Desa Wisata Kembang Arum, Sajian Wisata Edukasi Dan Wisata Alam di Sleman

Desa Wisata Kembang Arum, Sleman – Tiket Masuk, Jam Buka, Fasilitas, Lokasi, Rute, Menuju Desa Wisata Kembang Arum. Jogja memang menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Desa Wisata Kembang Arum. Desa yang baru diresmikan menjadi desa wisata di tahun 2005 kemarin ini menawarkan suasana wisata yang rapi dan bersih.

Desa Wisata Kembang Arum

Berwisata Alam Sambil Belajar di Desa Wisata Kembang Arum, Sleman

Pertengahan 2005 lalu, Desa Kembang Arum diresmikan sebagai salah satu desa wisata yang ada di Indonesia. Sebagai desa wisata, Kembang Arum menawarkan pemandangan alam yang bersih dan tertata rapi. Anda yang bosan dengan hiruk pikuk kota bisa sejenak menenangkan diri dengan berkunjung ke desa ini. Suasana asri dan tenang akan membawa pikiran Anda ikut menjadi tenang dan damai. Belum lagi pemandangan sekitar yang asri dengan perumahan tradisional dan udara yang segar akan membuat Anda merasa betah berlama – lama di desa ini.

Desa Wisata Kembang Arum menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian utamanya. Anda bisa menikmati berbagai pemandangan alam sambil mengenal berbagai macam potensi alam yang ada di desa ini. Secara umum, Desa Wisata Kembang Arum ini memanfaatkan lahan seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa, dan sanggar pratista.

Desa ini pertama kali diinisiasi oleh Pak Hery Kustriyatmo sebagai pengelola. Dengan memanfaatkan berbagai potensi alam dan juga potensi masyarakatnya, Pak Hery Kustriyatmo pun dapat menggerakkan ekonomi warga local yang berada di sana.

Ada banyak kegiatan yang dapat ditemukan di Desa Wisata Kembang Arum ini. Sebagian besar kegiatan tersebut melibatkan warga setempat untuk dapat berperan aktif. Dengan begitu, setiap warga memiliki rasa kepemilikan terhadap desanya sendiri.

Selain pemandangan yang indah, Desa WIsata Kembang Arum juga menawarkan beberapa permainan yang menarik untuk anak. Misalnya permainan outbond yang dapat membantu memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri anak. Selain itu, pembentukan karakter anak juga dapat dikembangkan melalui permainan outbond ini.

Di samping outbond, anak – anak juga bisa merasakan berbagai permainan tradisional yang ada di Desa Wisata Kembang Arum. Beberapa di antaranya adalah engrang, engklak, dakon, gobak sodor, dan berbagai macam permainan lainnya.

Anak juga bisa belajar dan terlibat langsung dalam kegiatan mengolah sawah jika datang pada musim tanam padi. Misalnya dengan merasakan pengalaman membajak sawah dan menanam padi. Bagi anak – anak, pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan penuh pembelajaran.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum termasuk desa wisata yang mudah dijangkau dan dikunjungi. Akan tetapi, jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, lokasi ini memang terhitung cukup jauh. Namun sepadan dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan di sini.

Desa Wisata Kembang Arum berada di Sleman. Tepatnya di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Desa Wisata Kembang Arum

Anda yang datang dari pusat Kota Yogyakarta bisa datang ke Desa Wisata Kembang Arum dengan terlebih dahulu mengambil rute ke arah barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan. Setelah sampai di perempatan, ambil jalan ke arah utara menuju Jalan Letjen Suprapto.

Dari Jalan Letjen Suprapto, ambil jalan lurus terus menuju Jalan Tentara Rakyat Mataram. Anda bisa melalui jalan tersebut hingga sampai di bundaran. Selanjutnya, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Tentara Pelajar dan lurus terus ke Jalan Magelang.

Setelah melewati Jalan Magelang dan sampai di bundaran, ambil jalan keluar kedua menuju Jalan Magelang – Yogyakarta. Lalu lurus terus hingga bertemu pertigaan dan lanjut ke arah timur menuju Jalan Turi KM 1. Dari sini, Anda bisa berjalan menuju Jalan Sleman – Turi dan terus mengikuti jalan hingga sampai di Desa Wisata Kembang Arum.

Dari pusat Kota Yogyakarta menuju Desa Wisata Kembang Arum kurang lebih berjarak 19 kilometer. Jika Anda melalui jalan ini menggunakan kendaraan bermotor, kurang lebih akan memakan waktu tempuh sekitar 40 menit dari pusat Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Kembang Arum.

Fasilitas di Desa Wisata Kembang Arum

Untuk fasilitas di Desa Wisata Kembang Arum ini Anda sudah tidak perlu khawatir. Sering dikunjungi oleh banyak orang, bahkan telah dikunjungi lebih dari 50 ribu orang membuat Desa Wisata Kembang Arum memiliki fasilitas yang sangat layak untuk sebuah desa wisata.

Di sini, Anda bisa menemukan banyak guest house atau home stay jika ingin menginap di Desa Kembang Arum. Selain itu, ada juga fasilitas kamar mandi yang memadai dan warung makan di berbagai tempat. Ada juga berbagai macam permainan dan sarana edukasi untuk anak yang bisa Anda coba. Misalnya Flying Fox, Menangkap Ikan, Tracking, Fasilitas Outbond, Ternak Kambing, dan lain – lain.

Jam Operasional Desa Wisata Kembang Arum

Secara umum, Anda bisa mengunjungi Desa Wisata Kembang Arum setiap hari sepanjang pekan. Baik pada saat weekend maupun weekday. Desa Wisata Kembang Arum bisa Anda kunjungi mulai dari pukul 8 pagi hari hingga pukul 4 sore hari. Tentu saja selama fasilitas dan permainan yang Anda ingin coba bisa digunakan.

Tiket Masuk Desa Wisata Kembang Arum

Untuk bisa masuk ke kawasan Desa Wisata Kembang Arum Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2000 Rupiah untuk sepeda motor dan 5000 Rupiah untuk mobil.

Selain itu, beberapa fasilitas dan permainan yang ada di Desa Wisata Kembang Arum ini juga memiliki tarifnya masing – masing. Seperti guest house yang bisa Anda gunakan dengan membayar sesuai biaya sewa yang ditetapkan oleh pemilik guest house atau home stay yang Anda pilih. Selain itu, berbagai permainan dan outbond yang ada di desa wisata ini juga memiliki tarif masing – masing sesuai dengan jenis permainannya.

Secara umum, berbagai permainan tradisional di Desa Wisata Kembang Arum bisa Anda coba dengan biaya 15.000 Rupiah per orang per permainan. Di antaranya adalah Balap Dingklik, Bambu Salak Glundong, Balap Egrang, Balap Bakiak, Tarik Tambang Lumpur, Bambu Keseimbangan, Bambu Pancuran, Tampah Bola, Gebuk Bantal di Atas Air, Sepak Bola Lumpur, Basket Lumpur, Kenthos Keseimbangan, dan Volley Geber.

Namun, untuk beberapa permainan lain seperti Flying Fox dan Mencari Ikan, Anda perlu membayar lebih. Untuk mencoba Flying Fox, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 25.000 Rupiah per orang. Dan jika ingin mencoba permainan Mencari Ikan, Anda bisa mencobanya dengan biaya 20.000 Rupiah per orang.

Meskipun begitu, pengalaman yang didapatkan selama melakukan wisata di Desa Wisata Kembang Arum ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus sarana edukasi yang menarik. Khususnya bagi anak – anak. Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan Desa Wisata Kembang Arum dalam daftar tempat kunjungan paket wisata Jogja.

Sudah Wisata di Desa Wisata Kembang Arum ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *