan lurus terus menuju Jalan Tentara Pelajar. Kemudian lanjut melewati Jalan Magelang hingga sampai di perempatan. Lalu belok ke kanan melewati Jalan Gito Gati sampai perempatan.

Selanjutnya, belok ke kiri melewati Jalan Griya Taman Asri. Anda akan menemukan perempatan lagi, lalu belok kiri ke Jalan Noto Sukardjo. Dari Jalan Noto Sukardjo, Anda tinggal mengikuti jalan hingga sampai ke Desa Wisata Brayut.

Secara umum, jarak dari pusat kota Jogja menuju Desa Wisata Brayut berjarak sekitar 13,2 kilometer. Jika Anda menggunakan motor atau kendaraan roda dua, Anda bisa sampai setelah berjalan sekitar 30 menit dalam kondisi lalu lintas yang normal.

Fasilitas di Desa Wisata Brayut

Fasilitas di Desa Wisata Brayut sudah cukup memadai sebagai tempat wisata. Anda bisa menemukan berbagai penginapan atau homestay jika Anda ingin bermalam di desa ini. Selain itu, ada pula masjid yang mudah ditemukan dan bisa digunakan saat waktu ibadah tiba.

Anda juga bisa menemukan sanggar tari dan sanggar membatik untuk mencoba pengalaman menarikan tari tradisional atau membuat batik secara tradisional. Dan jika Anda ingin membawa oleh – oleh pulang, ada beberapa toko cinderamata yang bisa Anda kunjungi di Desa Wisata Brayut ini.

Jam Operasional Desa Wisata Brayut

Desa Wisata yang memiliki suasana pedesaan yang kental ini bisa Anda kunjungi selama hari kerja. Yaitu sejak pukul 8 pagi hingga 9 malam. Sayangnya, pada akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu tidak menjadi waktu operasional dari Desa Wisata Brayut ini.

Tiket Masuk Desa Wisata Brayut

Tidak ada biaya masuk khusus untuk bisa merasakan pengalaman di Desa Wisata Brayut ini. Anda dapat berkunjung dan menikmati berbagai kegiatan di sini secara gratis. Mulai dari belajar bertani, belajar membatik, juga belajar karawitan. Bukan hanya untuk anak – anak, berbagai pengalaman ini juga bisa dirasakan dan dilakukan oleh orang dewasa.

Akan tetapi, meskipun tidak ada biaya masuk, setiap orang yang datang dengan membawa kendaraan pribadi tetap dikenakan biaya parkir yang terjangkau. Yaitu sekitar 2000 Rupiah untuk sepeda motor dan 5000 Rupiah untuk mobil. Berminat untuk datang ke Desa Wisata Brayut? Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan Desa Wisata Brayut dalam daftar tempat kunjungan Paket Wisata Jogja.

Sudah Wisata di Desa Wisata Brayut ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *