Gunung Bagus : Spot ala Bukit Teletubbies di Gunung Kidul

Wisata Gunung Bagus Gunung Kidul – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Gunung Bagus. Yogyakarta terutama di Gunung Kidul, memiliki banyak spot wisata yang dapat dikunjungi terutama di akhir pekan. Salah satunya adalah di Gunung Bagus.

Tempat ini menyajikan pemandangan yang tiada duanya. Perpaduan antara Bukit Teletubbies dan bukit yang ada di Sumba menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi dengan paket wisata Jogja yang pastinya akan mengantarkan Anda ke tujuan wisata yang Anda mau.

Wisata Gunung Bagus Gunung Kidul

Menikmati Nuansa Bukit Ala New Zealand dengan Kearifan Lokal di Gunung Bagus Gunung Kidul

Gunung kidul memiliki sejuta pesona termasuk di Gunung Bagus. Berbeda dibandingkan bukit Teletubbies, di Gunung Bagus menyajikan pemandangan bukit-bukit seperti yang ada di New Zealand. Di sekeliling tempat tersebut adalah ladang jagung. Apalagi jika Anda memotret pemandangan dari atas, misalnya dengan drone, Anda akan mendapati keindahan dan hijaunya pemandangan. Dengan bukit-bukit kecil berwarna hijau, menampilkan pola menarik tersendiri.

Pada dasarnya, bukit ini merupakan hutan rakyat yang awalnya adalah hutan jati kemudian dirubah menjadi perkebunan jagung yang petaninya merupakan warna di sekitar tempat tersebut. Area milik DInas Kehutanan DIY ini memiliki luas sekitar 82 ha.

Saat masih ditanami jati, adanya bukit karts kecil yang seperti mengumpul di satu tempat belum terlalu terlihat. Kemudian setelah dibabat dan dimanfaatkan warga sebagai perkebunan jagung, bentuk bukit dengan pola unik ini menjadi daya tarik tersendiri.

Area ini sudah lama ada namun baru terkenal atau booming di tahun 2019. Banyak wisatawan baik yang dari dalam kota ataupun luar kota berbondong untuk berkunjung di tempat yang dinamakan Gunung Bagus ini. Umumnya, masyarakat atau pengunjung yang datang ke tempat wisata ini untuk berfoto. Dengan pemandangan bukit-bukit di belakang sebagai background.

Waktu yang tepat untuk berkunjung atau berwisata di tempat ini adalah saat sore hari atau pagi hari. Misalnya jam 6. Ini disebabkan karena di waktu tersebut, Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan perbukitan yang hijau namun juga sunrise. Perpaduan warna hijau dan orange menjadi atraksi menarik tersendiri untuk berfoto.

Disarankan datang ketika musim penghujan karena ladang jagung akan terlihat lebih hijau. Sehingga akan membuat foto semakin menarik. Walau begitu, agar foto Anda tidak terganggu oleh cuaca, maka Anda sebaiknya datang lebih pagi dan di saat cuaca yang cerah.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda jadikan tempat untuk berfoto. Selain di ladang jagung yang ada di bagian atas, Anda juga bisa berfoto di jalan perkebunan, di sisi ataupun di tengan jalan yang beraspal. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat berfoto agar Anda tetap nyaman dan aman. Ini karena jalan di Giring cukup ramai apalagi jika musim liburan karena banyak yang ingin liburan ke pantai.

Jika bisa, sebaiknya datang waktu weekday atau waktu hari kerja. Karena jika sudah memasuki weekend dan liburan panjang seperti liburan sekolah, kawasan ini cukup ramai didatangi oleh wisatawan dari dalam dan luar kota. Apalagi jika salah satu tujuan Anda adalah untuk menikmati keindahan alam yang dipadukan dengan suasana yang tidak terlalu ramai. Sehingga Anda bisa merasakan kesejukan dan pesona alam di Gunung Bagus.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan untuk berfoto. Seperti yang diketahui, jika area ini merupakan kawasan hutan yang ditanami jagung varietas unggul. Sehingga jika pun Anda ingin foto, Anda tidak diperkenankan untuk merusak ladang jagung yang ada di kawasan tersebut.

Lokasi Gunung Bagus Gunung Kidul

Gunung Bagus berada di Yogyakarta yang jika Anda berada di Kota Pelajar, Anda bisa berkunjung di waktu Anda waktu luang. Apalagi, lokasinya berdekatan dengan Pantai Baron Lokasi Gunung Bagus tepatnya di Candi, Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta 58871. Jadi, setelah atau sebelum ke Baron, Anda bisa berkunjung lebih dahulu ke Gunung Bagus.

Rute Menuju Gunung Bagus Gunung Kidul

Untuk sampai ke Gunung Bagus, Anda tidak perlu cemas jika jalanan rusak. Karena rute wisata Gunung Bagus sudah beraspal halus. Baik dengan mobil ataupun motor, Anda bisa melewati jalanan ini. untuk sampai di lokasi wisata ini, Anda harus melewati Jl. Wonosari lebih dahulu.

Setelah itu Anda akan sampai bunderan SIyono Wonosari lalu ambil ke arah selatan. Hingga perempatan pancuran, arahkan kendaraan ke Jl. Ki Ageng Giring hingga pertigaan wereng. Lalu ambil kanan yang menuju ke Jl. Raya WOnosari-Paliyan. Lurus saja hingga sampai pertigaan ke Giring Singkil. Ambil jalan lurus ke arah Jl. Giring SIngkil hingga 3 km. nantinya Gunung Bagus ada di sekitaran Jl. Giring. Tepatnya dekat dengan Balai Desa Giring.

Agar lebih mudah, jika Anda pernah atau sering ke Pantai Baron, Anda tinggal menuju ke arah Pantai Baron. Butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk perjalanan dari Jogja ke Gunung Bagus, Gunung Kidul.

Fasilitas Gunung Bagus Gunung Kidul

Dikarenakan Gunung Bagus memang belum bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang benar-benar diolah dan dipelihara, sehingga fasilitas Gunung Bagus juga belum lengkap. Untuk sekedar kamar mandi atau tempat parkir, fasilitas tersebut sudah ada di Gunung Bagus.

Anda harus membayar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Rp 3.000 untuk biaya kendaraan roda empat. Sedangkan jika Anda menggunakan kamar mandi, Anda harus membayar Rp 2.000. namun, agar memudahkan untuk keluar, mengingat area parkir tidak terlalu luas, pilih lokasi yang akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan kendaraan Anda.

Di kawasan ini juga sudah disediakan tong sampah di titik tertentu. Tujuannya, agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga kawasan wisata ini tetap terjaga kebersihannya dan nyaman untuk dikunjungi.

Terdapat pula mushola di Gunung Bagus Gunung Kidul. Jadi ketika waktu shalat tiba, Anda bisa langsung beribadah di tempat ini. namun, agar lebih nyaman saat beribadah ataupun tidak berebutan untuk shalat, sebaiknya Anda membawa mukena tersendiri.

Untuk warung atau tempat makan, di kawasan ini sudah banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Apalagi semakin lama orang yang berkunjung semakin padat. Namun pastikan sampah dibuang pada tempatnya agar Bukit Teletubbies Gunung Kidul ini tetap bersih.

Harga Tiket Masuk Gunung Bagus

Hingga saat ini, belum ada tiket masuk khusus untuk ke Area Gunung Bagus. Anda bisa langsung masuk tanpa membeli tiket masuk Gunung Bagus. Namun, Anda harus membayar biaya parkir.

Itulah informasi sekilas mengenai Gunung Bagus yang menjadi spot wisata terbaru di Gunung Kidul. Untuk bisa menjelajah lebih banyak lagi wisata di Jogja apalagi jika Anda datang bersama dengan rombongan Anda, ada paket tour Jogja dari NiagaTour yang akan selalu menjadi solusi untuk Anda. Anda bisa juga memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour. Jadi, jangan ragu dan pilih NiagaTour sebagai teman perjalanan Anda di Jogja!

Sudah Wisata ke Gunung Bagus Gunung Kidul?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *