Sejarah Unik Goa Rancang Kencono Jogja

Goa Rancang Kencana – Salah satu goa dengan keunikan yang berbeda di wilayah Gunungkidul Yogyakarta adalah Goa Rancang Kencono. Goa ini memiliki keunikan yang menjadi ciri khas tersendiri bagi destinasi wisata tersebut. Goa Rancang Kencono menyimpan banyak sekali misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang ini dikarenakan adanya pemikiran dan dugaan bahwa sejak ratusan tahun yang lalu, goa ini pernah dijamak oleh bangsa manusia.

Goa Rancang Kencana – Photo by @mimosa.aya

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Goa Rancang Kencono

Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat bukti sejarah dari Situs Bleberan yang menyimpan berbagai benda-benda peninggalan manusia purba pada zaman megalitikum, dimana lokasi penyimpanan benda-benda bersejarah tersebut dekat dengan lokasi goa Rancang Kencono. Goa Rancang Kencono merupakan salah satu goa tersembunyi dalam perut bumi yang menawarkan panorama alam goa yang memukau.

Di dalam goa tersebut terdapat sebuah ruangan lapang yang memiliki luas sebesar 20 meter x 20 meter dan memiliki ketinggian setinggi 12 meter. Biasanya, ruangan ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara seserahan. Ada pula yang menggunakannya sebagai area camping, karena areanya yang cukup luas. Dan di tengah-tengah goa terdapat pohon yang besar.

Goa Rancang Kencono – Photo by @mimosa.aya

Sinar matahari yang masih bisa masuk ke dalam ruangan goa tersebut menjadikannya sebagai goa yang tidak terlalu gelap gulita. Tidak banyak terdapat ornament-ornamen khusus pada dinding goa. Hanya ada beberapa batuan stalagtit yang menghiasai setiap atap goa. Bebatuan tersebut memudahkan pengunjung dalam melakukan aktivitas-aktivitas tertentu di goa tersebut. Untuk harga tiket masuk Goa Rancang Kencono terbilang bersahabat alias murah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Ada juga satu ruangan kecil yang berada di sebelah ruangan luas tersebut. Namun tempat tersebut sangat gelap, tidak seperti ruangan luas yang masih mendapatkan sinar matahari agar tidak gelap gulita. Agar dapat memasuki ruangan kecil tersebut, anda harus melalui celah kecil dan sempit, serta merundukkan badan anda untuk bisa mencapai area tersebut.

Meski harus begitu, ketika sudah sampai di ruangan kecil tersebut, anda dapat melihat adanya lukisan bendera merah putih yang terdapat pada dinding ruangan tersebut. Pada lukisan tersebut tertulis beberapa kata-kata dan makna yang memiliki arti semangat juang yang tinggi sehingga dapat memberikan gambaran kepada para wisatawan terhadap para pejuang zaman dahulu ketika mereka memperjuangkan Indonesia dari jajahan. Rute menuju Goa Rancang Kencono juga terbilang sangat mudah.

Goa Rancang Kencono – Photo by @akbariwan

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Goa Rancang Kencono

Bagi anda yang ingin berkunjung ke goa rancang kencono, anda bisa langsung menuju ke alamat pedukuhan Menggoran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Namun, bagi anda yang berasal dari luar Jogja, disarankan untuk menyewa mobil atau mengikuti paket tour wisata Jogja.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi goa vertikal yang terdapat di pegunungan kapur Gunungkidul ini? Berwisata ke goa dapat menjadikan pengetahuan alam anda bertambah serta dapat menyusuri jejak sejarah pahlawan Indonesia.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.