Serunya Bermain Air di Goa Pindul

Goa Pindul – Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasi Goa Pindul berada di desa bejiharjo kecamatan karangmojo kabupaten gunung kidul Yogyakarta. Goa pindul memiliki aliran sungai yang terdapat di bawah tanah goad an memanjang hingga ke luar ekor goa. Tempat wisata alam ini sudah dibuka sejak tahun 2010 lalu dan sudah dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di luar kota Jogja.

Goa Pindul – Photo by @faridznasir

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Goa Pindul

Goa pindul memiliki panjang hingga 350 meter dan lebar yang mencapai 5 meter. Kedalaman dari goa ini setinggi 5 hingga 12 meter. Dan jarak dari permukaan air hingga kea tap goa adalah 4 meter. Bagi anda yang gemar berpetualang menjelajahi goa, anda bisa berkunjung ke sini melihat berbagai keindahan dan keeksotisan dari goa pindul yang satu ini.

Agar bisa menyusuri goa pindul, anda bisa menggunakan sebuah ban karet atau yang biasa disebut cavetubing untuk melindungi anda dari aliran sungai di goa. Dibandingkan dengan goa-goa lainnya, aliran air sungai yang terdapat di goa ini tergolong tenang dan bersahabat. Bahkan ibu yang sedang hamil pun bisa menggunakan cavetubing di sini dengan aman sehingga bisa menjelajahi seluruh isi goa sepuasnya.

Goa Pindul – Photo [email protected]

Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Untuk harga tiket masuk goa pindul yang bertujuan untuk menyusuri kedalaman goanya akan dikenakan biaya sebesar 35.000 per orang untuk sewa perlengkapan cavetubing. Biaya tersebut sudah termasuk peralatan menyusuri goa seperti ban pelampung, rompi, sepatu karet, pemandu, dan asuransi keselamatan jiwa. Namun jika anda membawa perlengkapan cavetubing sendiri, anda tidak akan dikenakan biaya sewa lagi, dan sudah bisa bersiap menjelajahi goa menggunakan perlengkapan anda.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Goa Pindul

Bagi anda yang berniat berkunjung ke wisata alam goa ini, rute menuju Goa Pindul cukup mudah untuk diakses menggunakan kendaraan pribadi. Dari kota Jogja, lakukan perjalanan menuju kota wonosari lalu lanjutkan hingga menuju desa bejiharjo. Dari sana, ikuti saja jalalan aspal hingga anda menemukan papan petunjuk menuju goa pindul.

Wisata alam goa pindul terletak pada ujung jalan daerah pindul sehingga tidak akan sulit untuk menemukan lokasi ini. Anda bisa menempuh perjalanan ini menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Jalanannya pun juga sudah diaspal sedemikian rupa guna memudahkan para wisatawan yang ingin pergi mengunjungi tempat ini.

Goa Pindul – Photo by @oporayamburanti

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Goa Pindul

Beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini adalah :

  • Anda bisa mengunjungi sungai oya yang paling terkenal di Jogja untuk menikmati keindahan alam dari suara gemercik air sungai tersebut.
  • Anda juga bisa menyewa beberapa perlengkapan untuk melakukan rafting di sungai Oya. Di sini, anda bisa menguji adrenalin anda dalam memenuhi tantangan tersebut.
  • Di dekat goa pindul, terdapat goa lagi yang bernama goa gelatik. Hampir sama dengan goa pindul hanya saja goa ini tidak memiliki aliran sungai di dalamnya sehingga disebut sebagai goa kering.
  • Membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada banyak sekali jajanan-jajanan di dekat wisata alam ini yang akan menggugah selera anda. Jajanan-jajanan kuliner nusantara yang bisa dibawa pulang tersebut di antaranya adalah bakpia pathok, yangko, geplak, gudeg, coklat monggo, dan salak pondoh. Di sini juga terdapat baju dan kain batik khas Jogja yang bisa anda beli dan anda bawa pulang untuk kerabat terdekat anda.

Bagaimana manurut anda? Apakah anda tertarik mengunjungi wisata alam goa pindul yang berada di Jogja ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.