Wisata Alami dan Murah dengan Spot Foto yang Ciamik di Hutan Mangrove Kulonprogo

Hutan Mangrove Kulonprogo Yogyakarta – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi menuju Hutan Mangrove Kulonprogo. Sebenarnya bukan satu-satunya hutan mangrove yang ada di Yogyakarta. Tetapi objek wisata ini merupakan satu-satunya objek wisata hutan mangrove yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat serta menikmati indahnya pemandangan alam yang dimiliki hutan bakau ini.

Wisata Hutan Mangrove Kulonprogo

Eksotisme Hutan Mangrove di Kulonprogo

Salah satu hal yang unik dan yang membedakan dengan objek wisata yang lainnya ialah pesona hutan mangrove jarang ditemukan ditempat atau pesisir selatan Jogja. Memang area wisata ini tidak terlalu luas namun sejauh ini mampu memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang dimilikinya, bahkan banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini.

Pesona yang dimiliki Hutan Mangrove Kulonprogo ini tentunya tak sama dengan objek wisata pantai. Hutan mangrove yang indah akan membuat pengunjung senang berkunjung ke sini. Area wisata khususnya tanaman yang berada di sekitar hutan mangrove dijadikan sebagai konservasi serta difungsikan untuk mengurangi abrasi yang terjadi di pantai ini.

Objek Wisata yang Edukatif

Kini hutan mangrove sudah dimanfaatkan juga sebagai objek wisata yang bersifat edukatif jadi sangat bagus jika dikunjungi bersama keluarga. Konsep wisata edukatif dimana anak-anak bisa langsung berinteraksi dengan alam bukan hanya belajar teorinya saja. Hal ini bertujuan agar perkembangan anak lebih meningkat dan pengalaman yang dirasa juga berbeda jika hanya belajar teori saja dibandingkan langsung belajar dengan alam.

Sehingga siapa saja yang berkunjung ke Hutan Mangrove Kulonprogo sangat diharapkan untuk saling membantu menjaga kawasan ini. Salah satunya yang paling mudah dilakukan ialah tidak membuang sampah sembarangan. Berbagai kegiatan yang bisa mencemari hutan dan laut harus ditinggalkan dan sebisa mungkin tak dilakukan karena objek wisata ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Wahana dan  Spot Foto Hutan Mangrove

Saat masuk ke area wisata pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang menarik sebab terbuat dari bambu. Jembatan ini sebagai jalan utama masuk Hutan Mangrove Kulonprogo. Jembatan ini juga menjadi spot foto banyak pengunjung mengabadikan kedatangannya ke hutan mangrove. Tentunya dengan latar belakang jajaran pohon mangrove yang mempesona.

Saat mengitari jembatan, pengunjung bisa melihat langsung tanaman mangrove, bahkan ada juga ikan, kepiting, sumpil yang habitatnya di sekitar hutan mangrove. Pengunjung harus ingat, meskipun tertarik dengan keindahan lingkungan atau ikannya, kawasan ini tidak diizinkan untuk memancing. Jadi jika ada yang memancing, buang jauh-jauh keinginan itu saat berada di kawasan ini.

Jika ingin menikmati suasana pantai, pengunjung melewati jembatan hutan mangrove kemudian berjalan ke arah selatan untuk tiba di pantai. Namun pantai di kawasan objek wisata ini juga tidak diperuntukkan untuk mandi atau berenang. Jadi hanya bisa jalan-jalan saja, atau menikmati keindahanya sambil menikmati sejuknya angin laut.

Juga ada gua yang eksotis dan pengunjung diizinkan untuk berjalan ke goa. Kawasan goa yang lembab menjadi tempat bersarang banyak nyamuk. Tetapi banyak spot foto yang unik dengan latar belakang pepohonan menjadi gambar yang indah.

Jika pengunjung berjalan ke arah timur dari kawasan wisata ini, maka pengunjung akan bertemu dengan ayunan. Dilengkapi dengan berbagai tulisan menarik sehingga tak boleh dilewatkan untuk berfoto. Ada juga jembatan kenangan di pintu masuk hutan mangrove sebagai satu-satunya jalan menuju gua. Jika ingin masuk ke gua, jangan lupa bawa obat nyamuk.

Jika datang bersama pasangan maka jangan lupa abadikan dengan berfoto di spot berbentuk hati yang berada di tengah hutan, dan banyak pengunjung yang berfoto di spot ini. Juga ada gazebo  jika bergerak ke arah utara dan ayunan bisa dimanfaatkan  untuk beristirahat setelah lelahnya mengelilingi Hutan Mangrove Kulonprogo.

Area ini juga bisa dijadikan untuk memotret pemandangan alam yang indah, atau jika ingin berkunjung ke jembatan api-api juga boleh.

Lokasi Hutan Mangrove Kulonprogo

Pengunjung dapat menemukan lokasi Hutan Mangrove Kulonprogo di Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta 55654. Jadi, jika ingin ke objek wisata  ini harus ke Dusun Pasir Mendit dulu. Hutan mangrove ini berada di sebelah barat Sungai Bogowonto yang airnya sampai ke daerah Kulon Progo.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Harga Tiket  Masuk dan Parkir Hutan Mangrove

Harga tiket Hutan Mangrove Kulonprogo tidak bisa dimasuki secara gratis sehingga pengunjung wajib membayar tiket untuk menikmati keindahannya. Dikenakan tiket seharga Rp 3 ribu setiap pengunjung yang ingin masuk ke kawasan konservasi.

Sedangkan untuk harga parkirnya dikenakan sebesar Rp 2 ribu untuk setiap motor. Jika ingin berkunjung ke hutan mangrove  sangat tepat saat pagi hari atau ketika sore hari jika pengunjung ingin menikmati matahari terbenam. Jika berkunjung pada siang hari, maka siaplah untuk menerima cuaca panas. Jika pengunjung berkunjung dengan mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu.

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulonprogo

Bagi pengunjung yang ingin bermain ke hutan mangrove, maka berikut ada jalur yang bisa ditempuh. Seperti yang diketahui bahwa rute Hutan Mangrove Kulonprogo tidak dekat dari pusat kota.

  • Bagi pengunjung yang berangkat dari pusat kota Yogyakarta, silakan pilih jalur menuju arah jalan Wates. Selanjutnya lurus terus mengikuti jalan utama Wates tersebut. Kemudian akan tampak Patung Nyi Ageng Serang. Pengunjung pilih jalan menuju Purworejo. Ikuti jalan dengan berjalan lurus  untuk sampai ke terminal Wates.
  • Dari terminal Wates ini perjalanan terus dilanjutkan mungkin sejauh 10 km sambil melewati rumah makan Padang Murah Meriah. Hingga akhirnya bertemu dengan pertigaan yang berbentuk Y. Terdapat jalur ke kiri, pilih jalur ini dan terus berjalan hingga tiba di Jembatan Congot. Selanjutnya kembali lanjutkan perjalanan untuk menuju ke arah barat yang jaraknya kurang lebih 100 meter.

Kemudian ada papan nama di sebelah kiri jalan bertuliskan Dusun Pasir Mendit, pengunjung harus masuk ke jalur yang ditunjukkan papan nama ini. Selanjutnya lihat saja mana papan petunjuk menuju Hutan Mangrove Kulonprogo.

  • Sedangkan jika pengunjung berjalan dari arah Bantul maka ikuti saja arah menuju Pantai Glagah melewati jalan Daendels. Kemudian berjalan lurus ke barat hingga bertemu dengan jembatan. Selanjutnya ikuti jalan hingga tiba di hutan mangrove.

Fasilitas Hutan Mangrove Kulonprogo

Fasilitas Hutan Mangrove Kulonprogo sangat banyak. Ada banyak yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke Hutan Mangrove Kulonprogo diantaranya ada gazebo untuk beristirahat. Ada jembatan bambu yang digunakan untuk berfoto, banyak spot foto mulai dari ayunan, spot berbentuk hati di tengah hutan mangrove, berbagai tulisan menarik, berbagai pengetahuan serta tersedia juga jembatan api-api. Gazebo dalam hutan menjadi fasilitas menarik yang banyak digunakan pengunjung untuk berfoto.

Sekian pemaparan tentang indahnya objek wisata Hutan Mangrove Kulonprogo yang sangat disarankan jika ingin menikmati suasana alami tanaman mangrove. Berbagai spot foto menarik tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sini, tetapi lumayan jauh dari pusat kota. Nah, selamat berkunjung.

Namun, jika anda ingin menikmati liburan dengan nyaman tanpa ribet, Anda dapat menggunakan jasa paket wisata Jogja yang memberikan paket wisata lengkap ke Hutan Mangrove Kulonprogo. atau Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour.

Sudah Wisata di Hutan Mangrove Kulonprogo?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *