Cantiknya Pesona Gunung Gentong Gedangsari

Gunung Gentong Gedangsari – Kabupaten Gunung Kidul di daerah istimewa Yogyakarta memang selalu menawarkan tempat-tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan asing atau traveler-traveler yang gemar pergi berpetualang ke tempat-tempat alam. Kini, ada sebuah tempat wisata di daerah yang kerap tandus dan sering mengalami kekeringan saat musim kemarau. Tempat itu bernama Gunung gentong gedangsari gunung kidul atau biasa disingkat sebagai 4G oleh beberapa warga yang tinggal di sekitar sana.

Gunung Gentong Gedangsari – Photo by @ld_bitun.k

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Gunung Gentong Gedangsari

Puncak gunung ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Dari atas puncak gunung ini, para wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan hiaju yang membentang luas. Selain itu puncak gunung ini juga bisa dijadikan sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset dan juga sunrise apabila cuacanya sangat mendukung.

Menurut beberapa wisatawan yang sudah pergi ke sana, mereka merasa seperti di atas awan ketika sudah berada di puncak, dikarenakan adanya kabut-kabut yang menyelimuti puncak gunung sehingga terlihat seolah-olah seperti sedang duduk di atas awan. Apalagi jika difoto dari kejauhan akan tampak foto seperti melayang di udara.

Harga Tiket Masuk Gunung Gentong Gedangsari

Untuk harga tiket masuk gunung gentong gedangsari gunung kidul, wisatawan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Jadi, untuk masuk ke kawasan ini masih terbilang gratis. Tarif parkir untuk motor adalah 3.000 rupiah, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya 5.000 rupiah. Setiap harinya, tempat wisata 4G ini bisa dikunjungi hingga hampir 200 orang pengunjung.

Wisatawan juga dapat berkemah di tempat ini, dan hanya dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah saja untuk per malamnya. Para pengunjung yang ingin berkemah juga hendaknya meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola wisata, karena pengunjung yang tidak berniat untuk berkemah akan diminta untuk turun dari puncak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunung Gentong Gedangsari – Photo by @ayuatari

Lokasi Gunung Gentong Gedangsari

Lokasi gunung gentong gedangsari gunung kidul ini untuk lebih tepatnya barada di alamat dusun manggung kaelurahan ngalang kecamatan gedangsari kabupaten gunung kidul Yogyakarta. Tempat ini tidak jauh dari lokasi wisata green village gedangsari yang juga menjadi salah satu tempat wisata terkenal yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Gunung Gentong Gedangsari

Untuk rute menuju gunung gentong gedangsari gunung kidul ini aksesnya cukup mudah untuk dilalui. Dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke jalan wonosari dan melintasi bukit bintang yang terdapat di sana. Ketika sudah sampai pada pertigaan sambipitu, ambillah jalan ke kiri kea rah nglipar. Dan sebelum memasuki SD klebu, beloklah lagi ke kiri menuju lokasi gedangsari.

Sesampainya anda di dusun manggung, anda akan melihat pertigaan yang ada pohon di tengah-tengahnya. Lalu anda ambil jalan ke kiri. Setelah itu anda sudah sumpai ke lokasi wisata 4G ini. Anda bisa memarkirkan kendaraan anda kemudian berjalan lagi dari tempat parkir menuju puncak 4G. Jalan kaki hanya ditempuh sekitar 10 menit saja.

Pada setiap akhir pekan dan liburan panjang berlangsung, kini tempat wisata 4G selalu ramai untuk dikunjungi. Kedepannya nanti, tempat wisata ini rencananya akan dibangun daerah perkebunan dan juga peternakan untuk bisa dijadikan sebagai lokasi wisata study tour oleh pihak sekolah-sekolah guna memperkenalkan pengetahuan alam kepada murid-murid didiknya.

Gunung Gentong Gedangsari – Photo by @hanisan01

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Gunung Gentong Gedangsari

Selain melihat persawahan dari atas puncak 4G, anda juga bisa melihat ada beberapa bekas sesaji yang digunakan untuk acara adat-adat yang sering dilakukan oleh warga setempat. Setelah selesai berfoto-foto di tempat ini, jangan lupa untuk turun kembali untuk pulang, berhati-hatilah karena jalannya sedikit terjal ketika turun.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *