Jogja National Museum, Tempat Artistik Melihat Aneka Karya Sastra dan Seni

Wisata Jogja National Museum –  Tiket Masuk, Jam Buka, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Jogja National Museum. Dalam berwisata, ada kalanya Anda lebih memperhatikan menuju tempat yang sesuai dengan minat Anda. Bagi Anda pecinta alam, tentu akan lebih suka berwisata dengan mendaki gunung, mengunjungi pantai, goa, taman nasional dan sebagainya.

Jika Anda merupakan pecinta seni, pasti mengunjungi pameran seni lebih menarik hati Anda. Tapi ketika tidak ada pameran yang digelar, tentu mengunjungi museum yang artistik tidak ada salahnya. Salah satunya adalah di Museum Nasional Jogja atau Jogja National Museum. Berikut ulasan singkatnya sebelum Anda memanfaatkan paket wisata Jogja.

Wisata Jogja National Museum

Museum yang Penuh dengan Koleksi Bernilai Tinggi

Jogja National Museum asalnya merupakan bangunan bekas dari kampus Akademi Seni Rupa Indonesia serta Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bangunan ini tidak dirawat sejak tahun 1998. Kompleks bangunan ini mempunyai nilai historis yang tinggi terkait dengan seniman di Indonesia.

Lalu pada tahun 2006, Ketua Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara, Wironegoro pada saat itu merenovasi bangunan tak terawat ini menjadi gedung Jogja National Museum. Ide membangun bangunan ini menjadi museum, direalisasikan oleh Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara yang bekerja sama dengan alumni Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Realisasi bangunan ini terjadi pada 19 November 2006. Program ini ditandai dengan acara ‘Melukis Lagi di Gampingan’.

Para seniman yang tergabung dalam acara itu sepakat untuk menyumbangkan hasil lukisan yang kemudian dipamerkan untuk dana pembangunan museum. Awal tahun 2008 lalu dilakukan renovasi gedung yang dipusatkan pada gedung utama. Proses ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Museum seni ini didirikan khusus untuk  menyajikan karya-karya seni rupa kontemporer.

Jogja National Museum telah berhasil menjadi wadah bagi para seniman Jogja. Bahkan para seniman bisa menggelar pameran untuk karya-karya mereka. Bangunan ini tidak hanya digunakan sebagai ruang pameran, namun juga digunakan untuk berbagai macam kegiatan pengembangan wacana seni. Kegiatan pengembangan ini antara lain lokakarya, diskusi seni dan seminar yang mendukung isu penting di dunia seni rupa lokal hingga internasional.

Selain itu, di museum ini juga diadakan berbagai macam program lain seperti artist in residence yang terbuka bagi seniman daerah maupun internasional untuk menggunakan berbagai galeri dan tempat pertunjukan di museum. Kerja sama kegiatan dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar negeri seperti Biennale Jogja XI dan Biennale Jogja XII.

Lokasi Jogja National Museum

Lokasi Jogja National Museum ini terletak di Jalan Amri Yahya No.1 Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, lebih baik Anda menggunakan mobil pribadi atau jasa rental mobil agar lebih mudah menemukan dengan tepat.

Untuk menemukan museum ini tidaklah sulit, karena di depan gedung ini sudah ada beberapa karya seni kontemporer yang dipamerkan. Ukuran gedung yang cukup besar menarik perhatian orang-orang.

Rute Jogja National Museum

Rute Jogja National Museum Untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan bus, Anda bisa memilih untuk menaiki kendaraan umum bus – KOR – 1B, bus – KOR – 2B dan bus – KOR – 3B.

Apabila Anda ingin menuju lokasi dengan kereta api, Anda bisa menuju stasiun yang paling dekat dengan museum ini. Stasiun paling dekat dengan museum ini berada di Jalan H.O.S. Cokroaminoto 71 yang berjarak 377 meter. Anda bisa mencapai dengan berjalan selama 5 menit.

Fasilitas Jogja National Museum

Museum ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang menarik. Fasilitas tersebut di antaranya :

  1. Ruang Pameran atau Ruang Galeri

Dalam museum ini ada banyak galeri yang memajang berbagai macam karya seni dan sastra. Jika memasuki museum ini, Anda harus menjelajahi seluruh bagian galeri ini. Anda akan rugi jika melewatkan menikmati keindahan berbagai macam karya di sini, karena di sini ada banyak sekali karya yang dapat memanjakan mata Anda.

Semua karya yang dipajang di galeri ini tersusun dengan rapi. Hal ini akan memudahkan Anda sebagai pengunjung. Jadi apabila Anda memang pencinta seni, ruang galeri ini bisa menjadi surga bagi Anda untuk melepaskan segala penat. Karena semua karya yang ada di sini menarik hati Anda.

Museum ini memiliki beberapa ruang pameran. Ruang pameran yang ada di museum ini antara lain adalah Ruang Fine Art Museum Gallery, Ruang Seni Situs Patung, Pendopo Ajiyasa dan Ruang Situs Kriya.

  1. Kantor Kelola

Museum ini memiliki kantor khusus untuk pengelola. Hal ini menunjukkan bahwa museum ini dikelola dengan sangat profesional. Dengan pengelolaan yang luar biasa ini, Anda tidak akan merasa kecewa telah berkunjung.

Apabila ada pengunjung yang merasa tertarik atau ingin berkontribusi untuk acara seni yang ada di museum ini, maka para pengunjung bisa langsung datang ke bagian kantor pengelola ini. Yang membuat museum ini berbeda dengan museum yang lain adalah siapapun bisa ikut serta dalam usaha memajukan museum. Anda pun juga bisa memberikan karya seni atau bisa ikut serta dalam kegiatan seni yang lainnya.

  1. Ruang Workshop

Di museum ini, sering diadakan workshop. Pihak pengelola museum tidak jarang mengadakan workshop yang sangat bermanfaat bagi pecinta seni. Hal inilah yang menyebabkan pihak pengelola menyediakan sebuah ruangan yang khusus untuk tempat workshop.

Workshop yang diadakan adalah workshop yang berkaitan dengan seni. Bagi Anda pecinta seni, workshop yang diadakan seperti ini akan sangat menarik untuk Anda ikuti. Ruang workshop ini dirancang dengan sangat nyaman bagi para peserta workshop.

  1. Art Shop

Museum ini juga menyediakan fasilitas art shop. Anda bisa menemukan art shop yang unik di sini. Karena art shop ini merupakan fasilitas di mana Anda bisa membeli barang yang memiliki nilai seni yang tinggi. Pengunjung yang datang ke sini biasanya membeli karya seni di bagian art shop ini sebagai oleh-oleh atau souvenir.

  1. Internet atau Free Hot Spot Area

Dalam museum ini, ada fasilitas internet yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Dari hal ini bisa dilihat bahwa pihak pengelola memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pengunjung yang datang.

Selain fasilitas tersebut, di museum ini juga tersedia homestay, music shop, kebun/garden dan kantin.

Jam Buka Jogja National Museum

Jam buka Jogja National Museum cukup lama. Museum ini buka setiap hari Senin – Minggu mulai dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum

Untuk masuk ke museum ini di hari biasa, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar oleh para pengunjung. Akan tetapi jika di museum ini sedang diadakan pameran, maka pengunjung baru  diwajibkan membayar biaya untuk tiket masuk.

Harga dari tiket masuk ini memiliki berbagai macam variasi tergantung dari kebijakan pihak  museum dan kebijakan pihak penyelenggara pameran. Nantinya Anda tidak perlu merasa khawatir akan adanya tiket tertentu ini, karena harga tiket pameran di museum ini selalu menyesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Sehingga harga yang ditetapkan dijamin tidak akan membuat kantong Anda terkuras banyak. Yuk manfaatkan Paket wisata Jogja sekarang dan kunjungi museum ini.

Sudah Berkunjung di Jogja National Museum?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *