Grojokan Lepo Dlingo yang Indah dan Menyejukkan

Grojokan Lerpo – Sebagai salah satu negara dengan kenampakan alam terindah di dunia, Indonesia memiliki ratusan lokasi wisata air terjun yang alami dan sangat menarik untuk dilihat. Tidak hanya karena keindahannya, air terjun di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke juga memiliki keunikan masing – masing. Salah satu tempat wisata air terjun yang recommended adalah Grojokan Lepo Dlingo.

Grojokan Lepo – Photo by @ekajullia

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Grojokan Lepo

Apa yang menarik dari Grojokan Lepo Dlingo? Tentunya, sama dengan tempat wisata air terjun lain, objek ini memiliki keindahan alam yang sangat berkualitas. Banyak turis domestik dan mancangara yang datang ke destinasi ini.

Lokasi Grojokan Lepo

Lokasi Grojokan Lepo Dlingo adalah di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. objek wisata ini tampak serupa dengan Erawan Falls yaitu salah satu air terjun yang ada di Thailand. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh bentang alam dan kondisi geografis yang mirip antara negara – negara tropis atau sub tropis di Asean. Jadi, keuntungannya bagi masyarakat Indonesia adalah tidak perlu jauh – jauh ke Thailand untuk bisa mengakses liburan mengasyikkan dengan sajian alam nan indah.

Aliran air yang jernih ditambah tatanan batu alam sangat terawat dan dijaga kelestariannya oleh warga setempat. Selain itu, banyak juga ditemukan tanaman hijau aneka jenis dan beberapa satwa liar berukuran kecil seperti tupai atau burung. Pada bagian lain dari Grojokan Lepo Dlingo ada air terjun mini yang mengalirkan air menuju kolam di bawahnya. Kolam itu diberi nama curug sesuai dengan istilah yang sering beredar di kalangan masyarakat asal Jawa Barat.

Grojokan Lepo – Photo by @andrehndr

Karena air terjun mini dan kolamnya tidak dalam, maka wisatawan yang membawa anak – anak bisa mengajak mereka berenang di sini. Meskipun dangkal, tetapi harus ada pengawasan dari orangtua karena bisa jadi bagian batunya agak licin. Lokasi yang aman ini berbeda dengan bagian yang ada pada tingkat kedua. Di tingkat kedua ada sisi yang cukup curam serta licin. Sebaiknya jangan mengajak anak – anak ke sana.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Bentuk fisik dari tingkat kedua tersebut adalah bebatuan berbentuk balok besar dengan susunan seperti buatan manusia. Namun, batu tersebut memang masih alami sehingga tampak begitu indah. Selain batu – batuan, ada juga kolam yang cocok digunakan pengunjung dewasa untuk relaksasi dan bermain air. Tidak hanya itu, titik ini juga cukup instagramable untuk digunakan sebagai objek fotografi.

Pada bagian paling bawah ada lokasi untuk berenang orang dewasa lain dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Air yang ada di sana sangat dingin dan menyenangkan untuk dipakai mandi karena dapat melancarkan metabolisme.

Rute Menuju Grojokan Lepo

Untuk mencapainya, rute menuju Grojokan Lepo Dlingo adalah melewati daerah Krebet dan jalanan dari tanah yang cukup sempit dengan pepohonan di kanan kirinya. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan untuk mengecek kondisi fisik sebelum memutuskan untuk berwisata ke tempat ini. Jangan mengajak manula atau anak yang terlalu kecil karena bisa jadi mereka akan terbebani karena tidak ada akses lain untuk menujunya.

Grojokan Lepo – Photo by @dnamustika

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Grojokan Lepo

Harga Tiket Masuk Grojokan Lepo

Jika para pengunjung naik mobil ke lokasi ini, maka harus membayar harga tiket masuk Grojokan Lepo berupa biaya parkir sebesar Rp 10.000,00. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,00. Sementara itu harga tiket masuk Grojokan Lepo Dlingo belum ditentukan. Air terjun yang satu ini memang masih perlu banyak pengembangan di sana sini untuk bisa semakin baik di masa depan. Namun, kesadaran warga setempat sudah sangat baik sehingga bisa membantu meningkatkan kualitasnya.

Jadi, jangan ragu untuk menjadikan Grojokan Lepo Dlingo menjadi salah satu destinasi yang diagendakan. Selain alami dan indah, bermain air di tampat ini juga amat merelaksasi pikiran yang penat.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *