Hutan Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri Makin Cantik Buat Spot Foto

Gardu Pandang Pinus Asri Makin Cantik Buat Spot Foto – Dlingo merupakan surga bagi para pemburu foto selfie di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya di setiap sudut daerah dan lekuk Dlingo pasti selalu ada saja spot-spot unik dan menarik untuk difoto yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Jika beberapa waktu yang lalu Dlingo hits dengan tempat wisatanya yang memiliki spot selfie unik seperti Jurang Tembelan dengan spot perahu di tepi jurang, Bukit Mojo dengan spot sarang burung dan bunga mataharinya, kali ini ada satu lagi gardu pandang yang sangat wajib sekali untuk dikunjungi bagi anda yang berlibur ke daerah Dlingo ini. Gardu Pandang pinus asri adalah salah satu spot foto selfie terbaru yang berada di kawasan hutan pinus asri Yogyakarta. Hutan pinus yang terkenal dengan panggung alamnya. Gardu pandang pinus asri ini baru dibuka pada bulan Januari lalu, jadi masih terbilang baru.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah Keluarga ke Hutan Pinus Asri

Kehadiran Gardu Pandang Pinus Asri ini menjadi pelengkap keindahan alam di kawasan Hutan Pinus Asri Dlingo Bantul ini. Karena Gardu Pandang di sini membuat para pengunjungnya yang ingin berfoto selfie dapat menggunakan latar hutan dan dataran rendah imogiri sebagai latar mereka untuk berfoto selfie. Bentangan cakrawala dan perpaduan hutan pinus yang hijau alami akan memanjakan mata para pengunjung. Berbeda dengan Gardu Pandang yang berada di Bukit Mojo dan Jurang Tembelan, Gardu pandang pinus asri ini dibuat secara tidak artistik dengan bentuknya yang bermacam-macam. Meskipun demikian, konstruksinya jauh lebih kuat karena menggunakan kayu dan dibuat seperti deck lantai sehingga membuat pengunjung yang berfoto akan merasa jadi lebih nyaman dan aman. Gardu pandang ini memang sengaja dibuat begitu sederhana dan hanya berupa balkon kayu biasa karena tujuannya adalah untuk dapat melihat indahnya kawasan Imogiri dari atas.

Suasana yang sejuk serta pemandangan yang indah membentang luas, tentu saja akan membuat para pengunjung betah duduk berlama-lama sambil memandang alam di gardu pandang pinus asri ini.Namun perlu diingat bahwa, ini adalah spot foto selfie untuk banyak orang, jadi janganlah berlama-lama dan harus cepat-cepat karena banyak sekali yang antri. Mereka akan kesal melihat orang yang sengaja berlama-lama di gardu pandang tersebut. Untuk spot foto di hutan Pinus Asri ini, sangat direkomendasikan sekali untuk berkunjung saat pagi hari atau saat senja karena latar pemandangannya akan terlihat sangat indah.

Selain gardu pandang hutan pinus asri, hutan pinus asri mangunan juga menawarkan daya tarik lainnya yaitu spot foto di antara bunga-bunga yang sangat instagramable sekali untuk mengabadikan foto di sana. Pengelola wisata hutan pinus asri mangunan memang sengaja menyediakan spot foto tersebut di tengah tumbuhnya bunga-bunga cantik dan menyediakan akses menuju spot tersebut. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan dapat menginjak dan merusak bunga di taman.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Lalu, ada lagi spot foto di dalam hutan pinus asri yang sangat unik sekali, yaitu Rumah Spongebob! Apakah anda merupakan salah satu penggemar serial kartun ini? Bisa berjalan-jalan di kawasan rumah spongebob yang seperti tergambar dalam kartun tersebut merupakan impian sejak kecil dan impian-impian tersebut hanyalah berupa imajinasi belaka karena rumah-rumah unik tersebut hanya ada dalam layar kaca. Tapi sekarang, mimpi anda akan menjadi kenyataan! Dengan berkunjung ke salah satu spot foto di dalam hutan pinus asri ini, anda akan merasakan rasanya tinggal di daerah rumah Spongebob tetapi versi di atas daratan dan bukan di laut. Spot foto ini merupakan salah satu spot yang paling ngetren di sosial media khususnya instagram.

Kreativitas yang tiada batas, mungkin begitulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan fenomena tempat wisata baru yang ada di Kota Jogja ini. Jogja seolah tidak pernah kehabisan akal untuk selalu menyediakan spot foto selfie yang menarik. Dengan memadukan keindahan alam daratan dan keunikan arsitektur yang dibangun sedemikian rupa membuat Kota Jogja menjadi Kota di pulau jawa yang selalu membuat tempat-tempat wisatanya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh banyak orang. Alhasil, Hutan Pinus Asri di Mangunan Jogja inimenjadi salah satu tempat wisata Jogja yang telah dipromosikan oleh banyak selebgram-selebgram tanah air dengan followers mereka yang banyak.

Lokasi Hutan Pinus Asri

Lokasi Gardu Pandang Hutan Pinus Asri ini berada tepat di dalam kawasan hutan Pinus Asri diKabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Jam buka hutan pinus asri dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga pada pukul 18.00 WIB. Untuk gardu pandang asri ini rutenya hampir sama dengan rute menuju Bukit Mojo yaitu mengikuti arah ke kebun buah mangunan.

Rute Menuju Hutan Pinus Asri

Jika dari kota jogja, rute hutan pinus asri yang bisa anda lalui adalah sebagai berikut :

  • Ambillah arah menuju ke Terminal Giwangan
  • Kemudian lurus ke arah selatan melalui Jalan Imogiri timur
  • Terus saja mentok hingga sampai ke pertigaan pasar Imogiri. Lalu ambil arah ke kiri menuju arah ke Makam raja-raja
  • Sebelum memasuki komplek makam, anda akan melihat ada pertigaan.Ambil belokan ke kanan menuju arah kebun buah mangunan kemudian terus saja mengikuti jalan dan petunjuk yang tertera di jalan
  • Setelah sampai di bangunan bernama Mangunan Cultural Project, ambil belokan ke kiri menuju arah Jalan Hutan Pinus Nganjir
  • Lokasi Hutan Pinus Asri akan berada di sebelah kanan Jalan. Ikuti saja jalannya hingga masuk ke kawasan hutan pinus asri tersebut. Setelah sampai, anda akan menemukan spot Gardu Pandang Pinus Asri.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Asri

Untuk tiket masuk Hutan Pinus Asri dlingo bantul ini, pengunjung cukup membayar biaya parkir saja yaitu 2000 rupiah untuk parkir motor dan 10.000 rupiah untuk parkir mobil. Namun bagi anda wisatawan luar kota Jogja yang tidak memiliki kendaraan pribadi, anda dapat menggunakan jasa sewa mobil atau rental mobil jogja yang tersedia. Tentunya akan lebih mudah dan efektif. Biayanya pun terjangkau.

Baca juga: Rental Mobil Yogyakarta Untuk Wisata ke Hutan Pinus Asri

Fasilitas Gardu Pandang Pinus Asri

Fasilitas hutan pinus asri yang terdapat di hutan pinus ini cukup lengkap mulai dari tempat sampah yang tersebar di berbagai sudut, gazebo sebagai tempat peristirahatan, tempat duduk dan ada juga mushola untuk kaum muslim. Usahakan janganlah membuang sampah sembarangan di kawasan wisata ini karena akan merusak keindahan alam yang sudah dijaga sedemikian rupa. Jagalah sikap anda, jangan sampai anda tidak peduli dan melanggar aturan yang sudah dibuat di tempat wisata.

Beberapa tips bagi anda jika ingin berkunjung ke Hutan Pinus Asri adalah, usahakan menggunakan kendaraan dalam kondisi prima dan stabil karena akses jalan menuju hutan pinus Asri ini naik turun dengan ketinggian yang cukup curam, dapat membahayakan kendaraan anda jika kendaraan anda tidak dalam kondisi stabil. Selain itu, sebaiknya hindari waktu berkunjung saat waktu hujan karena jalan di hutan akan menjadi sangat becek. Selalu cek perkiraan cuaca agar dapat memperkirakan waktu yang pas untuk berlibur ke tempat ini. Jangan lupa untuk selalu membawa bekal makanan dan minuman sebagai persediaan perjalanan anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.