Cahaya dari Surga di Goa Jomblang

Goa Jomblang – Goa Jombang yang menjadi objek wisata di Gunung kidul lebih dikenal dengan nama Goa Jepang yang letaknya dii Alas Gedangan. Dari sejarahnya dulu sempat dijadikan tempat persembunyian dan penyimpanan senjata tentara Jepang. Dari pihak Perhutani yang mengelola bekerjasama dengan Karang Taruna Setempat kemudian menyulapnya menjadi destinasi wisata yang kaya nilai sejarah serta sebagai tempat rekreasi.

Goa Jomblang – Photo by @punyabebeth

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Goa Jomblang

Lokasi Gua Jombang tepatnya di Alas Gedangan, Mojoagung, dimana wisatawan dapat menempuh rute menuju Wonosalam. Kurang lebih 8 kilometer jaraknya berdekatan dengan Bukit Hijau Pinus yang dikenal juga sebagai destinasi wisata sejenis. Dikatakan sejenis karena sama-sama memiliki pepohonan jati disekitarnya. diberi nama alas gedangan karena banyakmya pohon jati yang terhampar didaerah gedangan Mojoagung milik Perhutani.

Goa Jomblang – Photo by @ronitidin

Selain pemandangan alami hutan jati, wisatawan juga akan disajikan pemandangan lainyang juga dapat menyejukkan mata. View jurang yang selalu dijadikan objek foto oleh wisatawan juga ada. Jadi dapat dikatakan destinasi wisata ini cukup lengkap apalagi harga tiket masuk Goa Jomblang pun relatif terjangkau. yakni hanya Rp 5000 saja per orangnya yang dapat dinayarkan diloket ketika baru masuk area ini.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Bagaimana rute menuju Goa Jombang tersebut? sangat mudah karena bisa dicapai dengan mobil maupun motor. Rute perjalanan dapat dimulai dari pertigaan Mojoagung yang terdapat Menara Air adik kecil watertoren Ringin Conthong lalu kearah selatan. Sebelum jembatan yang berukuran besar ada pertigaan Mojolegi, kemudian belok kiri mengikuti rambu penunjuk arah menuju Wonosalam serta Agrowisata Panglungan.

Jalur tidak perlu khawatir karena sudah diaspal jadi aman tidak berlumpur, sehingga ketika sudah masuk area yang banyak rumah penduduk ini menandakan sudah masuk area alas Gedangan. Setelah melihat gapura dikiri jalan yang sudah dihias dan bertuliskan Selamat Datang di Wana Wisata Goa Jepang berarti sudah sampai ditujuan. Selanjutnya tinggal masuk parkir dan membayar tiket masuk di loket. Biaya parkir pun terjangkau untuk Mobil hanya Rp 10,000 dan motor hanya Rp 5000 saja.

Goa Jomblang – Photo by @sherry_sie

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Goa Jomblang

Wana Wisata Goa Jomblang ini juga dilengkapi dengan spot foto dan rumah kayu serta berbagai infrastruktur lain yang memungkinkan membuat lokasi ini makin populer. Spot foto pun juga beragam sehingga wisatawan bisa pikih mulai dari Gardu pandang sebagai spot foto yang kini lebih populer dibandingkan Gua Jepangnya. Ini dikarenakan pengunjung akan lebih memilih untuk berfoto ria di spot selfie dibanding menjelajah area. Area spot Foto ini terdiri dari banyak gardu pandang, dimana di Wana Wisata Goa Jepang tersebut menyuguhkan pemandangan latar jurang yang terhampar sepanjang mata memandang, sebagian view tersebut adalah hutan pegunungan Anjasmoro. Memang, lokasi Wana Wisata Gua Jepang ini ada di lereng yang di bawahnya menuju jalan masuk ke Gua Jepang di Jombang.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *