Goa Tanding, Serunya Wisata Telusur Goa Menggunakan Perahu Karet

Goa Tanding Jogja – Tiket masuk, fasilitas, rute, lokasi menuju Goa Tanding Jogja. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Gunung Kidul. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata alam termasuk juga wisata goa. Salah satu wisata goa yang menarik untuk dicoba adalah Goa Tanding. Pesona keindahan Goa Tanding bisa dibilang tidak kalah dengan goa lain yang ada di daerah Gunung Kidul ini.

Wisata Susur Goa Tanding

Berwisata Alam Sambil Berpetualang Menelusuri Goa Dengan Perahu Karet di Goa Tanding

Gunung Kidul memang memiliki beberapa goa yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Tanding. Sebelum nama Goa Tanding muncul, Goa Pindul lebih dulu dikenal sebagai destinasi wisata goa oleh orang – orang. Namun, jika dibandingkan, tentu saja keindahan Goa Tanding masih tidak kalah indah dibandingkan dengan Goa Pindul.

Goa ini dinamakan Goa Tanding diambil dari nama salah seorang warga Bening Harjo yang bernama Harto Tanding. Kabarnya, pada awalnya, mbah Harto berencana untuk membuat sumur air dan memulai penggalian sumur. Setelah berlangsung lama, sumur masih juga tidak ditemukan. Namun, galian yang dibuat semakin dalam. Karena sangat dalam, tanpa sengaja goa ini ditemukan dan diberi nama Goa Tanding.

Pada awalnya, akses menuju Goa Tanding hanya bisa dilalui melewati sumur mbah Harto. Namun, bagian dalam goa tetap cukup luas. Bahkan melebihi luas Goa Pindul. Karena luas yang melebihi Goa Pindul dan juga keindahan bagian dalam goa yang juga memukau, nama Goa Tanding juga sering dianggap sebagai “Tanding” dari Goa Pindul atau goa lainnya yang dikenal lebih dulu.

Meskipun begitu, ada berbagai perbedaan lain yang membuat goa ini berbeda dari goa lainnya. Salah satunya adalah keberadaan sungai bawah tanah yang ada di goa ini. Ada sebuah sungai yang berada di bagian dalam Goa Tanding. Pengunjung bisa menyusuri goa ini dengan menyusuri sungai bawah tanah yang ada di Goa Tanding.

Menyusuri Goa Tanding bisa dilakukan dengan menggunakan perahu karet yang sudah tersedia. Biasanya, penelusuran dilakukan secara berkelompok. Anda akan melihat bagaimana keindahan Goa Tanding dan sungai yang ada di dalamnya. Kedalaman sungai di Goa Tanding ini berkisar 4 meter. Sedangkan jarak dari permukaan sungai ke langit – langit goa adalah sekitar 5 hingga 16 meter tergantung kontur goa yang dilalui.

Panjang Goa Tanding kira – kira mencapai 460 meter. Dan untuk menyusuri Goa Tanding dengan menggunakan perahu karet kira – kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Sepanjang perjalanan, Anda juga akan menemukan pemandangan stalagtit dan stalagmite yang eksostis.

Beberapa stalaktit dan stalagmite yang ada di dalam Goa Tanding juga ada yang masih aktif. Untuk melihat keindahan sekaligus membuktikannya, Anda bisa menyorotkan lampu senter ke arah stalaktit dan stalagmite ini. Akan terlihat keindahan dari kerlap kerlip Kristal yang ada di stalaktit dan stalagmite tersebut.

Selain menikmati pengalaman susur goa, Anda juga bisa mencoba terapi ikan yang ada di bagian luar goa. Tepatnya sekitar 20 meter dari goa. Untuk bisa mencoba terapi ikan, Anda perlu turun ke bawah menuju pintu masuk. Berbeda dari terapi ikan pada umumnya, terapi ikan di Goa Tanding tidak menggunakan kolam buatan. Akan tetapi langsung di air jernih yang mengalir. Anda yang senang mencoba terapi ikan harus mencoba pengalaman terapi ikan di Goa Tanding ini.

Lokasi Goa Tanding

Goa Tanding berada di daerah Gunung Kidul. Tepatnya di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda bisa datang ke Goa Tanding dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Tidak jauh dari lokasi Goa Tanding yang bisa digunakan untuk susur goa juga terdapat lokasi wisata Goa Tanding. Sehingga Anda bisa memilih untuk sekedar berwisata atau ikut mencoba menelusuri Goa Tanding dengan menggunakan perahu karet.

Selain itu, tidak jauh dari sana juga terdapat lokasi wisata goa lainnya. Jika Anda memiliki cukup waktu, Anda juga bisa mencoba mampir ke wisata goa lain yang ada di daerah ini.

Rute ke Goa Tanding

Rute ke Goa Tanding bisa ditempuh kurang lebih selama 80 menit atau 1 jam 20 menit. Waktu tempuh ini adalah waktu yang kira – kira diperlukan untuk sampai ke Goa Tanding dari pusat kota Jogja menggunakan motor saat kondisi lalu lintas relative lancar.

Untuk datang ke Goa Tanding dari pusat kota Jogja, Anda bisa melalui Jalan KH Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Pangurakan dan lanjur ke Jalan Kusumanegara. Setelah sampai di Gedong Kuning, lanjurkan perjalanan ke Jalan Wonosari, lalu Jalan Nasional III. Selanjutnya, ambil arah melewati Jalan Alternatif Karang Mojo, ke Jalan Goa Pindul Pos – 2, lalu Jalan Goa Pindul Pos – 1, dan ikuti jalan hingga sampai ke Goa Tanding.

Fasilitas di Goa Tanding

Fasilitas yang tersedia di Goa Tanding juga sudah relative lengkap. Sehingga, wisatawan yang datang ke tempat ini bisa merasa tenang dan nyaman. Ada beberapa fasilitas dasar umum yang biasa ada di tempat wisata. Seperti kamar mandi, mushala, dan tempat parkir yang bisa Anda manfaatkan.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Selain itu, saat Anda mengambil paket susur goa, Anda juga akan mendapatkan fasilitas tambahan. Yaitu helm, kapal karet, dan jaket pelampung. Selain itu, harga tiket masuk ke Goa Tanding juga sudah termasuk biaya asuransi dan pemandu wisata juga.

Di samping itu, ada juga fasilitas penitipan barang, makan, dan minum untuk setiap peserta yang berani menantang diri dan merasakan langsung keseruan menyusuri Goa Tanding dengan menggunakan perahu karet.

Jam Operasional Goa Tanding

Jam operasional Goa Tanding cukup memperhatikan kondisi alam dan cuaca. Namun, secara umum Anda bisa  mengunjunginya sepanjang pekan selama ada petugas yang menjaga. Ada baiknya Anda datang ke Goa Tanding pada jam yang masih terhitung pagi seperti jam 8 pagi akan pengalaman di tempat ini lebih terasa.

Datang ke Goa Tanding di pagi hari juga memberikan Anda kesempatan yang lebih lama untuk menikmati keindahan Goa Tanding dan area – area yang ada di sekitarnya.

Tiket Masuk Goa Tanding

Harga tiket masuk ke Goa Tanding terbagi beberapa bagian tergantung tujuan wisata yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda ingin datang ke kawasan Goa Tanding saja, Anda cukup membayar biaya retribusi masuk ke kawasan seharga 10.000 Rupiah per orang.

Dan jika Anda ingin mengeksplorasi Goa Tanding sambil melakukan susur sungai, ada biaya tambahan lagi yang perlu Anda keluarkan. Jika Anda wisatawan local, Anda perlu membayar sebesar 150.000 Rupiah untuk mendapatkan pengalaman susur sungai di Goa Tanding. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dana yang diperlukan adalah sebesar 200.000 Rupiah per orang.

Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata ini dalam daftar tempat kunjungan Paket Wisata Jogja. Atau menggunakan rental mobil jogja sudah termasuk mobil + driver + bbm.

Sudah Wisata di Goa Tanding ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *