Blusukan ke Obyek Wisata Grojogan Pucung

Grojogan Pucung – Sama seperti objek wisata alam lainnya, Grojokan Pucung yang merupakan air terjun memang sangat mengandalkan keindahan untuk menarik wisatawan. Lokasi Grojokan Pucung sendiri ada di Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55771. Karena tidak terlalu mudah dicari dan ada di Google Maps, maka traveler jangan khawatir akan tersesat ketika ingin mencapai objek wisata tersebut.

Grojogan Pucung – PHoto by @uki_indonesia

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Grojogan Pucung

Rute Menuju Grojogan Pucung

Untuk mencapainya, rute menuju Gojokan Pucung yang paling dekat adalah melalui jalur Imogiri atau Siluk lalu menuju ke Parangtritis. Setelah sampai di Parangtritis, kemudian masukilah Desa Seloharjo, Pundong. Dari Desa Selo kampung Pucung, maka destinasi wisata ini sudah sangat dekat. Jangan lupa untuk langsung bertanya saja ke masyarakat desa dimanakah arah menuju lokasi Kampung Pucung daripada tersesat. Meskipun menggunakan GPS tetapi akan sangat menyenangkan jika bertanya langsung dan menjalin komunikasi dengan warga sekitar.

Banyak hal yang menarik di Grojokan Pucung bagi para traveler yang suka tantangan. Misalnya saja jalanan yang belum diaspal, bahkan sebagian masih dibuat model setapak yang tentu sangat menarik dan unik. Di sepanjang perjalanan, bagian kanan kirinya lengkap dengan pepohonan nan rindang. Tidak ada salahnya untuk menjepret beberapa foto baik pemandangan maupun selfie seru supaya rasa lelah tidak terlalu terasa.

Grojogan Pucung – Photo by @nusaku.id

Bagi traveler yang merencanakan untuk bertandang ke destinasi wisata alam ini, maka sebaiknya memilih waktu awal atau akhir musim hujan dimana suasana lebih lembap tetapi tidak terlalu beresiko longsor. Ada beberapa ciri khas dari sumber mata air yang ada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu cenderung surut bahkan kering di musim kemarau. Tentunya, traveler pasti tidak ingin setelah bersusah payah ke sana ternyata airnya surut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Saat pergi ke lokasi wisata di jogja ini, jangan lupa untuk membawa berbagai macam perbekalan seperti snack, baju ganti, dan alat – alat berpetualang lainnya. Karena masih sepi, maka pengunjung bisa melakukan piknik atau sedikit pesta barbeku di tengah hutan belantara. Bayangkan betapa asyinya momen liburan di tempat ini.

Selain pesta barbeku atau piknik, tentunya berenang memang tidak bisa dilepaskan dari objek wisata air terjun. Karena alirannya cukup panjang, jadi para traveler akan bisa merasakan renang bebas di tengah hutan dengan ditemani aneka jenis flora dan fauna khas Jawa. Air yang jernih dengan kedalaman variatif sangat bisa menjamu keinginan para pengunjung untuk merelaksasi pikiran penat setelah beraktifitas hampir setahun penuh. Apalagi jika pilihan pergi ke sana jatuh pada hari libur, maka momen tersebut akan sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Grojogan Pucung

Harga tiket masuk Grojokan Pucung masih belum ditentukan oleh Dinas Pariwisata karena objeknya masih sangat baru dan alami. Beberapa tahun ke depan ada perencanaan untuk mengembangkan destinasi wisata ini menjadi lebih baru, lebih lengkap fasilitas dan tanpa mengurangi keindahan alaminya. Itulah beberapa hal yang masih direncanakan pemerintah.

Grojogan Pucung – Photo by @ihsanudn

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Grojogan Pucung

Meskipun harga tiketnya masih belum ditentukan, tetapi ada biaya parkir yang biasa diberikan pada masyarakat sekitar sebagai jasa untuk menjagakan kendaraan para pengunjung. Jika perlu, sebaiknya berikan uang lebih sehingga suatu saat jika main ke sana lagi para warga akan lebih familiar dan dekat.

Intinya, manfaatkan tempat wisata alam semaksimal mungkin tetapi jangan lupa untuk menjaga kelestariannya. Contoh cara menjaga kelestarian di objek wisata alam yang paling penting adalah tidak mencorat coret pohon dan bebatuan serta membawa kembali sampai kemasan makanan atau minuman. Jadi, loasi wisata akan tetap indah dan hal ini tidak hanya berlaku untuk Grojokan Pucung saja.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.