Danau di Atas Bukit – Embung Nglanggeran

Embung Nlganggeran – Daerah Gunungkidul di Yogyakarta memiliki kondisi tanah yang cukup tandus dan terdapat banyak wisata alam yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat wisata alam yang mengalami kondisi tanah tersebut adalah Bukit Patuk Gunung Kidul dikarenakan lokasi ini sering dimanfaatkan unutk dibangunnya menara stasiun TV Swasta di Yogyakarta.

Embung Nglanggeran – Photo by @apriyanto_photo

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Embung Nglanggeran

Kemudian, di lokasi Embung Nglanggeran terdapat wilayah Gunung Api Purba Nglanggeran yang sering dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset maupun sunrise dari ketinggian. Keindahan yang ditawarkan juga sangat menakjubkan dan menawan. Anda juga bisa melihat pemandangan elok yang berada di atas gunung purba tersebut.

Selain itu, terdapat lokasi unik yang bisa anda kunjungi di sini yaitu Embun Nglanggeran. Awalnya embun nglanggeran merupakan gunung yang berada di sekitar Gunung Nglanggeran bernama Gunung Gandu. Kemudian, puncak gunung tersebut dipangkas untuk dijadikan sebagai telaga air yang bisa dikonsumsi oleh warga dan juga untuk meminimalisir kekeringan yang terjadi.

Embung Nglanggeran – Photo by @ari_catur_kristanto

Selain dari tadah hujan, sumber air embun ini juga berasal dari mata air Gunung Nglanggeran. Sumber mata air tersebut juga berguna untuk mengairi kebun buah yang dibangun di sekitar lokasi tersebut. Embun Nglanggeran diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2013. Setiap tahun, jumlah wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata ini kian bertambah. Dikarenakan wisata ini begitu direkomendasikan untuk didatangi. Rute menuju Embung Nglanggeran juga sagat mudah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, anda harus melaewati berbagai jalanan bebatuan dan juga tanjakan-tanjakan yang harus dihadapi. Namun, sembari menyusuri jalanan tersebut, dari pinggiran telaga ini serta di sekelilingnya anda akan melihat berbagai macam pemandangan yang indah dan luar biasa hebatnya. Seolah rasa letih bisa anda lalui dengan mudah.

Harga tiket masuk Embun Nglanggeran ini hanya sebesar 3000 rupiah per orang saja. Selain itu, dis sini juga terdapat beberapa hotel yang bisa anda gunakan untuk menginap apabila setelah pulang melakukan perjalanan yang jauh dan melelahkan. Hotel-hotel tersebut ada The Grand Palace, Prawirotaman, Malioboro Inn Hotel, Inna Garuda Hotel, dan lain-lain.

Embung Nglanggeran – Photo by @yosafatyk

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Embung Nglanggeran

Agar bisa sampai menuju lokasi wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum apabila tidak memiliki kendaraan pribadi di Jogja. Naikilah bus atau transportasi umum lainnya sampai di daerah Pathuk Gunungkidul. Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan naik ojek atau menyewa kendaraan lainnya untuk menuju lokasi. Atau bahakan anda bisa hanya dengan berjalan kaki saja.

Beberapa fasilitas yang terdapat di Embun Nglanggeran adalah tempat perkir yang luas, toilet, pendopo, dan juga warung-warung penjaja makanan untuk anda yang merasa lapar. Lalu, jika anda menaiki tangga menuju Embun Nglanggeran, ada banyak fasilitas seperti gazebo-gazebo yang dibangun sebagai tempat peristirahatan di kala lelah melanda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.