Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Unik Bertingkat 6 di Jogja

Grojogan Watu Purbo – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju Grojogan Watu Purbo. Merupakan destinasi wisata alam yang belakangan ini sempat viral di Yogyakarta. Hal yang membuat wisata Grojogan Watu Purbo unik bila dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya ialah pemandangan alam yang asri di sekitar 6 tingkatan air terjun. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sering menjulukinya sebagai miniatur Air Terjun Niagara.

Bila Anda tertarik untuk menghabiskan liburan di Grojogan Watu Purbo, Anda dapat memanfaatkan fasilitas paket tour Jogja hingga penginapan dan tempat kuliner yang terdapat di daerah tersebut. Bagi Anda yang ingin melepas penat setelah bekerja dan ingin merasakan sensasi menyejukkan alam Jogja, tak perlu jauh-jauh ke perbatasan Kanada dan Amerika Serikat, kunjungi saja Grojogan Watu Purbo Jogja.

Objek Wisata Grojogan Watu Purbo

Sekilas Tentang Grojogan Watu Purbo yang Tengah Hits di Sosial Media

Grojogan Watu Purbo mulanya adalah sabo dam yang berada di aliran Sungai Krasak. Dam bertingkat yang dibangun pada tahun 1975 ini berfungsi untuk menahan lahar dingin yang berasal dari Gunung Merapi.

Dulunya, lokasi ini menjadi tempat penambangan pasir. Karena aktifitas penambangan pasir ini menyebabkan kerusakan tebing di sisi kanan dan kiri aliran sungai, maka di tahun 1985 aktifitas penambangan pasir dihentikan. Beberapa waktu kemudian, lokasi tersebut mulai dialih fungsikan dan dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Akan tetapi, hingga saat ini pengunjung masih dapat melihat sisa penambangan pasir tersebut. Di sana terdapat cekungan yang merupakan bekas galian pasir di aliran sungai. GWP sempat beberapa waktu tidak terurus hingga pada tahun 2018 masyarakat sekitar berinisiatif mengembangkannya menjadi lokasi wisata alam alternatif. Pada awal tahun 2020, destinasi wisata ini mulai viral di media sosial, meski masih berada dalam tahap pembenahan dan pengembangan.

Kata grojogan yang terdapat pada nama air terjun ini memiliki makna air terjun. Sementara kata watu purbo yang diambil dari Bahasa Jawa ini memiliki arti batu purba. Diberi nama demikian, karena di sisi kiri dan kanan aliran air terjun GWP terdapat bebatuan yang berukuran raksasa.

Aliran air dari GWP ini bersumber dari Sungai Bebeng dan Sungai Krasak yang berada di lereng Gunung Merapi. Ketinggian air terjun di tempat ini pun bervariasi, mulai dari 3 meter hingga 7 meter.

Lokasi Grojogan Watu Purbo Yogyakarta

Lokasi Grojogan Watu Purbo tidak jauh dari jalan raya Jogja – Magelang, hanya kurang lebih 2,5 kilometer saja, yaitu di Desa Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 5552. Lokasi wisata ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan.

Namun, jika Anda masih merasa kebingungan, Anda dapat memanfaatkan bantuan Google Maps sebagai pemandu perjalanan Anda. Selain itu, Anda tak perlu merasa sungkan untuk bertanya pada penduduk sekitar bila Anda belum menemukan lokasi air terjun ini.

Rute Grojogan Watu Purbo Jogja

Rute Grojogan Watu Purbo yang dapat Anda tempuh yaitu dari Jalan Magelang, Anda berbelok ke arah utara di lampu merah Tempel Turi Sleman. Kemudian Anda memasuki Gapura Desa Merdikorejo hingga Anda menemukan papan penunjuk jalan menurju lokasi GWP. Selanjutnya, Anda hanya perlu menempuh jalan yang belum diaspal sejauh 700 meter hingga sampai di lokasi air terjun.

Jika Anda berniat untuk bersepeda menuju GWP, Anda juga dapat menempuh daerah Jombor menuju arah Segeyan, lalu ke Cebongan, sampai melintasi pasar yang berada di bawah jembatan Krasak. Terdapat dua jalur bersepeda ketika mendekati lokasi air terjun, yakni jalur atas dan jalur bawah. Di jalur atas terdapat lapak warga setempat yang menjual jajanan-jajanan pasar. Semetara jalur bawah yang terdapat turunan tapi tidak terlalu tajam ini menawarkan pemandangan yang indah untuk diabadikan.

Fasilitas Grojogan Watu Purbo

Selain fasilitas utama yakni spot foto yang eksotis dan luar biasa indah, juga terdapat beberapa fasilitas Grojogan Watu Purbo lain, di antaranya :

  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Tempat Ibadah
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Jembatan Bambu
  • Persewaan Ban
  • Persewaan Motor Atv
  • Spot Memancing
  • Taman Bunga
  • Spot Bersepeda

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Para wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini biasanya tak hanya datang untuk berfoto saja, tapi juga sebagai tempat tujuan bersepeda, berenang dan bermain air. Untuk dapat sampai ke lokasi air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 200 meter dari tempat parkir kendaraan.

Namun, akses jalan menuju lokasi yang berada di tengah-tengah hutan ini sudah cukup baik dan terdapat pegangan sebagai pengaman yang mengapit jalan berundak. Meski telah terdapat pegangan, Anda perlu berhati-hati sebab jalanan menuju air terjun yang paling bawah masih berupa tanah sehingga cukup licin saat musim hujan. GWP juga menyediakan fasilitas 42 warung yang dikelola sendiri untuk menjaga perut pengunjung agar tidak keroncongan.

Rencana ke depannya, GWP juga akan dilengkapi fasilitas pendukung lain layaknya destinasi wisata yang populer di Jogja, seperti fasilitas outbond hingga home stay bagi pengunjung yang ingin menetap.

Jam Buka Grojogan Watu Purbo

Jam Buka Grojogan Watu Purbo yaitu pukul 06.00 – 18.00 WIB. Anda tak perlu khawatir, sebab wisata air terjun ini buka setiap hari. Bila Anda mengunjungi air terjun pada musim kemarau, aliran air di lokasi ini memang tidak terlalu deras.

Ketika cuaca cerah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dari lokasi air terjun. Namun sebaliknya, jika Anda berkunjung ketika musim penghujan, maka Anda akan mendapati aliran air terjun yang begitu deras. Selain menikmati aliran air terjun yang deras, di musim hujan lokasi ini akan dikelilingi kabut yang segar dan sejuk.

Pada hari biasa, rata-rata pengunjung yang datang mencapai 2000 pengunjung. Tetapi ketika akhir pekan dan hari libur, pengunjung dapat membludak hingga mencapai 10000 pengunjung.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo

Jika Anda ingin berwisata ke tempat ini, harga tiket masuk atau htm Grojogan Watu Purbo relatif murah, sebab Anda hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan saja. Berikut adalah uraian tentang harga tarif parkir berdasarkan jenis kendaraan tersebut.

  • Sepeda                                  : Rp 3.000
  • Sepeda motor                      : Rp 5.000
  • Mobil                                    : Rp 10.000
  • Bus kecil (30 orang)          : Rp 30.000
  • Bus besar                             : Rp 50.000

Murah sekali bukan? Dengan harga tiket yang murah meriah, Anda sudah dapat berwisata alam di lokasi yang keren.

Cukup sekian ulasan tentang Grojogan Watu Purbo Jogja. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, destinasi ini cocok untuk Anda kunjungi. Rasakan kesejukan alam dan serunya liburan bersama keluarga di air terjun ini. Bukan hanya keluarga, teman atau pasangan yang suka traveling di objek wisata alam.

Anda juga dapat mengunggah foto-foto liburan yang instagramable setelah berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa untuk menambahkan GWP dalam list kunjungan paket wisata Jogja Anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur !

Sudah Wisata di Grojogan Watu Purbo ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *