Goa Gelatik, Susur Goa yang Menantang bagi Wisatawan Pemberani

Goa Gelatik  Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Jam Buka, Lokasi, Rute Menuju Goa Gelatik Jogja. Goa Gelatik ialah goa dengan lorong yang ekstrim dan gelap serta hampa udara. Sehingga jika ingin  berkunjung ke objek wisata ini,  siapkan semua peralatan lengkap. Perlu diketahui menyusuri goa tidak diizinkan jika tanpa pemandu wisata. Saat ini ada paket wisata Jogja 1 hari yang bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi berbagai objek wisata di Yogyakarta.

Wisata Goa Gelatik

Syarat Susuri Goa Gelatik

Masyarakat sekitar menyebut goa ini sebagai Goa Gelatik Lorong Sewu, nama ini diberikan karena goa ini memiliki banyak lorong. Meskipun goa ini sudah berdiri sejak lama namun baru ditemukan  di tahun 2014. Wisata goa yang terkenal ekstrim ini menjadi objek wisata yang bagus bagi yang menyukai wisata menantang.

Bahkan karena sangat menantangnya, tidak diizinkan menyusuri goa sendiri. Jadi, memang diwajibkan bersama pemandu wisata. Menariknya, destinasi wisata ini menyediakan fasilitas yang memadai bahkan  hampir lengkap.

Meskipun terkenal berbahaya, goa ini tetap bisa dikunjungi dengan syarat utama memiliki pemandu wisata dan segala perlengkapan  dibawa semua. Pihak pengelola goa peduli pada keselamatan dan keamanan pengunjung selama berada dalam kawasan tersebut.

Panjang lorong gua lebih kurang 350 meter yang bisa menghabiskan waktu selama 1 jam. Jadi, kondisi tubuh juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan,  jika sedang tidak dalam kondisi baik, jangan menyusuri gua. Masih banyak waktu, sepatu boot dan helm jangan lupa dibawa.

Keindahan Goa Gelatik

Jalan menantang yang ditempuh untuk bisa menyusuri gua ini akan terbayar dengan keindahan alam yang dimiliki goa ini. Banyak jenis batu alam yang indah terdapat di dalam goa, untuk melihatnya harus menyusuri goa. Bahkan jejak turbulensinya ada yang masih dilihat dengan jelas.

Selain itu, akan ditemukan aliran sungai  di bagian dasar goa. Sangat indah pemandangan sungai ini yang menjadi habitat ikan Moa atau disebut juga ikan Naga. Pemandangan eksotis juga akan didapatkan dari stalakmit dan stalaktit yang terdapat dalam goa tersebut. Makanya sangat penting membawa alat penerang agar  berbagai benda bisa diabadikan meskipun dengan pencahayaan seadanya. Goa ini juga mendjadi rumah  ribuan kelelawar sebab goa memang menjadi habitat mereka.

Paket Wisata Goa Gelatik

Pengembangan wisata alam di goa ini tidak bisa berdiri sendiri  sehingga pengunjung dapat memilik paket kunjungan atau paket wisata ketika masuk ke kawasan ini. Paket wisata yang dimaksud ialah pemandu wisata yang menemani pengunjung sudah memiliki sertifikat. Bersama pemandu wisata ini pengunjung dapat mengunjungi beberapa goa selain Goa Gelatik yaitu Goa Pindul dan goa indah yang lainnya. Paket wisata ini juga melibatkan pihak UMKM yang tersebar di sekitar goa ini.

Lokasi Goa Gelatik

Lokasi Goa Gelatik bisa ditemukan di Gunungbang, Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55891.

Jam Buka Goa Gelatik

Jam operasional Goa Gelatik ini dibuka untuk publik setiap hari   mulai jam 08.00 pagi hingga jam 05.00.

Rute Menuju Goa Gelatik

Jarak antara pusat kota dengan lokasi goa ini sangan jauh kurang lebih  41,8 km sehingga waktu yang dibutuhkan untuk tiba di goa juga cukup lama. Satu jam lebih menggunakan  kendaraan roda dua dengan kecepatan normal. Maka rute yang ditempuh pun jauh, berbelok-belok serta bertemu dengan perempatan dan pertigaan, maka diharapkan agar sangat berhati-hati.

Mulai berjalan dari pusat kota Yogyarkarta, kemudian melalui jalan Panembahan Senopati hingga berada di jalan Sultan Agung. Lanjutkan perjalanan lurus terus melewati jalan Kusumanegara. Bertemu perempatan kemudian belok ke arah timur melewati Jalan Wonosari, lurus terus sampai tiba di tanjakan. Ikuti jalan  sampai bertemu pertigaan kemudian pilih jalan ke arah timur melewati jalan alternatif Karangmojo. Kembali jalan lurus  melewati jalan Goa Pindul pos 2. Terus ikuti jalan  hingga tiba di rute Goa Gelatik.

Rute kedua dari menggunakan jalur Wonosari, dimana pengunjung mulai berjalan di pusat kota Yogyakarta, kemudian mengambil arah menuju Wonosari. Terus ikuti jalan utama Wonosari hingga tiba di kota Wonosari. Lanjutkan perjalanan menujju Goa Pindul sebab jalan menuju Goa ini sejalur dengan Goa Pindul. Setelah memamakan waktu kurang lebih 1,5 jam, akan tiba di lokasi yang dituju.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Jika pengunjung menggunakan tranportasi umum, dapat memulai dari Bandara Adisucipto Jogja, kemudian naik Trans Jogja jalur 3B yang berhenti di terminal Giwangan. Kemudian lanjut perjalanan dengan bis rute Yogya-Wonosari  dan berhenti di perempatan Grogol. Selanjutnya gunakan jasa ojek untuk tiba ke lokasi goa  ini.,

Fasilitas Goa Gelatik

Fasilitas Goa Gelatik ini sudah lengkap dan memadai. Paling penting disediakan jasa pemandu, juga ada fasilitas minuman serta plastik jika pengunjung ingin melindungi handphone. Bahkan menariknya disediakan hotspot gratis. Namun untuk fasilitas loker, pengunjung wajib membayar Rp 2 ribu dan tersedia fasilitas jemput di jalan raya.

Tersedia  area parkir yang luas yang lengkap dengan penjaganya agar kendaraan semua pengunjung tetap aman ketika ditinggalkan oleh pemiliknya. Juga disediakan beberapa tempat sampah agar pengunjung pun bisa bekerja sama dengan pengelola goa untuk menjaga kebersihan goa. Bagi pengunjung yang tidak bisa berjalan kaki atau tidak mau jalan kaki di tanah yang licin, terutama saat di guyur hujan, objek wisata ini menyediakan fasilitas jemputan.

  • Tersedia helm yang wajib dipakai pengunjung untuk melindungi kepala dari benda tajam yang mungkin ditemukan selama menyusuri gua.
  • Tabung Oksigen untuk bantuan oksigen ketika menyusuri lorong gua yang gelap dan hampa udara  sehingga sangat berbahaya jika tidak ada oksigen.
  • Plastik disediakan untuk melindungi berbagai benda penting pengunjung mulai dari handphone dan barang lainnya.
  • Senter sebagai alat penerangan utama karena dalam doa belum dipasang arus listrik sehingga cukup gelap.
  • Air Minum  disediakan agar pengunjung tidak mengalami dehidrasi  ketika banyak tenaga terkuras untuk menyusuri goa.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Goa Gelatik

Wisata goa tidak disediakan untuk dikunjungi secara gratis oleh pengunjung, karena itu jika ingin melihat lebih jauh tentang goa ini wajib membayar tiket masuk Goa Gelatik sebesar Rp 30 ribu. Biaya ini diperlukan untuk susur gua dan pemandu wisata yang akan menemani pengunjung selama berwisata.

Pengunjung tida diizinkan melakuan susur gua sendiri tanpa adanya pemandu wisata karena kondisi lorong gua bisa dibilang ekstrim.  Jika berkunjung menggunakan kendaraan bermotor maka biaya parkir sebesar Rp 2 ribu.

Sedangkan jika pengujung datang dengan kendaraan roda empat maka  tarif parkir dipatok sebesar Rp 5 ribu. Jika berkunjung bersama rombongan menggunakan bus micro  maka tarif parkir sebesar Rp 10 ribu dan untuk kendaraan bus dikenakan biaya parkir sebesar 15 ribu.

Inilah daftar penjelasan seputar Goa Gelatik, mulai dari lokasi, jam operasional, rute hingga harga tiket masuk. Keindahan goa yang menjadi daya tarik goa juga sudah dijelaskan. Ingin berkunjung? Segara pesan paket wisata Jogja 1 hari untuk wisata lebih hemat.

Sudah Wisata di Goa Gelatik ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *