Goa Sriti Kulonprogo, Goa Menarik bagi Para Pecinta Akan Sejarah

Goa Sriti Kulonprogo Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Jam Buka, Rute, Lokasi Menuju Goa Sriti Kulonprogo. Goa Sriti Kulonprogo ialah salah satu spot wisata sejarah yang bisa ditemukan di Yogyakarta. Goa ini disusuri harus bersama pemandu wisata, sehingga jika ingin berkunjung coba hubungi paket wisata Jogja untuk mengetahui berapa biaya yang perlu disiapkan.

Wisata Goa Sriti Kulonprogo

Daya Tarik Goa

Hampir sama dengan Goa Gelatik dimana salah satu daya tarik Goa Sriti Kulonprogo terletak pada keindahan stalaktit dan stalakmit  yang menggantung di dalam goa berbentuk tetesan air. Daya tarik selanjutnya  goa ini menyimpan sejarah sehingga menambah pengetahuan siapa yang menyusuri goa ini.

Lokasinya bisa dibilang tersembunyi sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Jika mencari objek wisata yang  jauh dari hiruk pikuk kota, sebaiknya coba berkunjung ke goa ini. Alasan goa ini menjadi objek wisata sejarah  sebab goa ini salah satu peninggalan pahlawan nasional Pangeran Diponegoro dari Yogyakarta. Pahlawan ini memanfaatkan Goa Sriti untuk tempat persembunyian, ketika pusat perang di kawasan bukit Menoreh.

Masyarakat sekitar berprofesi sebagai petani dan ada juga pedagang kecil, dimana hanya beberapa rumah saja yang terdapat di sekitar goa. Sehingga lebih sepi daripada penduduk kota yang padat, terutama di hari  libur. Nilai jual Goa Sriti Kulonprogo terletak pada sejarah yang dimiliki goa ini.

Objek Wisata Spesial

Disebut sebagai objek wisata spesial karena  Goa Sriti Kulonprogo dulunya digunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai tempat untuk bersembunyi ketika perang. Selain itu, proses pelantikan Pangeran Diponegoro untuk menjadi seorang sultan juga dilaksanakan di goa ini.

Bagi yang suka dengan objek bersejarah, jangan lewatkan objek wisata ini. Selain untuk melihat lebih luas tentang alam, goa ini bagus sebagai wisata edukasi sehingga masyarakat Indonesia tak melupakan pahlawan yang ikut berusaha mendapatkan kemerdekaan.

Tips Berkunjung

Agar perjalanan liburan menyusuri goa nyaman dan berjalan lancar, sebaiknya ikuti tips berikut.

  • Menggunakan pakaian yang sopan dan nyaman. Jangan gunakan pakaian yang sekiranya membahayakan diri sendiri. Pertimbangkan pakaian untuk lokasi yang licin.
  • Dengarkan semua arahan dari pemandu wisata, jangan membantah atau berlagak sok tahu dengan segala hal. Meskipun sudah banyak goa yang dikunjungi, tetapi saat berkunjung ke Goa Sriti Kulonprogo, pengunjung tetap harus ikuti apa yang dikatakan pemandu wisata. Tujuan pemandu wisata agar pengunjung lebih mudah menyusuri goa, menjaga keselamatan pengunjung agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan.
  • Bagi yang memiliki riwayat penyakit sesak nafas yang tidak memungkinkan untuk berkunjung ke goa, maka jangan berkunjung.
  • Menyusuri goa sangat diperlukan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan prima. Sebab berwisata ke goa tak sama dengan wisata air atau wisata alam seperti taman dan kolam.
  • Sebelum mulai masuk ke goa, isi perut dulu dengan makanan dan minuman. Sebab butuh energi yang lumayan banyak sehingga jika tidak makan dan minum maka energi tidak ada. Jangan sampai berhenti di tengah jalan hanya karena sakit mag kambuh sebab belum makan.
  • Resiko susur goa ini cukup tinggi, ini perlu dipertimbangkan kembali sebelum masuk ke kawasan wisata ini.

Lokasi Goa Sriti Kulonprogo

Lokasi Goa Sriti Kulonprogo bisa ditemukan di Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55673.

Jam Operasional Goa Sriti Kulonprogo

Jam buka Goa Sriti Kulonprogo selalu dibuka untuk pengunjung selama 24 jam, mulai hari Senin hingga hari Minggu.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Rute Goa Sriti Kulonprogo

Rute Goa Sriti Kulonprogo berada di Jogja bagian barat, pengunjung bisa datang berkunjung dengan kendaraan pribadi ataupun bus pariwisata. Namun, jarak antara spot wisata dengan pusat kota cukup jauh kurang lebih 30 km tetapi dengan kondisi jalan yang baik. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

  • Pengunjung yang mulai berjalan dari tugu pal putih Jogja, arahkan kendaraan menuju arah barat sampai Kenteng, Nanggulan. Selanjutnya belok ke kanan ke arah Magelang hingga tiba di Dekso. Belum berhenti di sini, pengunjung harus  lanjut perjalanan  hingga Kalibawang kemudian ikuti arah ke kiri menuju Samigaluh. Terus jalan hingga bertemu patung Pangeran Diponegoro yang nantinya terdapat petunjuk untuk tiba di lokasi goa.
  • Rute kedua yang bisa ditempuh dimulai dari pusat kota Yogyakarta menuju Jalan KH Ahmad Dahlan kemudian teruskan perjalanan melwati Jalan Wates. Setelah tiba di perempatan  kemudian belok ke utara melewati Jalan Siliwangi. Bertemu lagi dengan perempatan kemudian belok ke barat melewati Jalan Godean. Jalan lurus terus hingga di perempatan, kemudian belok ke utara melwati Godean-tempel. Kemudian bertemu pertigaan, belok arah ke barat melewati Jalan Daratan 3, jalan lurus terus kemudian belok ke kanan. Bertemu lagi dengan pertigaan kemudian belok ke kiri hingga melewati Jalan Dekso Samigaluh yang selanjutnya tiba di Goa Sriti Kulonprogo.

Fasilitas Goa Sriti Kulonprogo

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung Goa Sriti Kulonprogo diantaranya peralatan caving, sama seperti jika pengunjung ingin menyusuri Goa Gelatik. Juga tersedia peralatan pelampung, area parkir dan pemandu wisata. Sebaiknya tidak susur goa sendiri tanpa ditemani pemandu wisata, apalagi untuk pengunjung yang pertama kali wisata goa.

Fasilitas pendukung juga disediakan untuk pengunjung diantaranya :

  • Pemandu wisata yang sudah dijelaskan di atas untuk memandu para pengunjung menyusuri seluruh bagian goa. Sebenarnya pengunjung wajib sewa pemandu wisata karena tidak diizinkan susur goa tanpa ada pemandu wisata.
  • Helm juga disediakan agar kepala pengunjung saat menyusuri goa terjaga dari segi keamanan dan keselamatan. Sebab kondisi dan topografi goa tak selalu mendatar, begitu juga bagian atap goa ada yang curam dan ada yang tidak. Helm membuat perjalanan wisata lebih mudah dan lancar.
  • Senter  berguna sebagai alat penerangan utama saat menyusuri gua sebab bagian dalam goa gelap.
  • Air minum berguna untuk mencegah dehidrasi pengunjung dan pemandu wisata saat masuk ke dalam goa, sebab susur goa sangat menguras tenaga.
  • Tabung oksigen dibutuhkan untuk oksigen cadangan  jika tiba di lokasi gua yang tidak ada udara atau hampa udara, sehingga dengan adanya tabung oksigen, tetap bisa bernafas dengan baik.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Harga tiket Goa Sriti Kulonprogo sebesar Rp 30 ribu setiap orang, sama halnya jika berkunjung. Harga yang sangat terjangkau ini, pengunjung sudah mendapatkan banyak fasilitas   dan bisa menyusuri sepanjang goa dengan puas bersama pemandu wisata.

Keuntungan lainnya, dengan harga tersebut pengunjung bebas menyusuri tanpa ada batas waktu, juga bebas mengambil gambar yang diinginkan. Sementara itu, pengunjung yang berkunjung dengan kendaraan bermotor maka biaya parkir yang wajib dikeluarkan sebesar Rp 2 ribu. Sedangkan  untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu.

Sekian artikel tentag Goa Sriti Kulonprogo yang bisa dikunjungi dengan sewa pemandu wisata. Jangan lupa gunakan paket wisata Jogja untuk wisata lebih hemat.

Sudah Wisata di Goa Sriti Kulonprogo?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *