Goa Selarong Bantul, Saksi Bisu Perjuangan Pangeran Diponegoro

Goa Selarong Bantul – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Goa Selarong Bantul. Bagi Anda yang suka dengan objek – objek wisata alam dan sejarah, Jogja adalah salah satu kota yang kaya dengan berbagai destinasi wisata alam dan sejarah yang menarik. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda pilih untuk kunjungi saat Anda datang ke Jogja. Salah satunya adalah Goa Selarong Bantul. Goa ini dikabarkan merupakan goa yang menjadi saksi bisu sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro pada masa penjajahan dulu.

Goa Selarong Bantul

Berwisata Sambil Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Bantul

Ada banyak goa yang ada di Indonesia, khususnya Jogja. Di antara banyaknya destinasi wisata goa, ada satu goa yang menarik untuk dikunjungi. Yaitu Goa Selarong Bantul. Selain dari keindahannya, Goa Selarong Bantul juga terkenal karena menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro di masa penjajahan.

Kabarnya, goa ini pernah digunakan di masa perjuangan Pangeran Diponegoro sebagai benteng pertahanan bersama dengan para pasukannya. Karena itu, banyak orang yang juga menyebut Goa Selarong Bantul sebagai Goa Diponegoro.

Bukan hanya penyebutannya saja, jika Anda datang ke goa ini, Anda akan menemukan patung Pangeran Diponegoro yang diletakkan di gapura goa. Keberadaan patung ini merupakan salah satu bentuk penghormatan atas perjuangan Pangeran Diponegoro dan pasukannya dalam melawan penjajah.

Patung tersebut menggambarkan kegagahan Pangeran Diponegoro yang sedang duduk di atas kuda dengan menggunakan jubah hitam. Adanya patung ini dimaknai sebagai lambang perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro dalam melawan tentara Belanda yang datang ke tanah air.

Selain patung Pangeran Diponegoro yang memakai jubah hitam, Anda juga bisa menemukan patung Pangeran Diponegoro dengan jubah putih tidak jauh dari area parkir.

Goa Selarong Bantul berawal dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro saat bersembunyi dari serangan tentara Belanda. Pasukan Pangeran Diponegoro yang saat itu kalah dalam senjata pun mundur dan menyusun ulang strategi. Pada saat itu, Pangeran Diponegoro dan pasukannya bersembunyi di dalam Goa Selarong.

Sekilas, Goa Selarong ini memang akan terlihat sebagai goa buntu. Namun, ternyata goa ini berhasil menyembunyikan Pangeran Diponegoro dan pasukannya untuk sementara. Karena itu, Goa Selarong diibaratkan sebagai pintu gaib untuk pasukan Pangeran Diponegoro bersembunyi.

Goa Selarong pada dasarnya merupakan perbukitan kapur dengan tinggi sekitar 35 meter. Ada sekitar 400 tangga yang perlu Anda naiki untuk bisa mencapai goa ini. Akan tetapi, lebar Goa Selarong hanya sekitar 3 meter dengan tinggi tidak lebih dari 2 meter dan panjang hanya sekitar 3 meter.

Banyak orang yang menganggap Goa Selarong sebagai tempat yang angker. Salah satu alasannya karena kadang kala setiap malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon, terdengar bunyi gamelan ditabuh dari dalam goa.

Ada beberapa larangan yang wajib dihindari oleh orang yang berkunjung ke goa ini. Yaitu menjadikan Goa Selarong sebagai tempat pesugihan. Kabarnya, apabila melanggar maka akan ada bencana besar yang datang. Meski begitu, selama Anda tidak melakukan larangan tersebut, Goa Selarong masih menjadi goa yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Goa Selarong Bantul

Goa Selarong berada di Daerah Bantul, Yogyakarta. Tepatnya di Desa Waktu Gedung, Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa datang ke Goa Selarong dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Rute ke Goa Selarong Bantul

Goa Selarong Bantul berjarak sekitar 32 menit dari pusat 0 kilometer kota Jogja jika Anda datang dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dari pusat kota menuju Goa Selarong Bantul kira – kira berjarak sekitar 12,7 kilometer.

Anda bisa mengambil jalan kea rah timur menuju Jalan Panembahan Senopati jika datang dari pusat 0 km Kota Yogyakarta. Selanjutnya, setelah menemukan perempatan, ambil jalan ke arah selatan melewati jalan Brigjend Katamso. Lalu lurus terus hingga menemukan perempatan barat dan melewati Jalan Mayjend Sutoyo.

Dari Jalan Mayjend Sutoyo, Anda bisa lurus terus hingga menemukan perempatan. Kemudian lanjut ke selatan menuju Jalan DI Panjaitan dan lurus hingga perempatan. Selanjutnya belok ke arah barat melewati Jalan Suryodiningrat dan lurus terus hingga menemukan pertigaan.

Setelah sampai di pertigaan, ambil belokan ke selatan menuju Jalan Bantul dan lurus terus hingga menemukan pertigaan selanjutnya. Kemudian belok ke barat melewati Jalan Selarong. Dari sini, Anda tinggal lurus terus di Jalan Goa Selarong hingga menemukan penanda lokasi objek wisata Goa Selarong Bantul.

Fasilitas di Goa Selarong Bantul

Sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, tentu saja Goa Selarong Bantul sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi objek wisata Goa Selarong Bantul dengan tenang dan nyaman.

Sebagaimana destinasi wisata pada umumnya, Goa Selarong Bantul memiliki fasilitas toilet umum atau kamar mandi dan tempat ibadah yang nyaman. Selain itu, ada juga sarana bermain untuk anak – anak yang bisa Anda manfaatkan jika Anda datang ke tempat ini bersama anak dan keluarga.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Ada juga beberapa pendopo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai atau beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan wisata Anda. Jika mau, Anda juga bisa menginap atau camping di Goa Selarong ini. Ada area perkemahan atau camping yang biasa digunakan pengunjung untuk bermalam dan camping sambil menikmati suasana alam di Goa Selarong.

Area parkir yang ada di Goa Selarong Bantul juga cukup luas. Bukan hanya untuk parkir kendaraan pribadi saja, area parkir di Goa Selarong juga cukup untuk Anda yang datang menggunakan bus. Sehingga, jika Anda ingin datang bersama dengan rombongan, Anda tidak perlu khawatir dengan area parkirnya.

Jam Operasional Goa Selarong Bantul

Goa Selarong Bantul dibuka setiap hari sepanjang pekan. Mulai hari senin sampai dengan hari minggu. Karena itu, Anda bisa mengunjungi goa ini baik pada saat weekend maupun weekday. Jangan lupa juga untuk memperhatikan jam buka atau jam operasional goa ini. Anda bisa berkunjung ke Goa Selarong Bantul sejak pukul 8 pagi hari sampai dengan pukul 5 sore.

Tiket Masuk Goa Selarong Bantul

Tiket masuk Goa Selarong Bantul sangat terjangkau. Anda bisa memasuki objek wisata satu ini dengan biaya sebesar 3000 Rupiah per orang saja. Dengan harga tiket masuk tersebut, Anda bisa menikmati seluruh keindahan alam Goa Selarong Bantul sepuasnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan goa selama Anda berkunjung.

Selain itu, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga harus membayar biaya tiket parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda bawa. Untuk motor, biaya parkirnya adalah sebesar 2000 Rupiah per kendaraan. Sedangkan jika Anda datang dengan menggunakan mobil atau bus, biaya parkirnya berkisar mulai dari 5.000 hingga 10.000 Rupiah per kendaraan. Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan taman wisata ini dalam daftar tempat kunjungan paket wisata Jogja.

Sudah Wisata di Goa Selarong ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *