Melihat Gemerlap Kota Jogja dari Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki segudang keunikan dan ciri khas budaya yang menarik dan selalu berhasil membuat semua orang yang pernah berkunjung ke sana ingin mengunjunginya lagi dan lagi seolah tak ada habisnya menjelajahi seluruh daerah tersebut. Kalau perlu mungkin pindah tempat tinggal ke sana agarbisa menikmati semua tempat-tempat keren yang ada di Jogja. Penduduknya yang ramah, jajanannya yang murah, serta tempat wisatanya yang begitu indah sekali pemandangan alamnya. Seakan-akan menjadi alasan yang tepat untuk kembali lagi ke kota Gudeg ini.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @3yanbuzz

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Hutan Pinus Pengger

Berbicara mengenai tempat wisata, Kota Jogja memang tidak ada habisnya membahas deretan tempat-tempat wisata yang sangat menarik, terutama wisata alam. Daerah bantul di Kota Jogja ini selalu saja menawarkan tempat-tempat seru untuk menghabiskan waktu berlibur yang menyenangkan sampai-sampai orang kebingungan memilih tempat wisata yang sebaiknya mereka datangi karena saking banyaknya sekali pilihan tempat untuk berlibur. Salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi adalah Hutan Pinus Pengger. Bisa dibilang, Hutan Pinus Pengger ini termasuk ke dalam salah satu tempat wisata yang baru, karena baru dibuka dan diresmikan pada sekitar pertengahan tahun 2016 lalu oleh pemerintah Yogyakarta. Belakangan ini wisata hutan pinus memang menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak digandrungi oleh kalangan muda khususnya bagi para traveler. Mereka ikut meramaikan tempat wisata ini di sosial media mereka. Udara segar ditemani dengan pohon pinus nan hijau menyegarkan ini menjadikan lokasi wisata ini cocok untuk dijadikan lokasi untuk menyegarkan pikiran dan beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Ketika memasuki kawasan hutan pinus pengger ini, anda akan disambut dengan adanya tangga bebatuan keras yang begitu ditata dengan rappi sedemikian mungkin.

Setelah tempat wisata hutan pinus imogiri sukses menarik banyak wisatawan yang berdatangan, kini Dlingo muncul lagi dengan hutan pinus lainnya yang mengusung konsep yang sama namun tidak kalah keren dan asyiknya. Setelah berbagai foto-foto keren dan uniknya muncul di seluruh sosial media, kini Hutan Pinus Pengger telah menjadi salah satu spot wisata foto favorit yang wajib bahkan layak untuk dikunjungi terutama bagi para pecinta fotografi pemandangan alam. Hutan pinus pengger menjadi alternative tambahan wisata di daerah Bantul yang hanya dalam sekejab dapat langsung memikat hati banyak wisatawan. Tak hanya menawarkan rimbunnya pepohonan pinus saja, di tempat wisata Jogja yang satu ini juga terdapat banyak sekali spot foto keren yang tidak kalah menarik.

Berbeda dengan hutan pinus di beberapa daerah lain pada umumnya, jika hutan pinus lainnya hanya cocok dikunjungi saat siang hari, justru hutan pinus pengger malah menjadi tempat yang sangat cocok dikunjungi pada saat malam hari tiba. Hutan pinus pengger malam hari akan memanjakkan mata kita dengan kerlap kerlip lampu kota yang nampaknya seperti bintang di bumi. Tetapi bagi anda yang ingin berkunjung pada siang hari tidak masalah juga karena tempat ini tidak kalah kerennya.

Untuk keindahan dari pemandangan alam disini tentu sudah tidak diragukan lagi. Anda dapat merasakan perasaan teduh dan nyaman saat berada di tempat yang masih terjaga keasrian hutannya ini. Dilengkapi dengan spot berfoto selfie juga dapat membuat pengunjang yang datang bisa mengabadikan hamparan pemandangan alam yang indah ini dan menjadi momen wisata alam yang sulit untuk dilupakan. Beberapa spot foto selfie yang bisa digunakan oleh para pengunjung antara lain adalah sarang burung raksasa, jembatan pohon, rumah pohon, dan tangga cinta. Spot-spot inilah yang menjadi incaran bagi kaum pasangan muda-mudi di Indonesia. Yang lebih menarik lagi, spot sarang burung raksasa akan terhampar gemerlapan keindahannya jika dilihat pada malam hari.

Selain itu, beberapa spot selfie yang akan anda temui saat memasuki kawasan hutan pinus pengger ini adalah spot selfie tangan raksasa, yaitu berupa spot gardu pandang yang menyerupai tangan raksasa yang pada ujung jari-jari tangannya terdapat lampu yang akan menyala pada malam hari tiba. Kemudia ada spot selfie yang berbentuk segitiga dan setengah lingkaran yang terbuat dari ranting-ranting kayu. Bentuknya sangat menarik perhatian para pengunjung yang datang untuk berfoto selfie di atas spot-spot itu.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @dendiiswanttt

Jika ingin lebih lama menikmati keindahan hutan pinus, pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan mulai berkemah. Aktivitas ini biasa dilakukan bagi mereka yang ingin menyaksikan panorama keindahan matahari terbit atau sunrise. Jam buka pinus pengger ini dimulai pada pagi hari yaitu pada pukul 05.00 dan tutup sampai malam hari pukul 23.00.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Hutan Pinus Pengger juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup begitu lengkap, selain itu di tempat wisata hutan pinus pengger ini juga terdapat Gardu pandang atau rumah pohon berbentuk jembatan seperti yang ada di Bukit Gancik Selo Boyolali. Tentu hal ini sangat memikat hati para wisatawan yang berkunjung. Meskipun sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada saat malam hari, tidak ada salahnya untuk datang lebih awal yaitu pada saat sore hari, karena kita bisa melihat pemandangan sunset atau matahari terbenam dari salah satu spot keren di Hutan Pinus Pengger ini yang bernama Watu Ngadeg.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Lokasi hutan pinus pengger berada di Dusun Sendangsar Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Lokasi ini akan lebih mudah diakses jika dibandingkan dengan akses rute menuju hutan pinus mangunan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Untuk tiket masuk hutan pinus pengger tidak diberlakukan biaya tiket masuk yang mahal alias murah sekali. Sekali lagi, tempat wisata ini tidak memberlakukan biaya tiket masuk atau biaya apapun yang mahal untuk menikmati keindahan alam wisata ini. Semuanya sangat murah untuk masuknya! Orang Indonesia biasanya sangat senang sekali mengincar tempat wisata yang murah meriah. Untuk bisa masuk ke hutan pinus pengger anda cukup membayar biaya tiket masuk hutan pinus pengger seharga 2000 rupiah saja per orang. Lalu anda juga perlu membayar biaya parkir kendaraan anda yang dikenakan biaya sebesar 2000 rupiah untuk parkir motor dan 5000 rupiah untuk parkir mobil. Sementara untuk berfoto selfie di spot-spot tertentu, anda cukup membayar seikhlasnya.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Untuk rute hutan pinus pengger ini, anda dapat melaluinya dari arah Kota Jogja yang berjarak sekitar 25 km atau sekitar 1 jam perjalanan bila ditempuh dengan kendaraan pribadi. Rute yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

Dari Kota Jogja ambil arah menuju timur ke jalan wonosari, lanjut hingga ke jalan bukit bintang hingga sampai di puncak pathuki Gunung Kidul, ada perampatan lalu ambil arah ke kanan atau arah Dlingo. Jalan sekitar 4 sampai 5 km hingga melewati Wisata Watu Amben, masih lurus lagi hingga menemukan plang petunjuk Hutan Pinus Pengger di sebelah kanan jalan. Ikuti petunjuk di plang tersebut untuk sampai ke destinasi wisata Hutan Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @okky.fj

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Hutan Pinus Pengger

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini cukup lengkap meliputi toilet, musholla untuk kaum muslim, beberapa bangku, rest area, dan juga gazebo sebagai tempat peristirahatan. Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke daerah pinus pengger sebagai salah satu destinasi liburan anda? Ayo, tunggu apa lagi? Rencanakan liburanmu menuju tempat hutan pinus pengger ini sekarang juga!

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *