Embung Banjaroya, Sensasi Menanti Sunset Sambil Menikmati Durian

Wisata Embung Banjaroya Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Embung Banjaroya. Embung Banjaroya Yogyakarta merupakan salah satu objek wisata yang dapat Anda kunjungi ketika Anda bosan menghabiskan liburan akhir pekan ke gunung, pantai, atau destinasi lainnya, sebab di tempat wisata yang terletak di Kabupaten Kulonprogo ini menawarkan sensasi berwisata yang berbeda. Di sini Anda bisa menikmati suasana pedesaan di perbukitan yang masih asri dan pemandangan waduk dari ketinggian. Segera jadwalkan waktu kunjungan Anda ke tempat ini dan manfaatkan fasilitas paket wisata Jogja.

Wisata Embung Banjaroya

Pemandangan Waduk Mini di Atas Ketinggian, Embung Banjaroya

Embung Banjaroya merupakan tempat penampungan air (waduk) yang ukurannya tak sebesar waduk pada umumnya. Di sekeliling waduk terdapat lokasi pertanian sehingga waduk ini berfungsi untuk menampung air hujan yang berlebih terutama ketika musim penghujan. Di musim kemarau, air waduk dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi keperluan pertanian, perkebunan, atau kebutuhan masyarakat lainnya.

Waduk seluas 60 x 80 meter yang dibangun tahun 2013-2014 ini memiliki kapasitas tampung 8.000 sampai 10.000 meter kubik air. Dengan volume air tersebut dan debit yang bisa mencapai 2.000 meter kubik meski di musim kemarau, waduk Banjaroya mampu mengairi 30 hektar kebun durian di sekitarnya.

Ketika curah hujan tinggi, Waduk Banjaroya memang tampak menyimpan air yang melimpah hingga luber ke area di sekitarnya. Sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 2 Februari 2014, tempat ini semakin sukses menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Selain sebagai tempat penampungan air, fungsi lain dari waduk Banjaroya adalah untuk menjaga stabilitas tanah sehingga tidak terjadi longsor di musim hujan. Hal ini disebabkan struktur tanah di wilayah tersebut rentan terjadi longsor. Dengan dibangunnya Waduk Banjaroya, laju air saat musim hujan dapat ditahan.

Pembangunan embung ini kemudian dikembangkan kembali menjadi agrowisata buah durian untuk menarik wisatawan dari Jogja maupun luar kota.  Salah satu hal yang menjadi keunikan tempat ini adalah terdapat ikon wisata berupa patung durian raksasa di pintu masuk waduk.

Patung durian ini melambangkan wilayah Kalibawang Kulon sebagai sentra penghasil durian jenis menoreh yang terbaik seantero Yogyakarta. Ciri khas yang dimiliki Durian Menoreh adalah daging buah yang berwarna putih hingga kuning kemerahan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini ketika musim durian, Anda juga dapat merasakan keseruan festival durian yang rutin diselenggarakan. Ketika musim panen tiba, Desa Banjaroya bisa memiliki 1000 sampai 3000 pohon durian yang siap berbuah baik itu di kebun maupun rumah warga.

Jika Anda berkunjung ketika cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dari waduk. Selain itu, di sore hari Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang tak kalah cantik. Pastikan Anda mengabadikan momen ketika berkunjung ke tempat ini ya. Sudah puas berfoto dan berkeliling, selanjutnya Anda bisa duduk santai di gazebo yang mengitari waduk tersebut.

Di waduk ini juga terdapat ikan-ikan kecil. Pengunjung yang datang bisa membeli pelet ikan seharga Rp2.000 untuk ditabur di waduk sembari menyaksikan ikan-ikan kecil berlompatan melahap pelet. Tanaman buah durian berkualitas yang dikolaborasikan dengan ekosistem air menjadi daya tarik tersendiri dari lokasi wisata ini. Pantas saja bila wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Lokasi Embung Banjaroya

Lokasi Embung Banjaroya tepatnya berada di Jalan Kalibawang Sendangsono, Banjaroya, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, 55672. Tepatnya, destinasi wisata ini terletak di bagian utara Kulon Progo, kurang lebih 38 kilometer dari Tugu Titik Nol Yogyakarta. Untuk dapat mempermudah Anda menuju lokasi, Anda bisa mengetik nama objek wisata ini di tab pencarian Google Maps.

Rute Menuju Embung Banjaroya

Rute Embung Banjaroya yang dapat Anda tempuh dari Kota Jogja adalah dengan mengarahkan kendaraan Anda ke Kabupaten Kulon Progo, kemudian menuju Jalan Pengasih, lalu ke Jalan Nasional. Dari Jalan Nasional, Anda berbelok kiri ke Jalan Sentolo Nanggulan, lalu ambil jalur ke Jalan Kalibawang-Sendangsono. Lanjutkan perjalanan Anda hingga sampai di lokasi wisata.

Rute lain yang dapat Anda tempuh jika Anda berkendara dari pusat Kota Jogja, Anda bisa melalui Jalan Godean, lurus saja ke arah barat sampai menyeberangi Sungai Progo. Ketika Anda menemukan perempatan lampu merah Kenteng, belok kanan ke arah Magelang, lanjutkan perjalanan Anda hingga Anda tiba di Rest Area Pasar Bendo, Dusun Potronalan. Dari pasar tersebut, Anda belok kiri, lurus saja mengikuti jalan sejauh kurang lebih 3 kilometer dan Anda akan sampai di lokasi wisata ini.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan kendaraan umum untuk berkunjung ke tempat ini, seperti bus umum, ojek, atau angkutan lainnya.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Fasilitas Embung Banjaroya

Saat musim liburan atau akhir pekan, tempat wisata ini akan ramai didatangi wisatawan. Biasanya wisatawan akan berburu foto di spot-spot menarik yang terdapat di tempat ini. Selain menikmati pemandangan dan suasana asri pedesaan serta berswafoto ria, pengunjung juga dapat menikmati  fasilitas Embung Banjaroya yang ditawarkan oleh pihak pengelola, yaitu:

  • Food court
  • Gazebo
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir, serta fasilitas penunjang lainnya.

Jam Operasional Embung Banjaroya Yogyakarta

Jam buka Embung Banjaroya yaitu pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Anda tak perlu khawatir, Anda bisa berkunjung kapan saja sebab tempat wisata ini buka setiap hari. Disarankan Anda berkunjung ketika cuaca sedang cerah agar bisa menikmati pemandangan yang cantik dan mendapatkan hasil foto yang oke. Selain itu, ketika sore hari Anda juga bisa melihat pemandangan air waduk yang berubah warna menjadi jingga karena terkena pantulan matahari yang akan terbenam.

Tiket Masuk Embung Banjaroya

Tak hanya menyuguhkan tempat wisata dengan fasilitas dan keindahan pemandangan, keunggulan lain yang membuat Waduk Banjaroya populer adalah tempat ini termasuk rekomendasi wisata murah meriah di Jogja. Wisatawan yang datang cukup membayar harga tiket masuk Embung Banjaroya termasuk biaya tiket parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan mobil, dan Rp 2.000 untuk kendaraan beroda dua.

Demikian informasi tentang Embung Banjaroya Yogyakarta. Bagaimana, tertarik untuk mengisi waktu liburan Anda dengan mengunjungi destinasi wisata ini? Berwisata untuk melepas kepenatan setelah beraktivitas selama sepekan ternyata tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cukup datang ke Waduk Banjaroya saja.

Dengan pesona keindahan, fasilitas yang lengkap, dan harga tiket masuk yang ramah di kantong, rasanya sayang sekali jika Anda melewatkan tempat wisata satu ini bersama orang terdekat Anda dengan memanfaatkan jasa paket wisata JogjaSemoga tulisan ini dapat menginspirasi Anda untuk mencoba tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ya.

Sudah Wisata di Embung Banjaroya ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *