Goa Seplawan, Wisata Susur Goa yang Indah dan Menawan

Goa Seplawan Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Goa Seplawan. Goa adalah salah satu lokasi wisata yang menarik. Jika Anda adalah seorang pencinta alam, maka mengunjungi goa bisa menjadi salah satu alternatif untuk tujuan wisata Anda. Sebagai pilihan, Anda bisa memilih untuk menelusuri keindahan Goa Seplawan. Untuk liburan, Anda bisa menggunakan paket wisata Jogja dengan pilihan ke tempat wisata Goa Seplawan.

Wisata Goa Seplawan

Mengunjungi Goa Seplawan yang Indah dan Menawan

Goa Seplawan merupakan goa yang memiliki panjang hingga 750 meter. Goa ini berada di ketinggian sekitar 900 mdpl Pegunungan Menoreh. Jadi goa ini menawarkan pemandangan pegunungan yang begitu indah disertai dengan pesona alam bawah tanah yang dimilikinya.

Kawasan wisata Goa Seplawan ini memiliki udara yang begitu sejuk. Begitu menginjakkan kaki di sini, Anda pasti akan langsung menghitup bersihnya udara yang disertai dengan sejuknya hawa.

Untuk mencapai tempat wisata di jogja yaitu Goa Seplawan, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja dari lokasi parker. Karena lokasi Goa Seplawan ini tidak jauh dari lokasi parker, jadi Anda bisa dengan mudah mencapai tempat yang Anda inginkan.

Sebelum masuk ke dalam Goa Seplawan, Anda akan bertemu dengan patung berukuran besar yang merupakan replika dari arca emas Dewa Siwa dengan Dewi Parwati. Arca ini ditemukan bersaman dengan ditemukannya Goa Seplawan.

Dulu di sekitar tahun 1970, konon Goa Seplawan ini ditemukan bersamaan dengan ditemukannya patung emas yang besar. Setelah diteliti oleh ahli sejarah, baru diketahui bahwa patung emas itu adalah patung perwujudan dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Sekarang ini, patung emas yang asli itu disimpan dengan baik di Museum Nasional Jakarta. Nah, sebagai tanda bukti ditemukannya patung emas di daerah ini, maka dibuatlah replika dari patung emas ini. Hal ini menandakan bahwa Goa Seplawan memiliki nilai sejarah yang sangat  tinggi.

Pengunjung bisa merasakan keindahan wisata alam yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Alamnya begitu tenang dan membuat hati tentram. Dengan keindahan alamnya, hati Anda yang kusut akan berubah jadi berwarna kembali.

Ketika Anda menelusuri goa ini, Anda tidak perlu menggunakan peralatan khusus. Hal ini dikarenakan karena medannya sangat aman dan mudah. Bahkan Anda tidak perlu membawa alat penerangan khusus, karena di dalam goa ini sudah tersedia lampu penerangan di sepanjang jalur.

Memasuki goa ini, Anda harus turun melalui tangga yang sudah disediakan. Ketika sudah mencapai mulut goa, Anda sudah bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang beragam bentuknya.

Dalam beberapa meter, Anda akan menemukan sebuah kolam yang memiliki air begitu jernih. Untuk melanjutkan perjalanan lagi, Anda harus menaiki tangga berukuran kecil serta masuk ke lorong goa yang hanya bisa memuat satu orang.

Setelah melewati lorong, Anda pasti akan bergetar dengan pemandangan goa yang indah. Goa ini memiliki diameter yang besar. Selain itu, keindahan goa ini terlihat di sepanjang jalan 750 meter.

Puas menikmati keindahan dalam goa, Anda pasti akan bingung untuk mencari jalan keluar. Karena goa ini tidak memiliki tembusan ke titik tertentu, maka Anda harus putar balik untuk keluar dari goa melalui pintu masuk pertama.

Sebenarnya goa ini mempunyai cabang yang banyak. Akan tetapi cabang tersebut tidak diberi penerangan karena merupakan goa vertikal dan berlumpur. Sehingga tempat ini sering disebut dengan istana lumpur.

Lokasi Goa Seplawan

Lokasi Goa Seplawan tepatnya terletak di Desa Donorejo. Dengan Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Goa ini berada di Pegunungan Menoreh yang membentang antara Kecamatan Bagelan sampai Kabupaten Magelang. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta dan berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl. Tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan panorama alam dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Rute Goa Seplawan

Rute menuju Goa Seplawan yang bisa Anda tempuh untuk menuju Goa Seplawan adalah sebagai berikut :

  • Dari arah kota Yogyakarta, ambillah rute menuju arah Samigaluh dengan melewati jalur Godean.
  • Lalu lurus terus menuju arah Goa Kiskendo.
  • Jika sudah sampai di Goa Kiskendo, lihatlah papan petunjuk arah yang menunjukkan arah Goa Seplawan/ Purworejo.
  • Setelah itu, Anda hanya harus mengikuti jalan hingga Anda sampai ke tempat Goa Seplawan berada.

Setiap melakukan perjalanan, Anda jangan sampai lupa untuk selalu melihat papan petunjuk arah agar tidak tersesat di jalan. Walau pun rutenya terlihat mudah, Anda harus menyiapkan diri untuk meyusuri goa sepanjang 750 meter  ini.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Fasilitas yang Tersedia

Wisata Goa Seplawan ini menyediakan beberapa fasilitas yang ramah bagi pengunjung. Fasilitas Goa Seplawan yang tersedia di antaranya sebagai berikut :

  • Area parkir
  • Kamar mandi atau WC
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Gardu pandang

Tidak hanya keindahan goa yang bisa Anda lihat di tempat ini. Jika ke tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan kota Jogja melalui gardu pandang Goa Seplawan.

Bukan hanya kota Jogja, di gardu pandang ini pun Anda juga bisa melihat Waduk Sermo yang letaknya di Kulonprogo. Bahkan jika Anda naik ke puncak sisi kanan gardu pandang ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Jam Buka atau jam Operasional Wisata Goa Seplawan

Jam buka Goa Seplawan ialah setiap hari dari Senin sampai Minggu. Jam operasional tempat wisata jogja Goa Seplawan yaitu pukul 08.00 hingga pukul 17.00. tempai wisata ini biasanya ramai didatangi oleh pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu. Apa lagi jika musim liburan, pengunjung yang dating ke tempat ini meningkat drastis.

Jadi Anda memiliki kebebasan waktu untuk mengunjungi tempat wisata Goa Seplawan karena wisata ini dibuka setiap hari. Lebih bebas lagi jika Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini  bersama paket wisata Jogja. Anda pasti akan mendapatkan waktu yang tepat untuk berkunjung ke goa ini.

Harga Tiket Masuk Goa Seplawan

Harga tiket masuk Goa Seplawan tidak dipatok dengan mahal sehingga pengunjung bisa membayar tiket masuk secara dengan sangat mudah. Pengunjung yang datang hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja. Untuk tarif parker biasanya hanya berkisar Rp 2.000 saja. Sangat murah kan ?

Yogjakarta menyediakan banyak fasilitas wisata yang disertai dengan banyak kemudahan untuk Anda. Ada banyak agen paket tour Jogja yang sudah terpercaya. Agen ini tentunya telah berpengalaman dalam bidangnya. NaganTour menyediakan banyak pilihan wisata yang menarik dan sangat cocok untuk mengisi waktu liburan Anda bersama orang terkasih Anda. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin berwisata di Kota Jogja.

Sudah Wisata di Goa Seplawan?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *