Embung Batara Seiten – Wisata Hits di Gunung Kidul

Embun Batara Sriten – Rutinitas hidup yang sangat menyibukkan dan terkadang mencapai pada titik jenuh dapat membawa seseorang dalam kepenatan pikiran dan stressnya otak karena bekerja terus setiap hari. Hal tersebut dapat membuat mood seseorang menjadi malas melakukan sesuatu. Untuk mengatasi rasa jenuh, penat, serta mood yang kurang baik dapat dilakukan dengan berjalan-jalan ke tempat yang sejuk.

Embung Batara Sriten – Photo by @wibiwibisono84

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Embung Batara Sriten

Berada di salah satu tempat wisata tertentu dapat membawa kesenangan tersendiri bagi seseorang. Maka dari itu, banyak orang-orang yang berburu pergi ke tempat-tempat wisata untuk melepaskan kejenuhannya dan juga menjadikannya sebagai hobby travelling. Embun Batara Sriten Gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Tempat wisata itu sendiri sudah dibangun tahun 2014 lalu dan sudah diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tempat wisata embun batara sriten menyajikan pesona keindahan alam yang unik dan mampu untuk menghapus semua rasa penat dan jenuh yang melanda pada diri manusia.

Embung Batara Sriten – Photo by @melanienurazizahp

Selain menjadi tempat wisata di jogja yang dikunjungi oleh banyak wisatawan, Embun Batara Sriten juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sarana penampungan air untuk mengairi agrowisata manggis dan buah kelengkeng yang tumbuh di sekitarnya. Jika anda berkunjung ke sini pada sore hari, akan terasa hembusan angin yang cukup kencang dan juga hawa yang dingin.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Ketika anda mencoba berjalan menyusuri telaga di sini, anda akan melihat sebuah lapisan geo membrane yang digunakan untuk wadah penampungan air bagi warga. Di belakang embun batara, terdapat sebuah puncak mangir yang bisa ditapaki. Dari atas puncak tersebut anda bisa melihat betapa indahnya pemandangan dari waduk gajah mungkur dan rawa jombor dari kejauhan sana.

Ada satu hal yang berbeda di puncak ini, terdapat sebuah makam atau kuburan. Menurut legenda, konon katanya makam tersebut merupakan peninggalan dari Syech Wali Jati, salah satu kerabat kesultanan di masa lalu, di bukit tersebut. Dan seperti biasa, dari atas puncak ini anda bisa menikmati pemandangan sunrise dan juga sunset dari ketinggian.

Embung Batara Sriten – Photo by @mhuda1710

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Embung Batara Sriten

Tempat wisata ini juga dijadikan sebagai objek olahraga udara seperti paralayang, paramotor, dan gantole. Beberpa komunitas olahraga ini sering sekali melakukan take off dari atas puncak manggir ke kawasan embun batara sriten ini. Maka tak heran apabila anda berkunjung, anda akan melihat beberapa anggota olahraga yang sibuk dengan kegiatan ini.

Tidak lupa juga untuk melakukan hunting foto di tempat ini. Ada banyak spot-spot pemandangan yang bisa difoto karena pemandangannya yang unik. Selain itu, bagi anda yang gemar berkemah, anda juga bisa mendirikan tenda dan melakukan camping di sini. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *