Goa Langse, Wisata Spiritual Bagi Wisatawan Bernyali Pemberani

Wisata Goa Langse  Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Goa Langse. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Goa Langse dapat menyebutnya sebagai goa yang menarik. Pasalnya goa ini cukup kental dengan aura mistis sehingga bagus dikunjungi bagi pengunjung yang ingin uji nyali. Selain itu banyak cerita menarik lainnya yang akan didapati jika pengunjung datang ke lokasi dengan paket wisata Jogja 2020.

Wisata Goa Langse  Jogja

Indahnya Pantai di Dekat Goa Mistis

Goa Langse ini memiliki bangunan yang unik mulai dari lokasinya yang langsung menghadap ke lautan lepas Hindia. Jika melihat ke dalam maka seperti suatu lorong yang berada di bawah batu karang yang banyak masyarakat menganggap goa ini sebagai goa mistis. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa yang percaya berbagai objek mempunyai kekuatan spiritual.

Gua ini berada di sekitaran pantai sehingga ketika pengunjung datang berkunjung ke goa sekaligus dapat menikmati indahnya pantai. Begitu juga dengan suara ombak yang memecah pantai menjadi pemandangan khas goa ini. Uniknya saat sudah masuk ke dalam goa, pengunjung dapat menemukan sebuah sumur air tawar di dalamnya  dan juga banyak hiasan goa dari stalaktit dan stalakmit.

Akses Menuju Lokasi Goa Langse

Akses untuk tiba di Goa Langse bisa dibilang lumayan sulit dan pengunjung harus berhati-hati. Lokasi goa yang tidak jauh dengan bukit Paranggendong ini tidak susah ditemukan sebenarnya. Sebab ada palang yang mengarahkan ke lokasi. Tetapi jika pengunjung masih merasa kesulitan nanti ada pemandu di lokasi tersebut. Pengunjung dapat meminta bantuan pemandu wisata agar bisa tiba di lokasi.

Tebing yang cukup terjal akan ditemukan dan dirasakan langsung oleh pengunjung ke tika menjelajah goa. Hal inilah pentingnya pemandu wisata terutama untuk pengunjung yang belum pernah datang ke goa ini. Jika pengunjung salah melangkah akan ada risiko yang harus ditanggung makanya harus ikuti kata pemandu wisata.

Selain itu, jalan untuk tiba di lokasi pun tidak sebagus jalan raya sebab di sini jalannya kombinasi ataupun perpaduan antara akar, tangga dengan benjolan bebatuan. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana ekstrimnya akses menuju goa.

Pengunjung tidak dapat memarkirkan kendaraan di dekat goa sebab tidak ada area parkir. Sehingga cukup jauh pengunjung harus berjalan kaki dari area parkir menuju goa ini. Jalanan yang tidak datar akan dilewati hingga  tiba di goa. Memang cukup melelahkan tetapi sangat menyenangkan sebagai olahraga sekaligus berwisata.

Jalur  menuju Goa sangat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat setempat.  Setelah jalur yang ditumbuhi pepohonan, kemudian akan bertemu tebing dimana pengunjung sangat berhati-hati agar bisa tiba di spot yang diinginkan. Jangan kejar dengan waktu agar tidak terburu-buru sehingga lupa berhati-hati.

Setelah turun dari tebing, nantinya akan bertemu dengan jalur akhir yang sudah datar  dan tantangan yang sebenarnya akan dimulai setelah ini. Jika hilang keseimbangan saat mendaki ialah suatu hal yang berbahaya makanya sangat dibutuhkan pemandu wisata.

Ibu Tua Berjalan di Pintu Goa

Pintu masuk Goa Langse bisa terlihat jelas setelah melewati jalur di atas. Tampak seorang ibu yang sudah tua berjualan di pintu masuk ini. Kemudian  melihat ke sebelah kiri dari tangga masuk ada tempat istirahat yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Ketika mulai masuk untuk menjelajahi goa, pengunjung dapat merasakan suatu energi yang menyelimuti dinding goa ini. Goa yang memiliki lebar kurang lebih 10 meter ini memiliki panjang hingga 30 meter. Tangga disediakan hingga jalan mengecil dan ini menjadi pengalaman yang sulit dilupakan.

Kemudian pengunjung dapat menyaksikan titik petilasan  dimana spot ini dimanfaatkan peziarah untuk bersemedi. Pengunjung yang berhenti di titik ini dan mencoba untuk tenang dan hening, bisa saja merasakan udara yang dingin.

Berjalan ke dalam goa jika tidak membawa senter maka suasana gelap akan sangat terasa hawa mistisnya. Hening tanpa ada suara yang mengganggu dan jika diresapi maka akan terasa daya magis yang kuat dalam goa ini.

Lokasi Menuju Goa Langse

Lokasi Goa Langse bisa ditemukan  di tebing pantai selatan yang berada di Padukuhan Gabug, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Namun jika dilihat dari rute maka goa ini berada di Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Jam Operasional Goa Langse

Jam operasional Goa Langse dibuka setiap hari selama 24 jam sehingga pengunjung bisa datang ke sini hari apa saja, baik itu hari weekdays ataupun saat weekend.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Rute Menuju Goa Langse

Jarak dari pusat kota Jogja ke lokasi kurang lebih 31 kilometer sehingga membutuhkan lebih dari satu jam untuk melewati rute Goa Langse. Pengunjung yang mengambil jalur dari pusat kota Jogja kemudian ambil arah menuju Pantai Parang Tritis yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 27 km. Kemudian silakan bergerak ke arah timur dan jika bingung pengunjung dapat bertanya pada warga lokal.

Fasilitas Goa Langse

Fasilitas Goa Langse ini tidak begitu diutamakan. Makanan atau minuman pengunjung dapat membeli di juru kunci yang memang ada di lokasi goa ini. Namun fasilitas yang sudah jelas adanya pos penjagaan, lahan parkir dan pemandu wisata. Kemudian  di sini juga ada semacam pondokan yang dibangun oleh kelompok kepercayaan.

Biaya Tiket Masuk dan Harga Parkir

Biaya tiket masuk bagi pengunjung yang ingin masuk ke Goa Langse sebesar Rp 10 ribu. Kemudian untuk biaya pemandu wisata sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan untuk biaya parkir tidak ada patokan harga khusus tetapi pengunjung dapat memberikan biaya seikhlasnya. Kendaraan yang di simpan sementara di area parkir aman sebab ada pos penjagaan juga di sekitar goa ini.

Menggunakan pemandu wisata memang sangat disarankan mengingat jalur menjelajahi goa bukan suatu hal yang mudah. Namun, hal yang menguntungkan ialah pemandu wisata ini bukan saya sebagai penunjuk arah tetapi juga akan membantu pengunjung untuk membawa air dan makanan. Sehingga membayar dengan harga Rp 100 ribu tersebut tidak membuat pengunjung rugi.

Tips Berkunjung

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Goa Langse ialah goa yang kental dengan daya magisnya, sehingga bagi pengunjung yang tidak suka atau takut dengan hal seperti jangan berkunjung ke goa ini.

  • Pengunjung yang takut ketingggian tidak disarankan untuk berkunjung menjelajahi goa.
  • Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, sebaiknya jangan alasan kaki high heels untuk perempuan. Bisa menggunakan sepatu agar lebih nyaman dan aman.
  • Jika ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal, jangan melewati jam 15.00 WIB. Sebab jarak dari pusat kota Jogja saja membutuhkan waktu satu jam, kemudian akses naik turun bukit pun memakan waktu 1 jam. Sehingga tidak cukup waktu untuk menjelajahi area dalam goa dengan tenang dan menyenangkan.

Nah, itulah penjelasan bagaimana terjalnya perjalanan menuju Goa Langse dan kekuatan mistis yang ada di dalam goa. Silakan pesan paket wisata Jogja 2020 untuk kunjungan hemat dan menyenangkan.

Sudah Wisata di Goa Langse Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *